New Year New Me, Bikin Resolusi Anti Gagal!

0
702

Tahun baru, selalu identik dengan resolusi untuk merubah kebiasaan supaya menjadi pribadi yang lebih baik. Momen tahun baru menjadi lumrah digunakan untuk menentukan tujuan seseorang terkait apa yang akan dilakukan satu tahun ke depan untuk mendukung rencana jangka panjangnya. Sayangnya, banyak yang hanya menggebu-gebu di awal tahun dan terbawa arus di tengah-tengah seakan lupa akan apa yang menjadi target. Akhirnya, resolusi gagal dicapai dan terus mengulang resolusi yang sama di tahun berikutnya. Hal ini bisa disebabkan oleh berbagai hal, misalnya perubahan situasi dan kondisi, kurangnya motivasi, takut akan kegagalan dan masih banyak faktor lainnya. Nah, simak tips di bawah ini supaya resolusi di tahun ini bisa tercapai.


1. Uraikan Tujuan Menjadi Langkah Kecil
Buatlah langkah-langkah kecil yang spesifik dan bisa dilakukan secara konsisten setiap hari. Dengan merinci tujuan, dijamin kita akan mengambil langkah maju mendekat dengan tujuan yang sesuai dengan resolusi.


2. Fokus Pada Tujuan
Terkadang dalam mencapai sebuah tujuan banyak distraksi yang kita hadapi di tengah jalan. Pentingnya untuk tetap fokus akan membantu kita konsisten pada resolusi yang telah direncanakan.


3. Hargai Prosesnya
Selama ini mungkin kita kerap menyalahkan diri sendiri jika resolusi gagal dicapai. Ketika kita “menghukum” diri sendiri ternyata kita tidak menjadi termotivasi, justru membuat semangat turun. Untuk itu hargai proses yang sedang dijalani, jika gagal jangan pesimis dan berusahalah untuk maju terus.


4. Percaya Akan Kemampuan Diri
Terakhir, tanamkan kepercayaan diri bahwa kita mampu dan kita mempunyai apa yang diperlukan untuk mencapai tujuan. Percaya pada kemampuan diri dan apa yang kita miliki untuk mencapai resolusi adalah faktor penting agar tidak gagal dan memicu kita untuk terus maju.