Etika dalam Keuangan Yang Perlu Diperhatikan

0
307
etika keuangan

Masalah uang memang menjadi hal yang sensitif bagi beberapa orang, entah di lingkar pertemanan, bahkan di lingkup profesional. Tidak jarang kita temukan bahwa masalah keuangan dapat merusak hubungan antar personal. Oleh karena itu, lebih baik kita mengetahui terlebih dahulu beberapa etika dalam urusan keuangan yang bisa kamu terapkan di berbagai situasi.

1.       Etika Meminjam Uang

Jika kamu berencana meminjam uang, sepakati jumlah dan tanggal pengembalian uang di depan. Jangan sampai jumlah yang kamu pinjam memberatkan bagi yang meminjamkan. Pastikan juga kamu mengembalikan uang pinjaman tepat waktu.

2.       Etika Ketika Ditraktir

Siapa yang tidak senang ketika ditraktir teman? Eits, tapi jangan mentang-mentang ditraktir kamu jadi sewenang-wenang, ya! Pesanlah menu makanan dan minuman yang harganya tidak lebih mahal dari yang mentraktir kamu. Pada kesempatan lain, tawarkan diri untuk mentraktir balik temanmu supaya hubungan semakin baik.

3.       Etika Nongkrong Bareng

Terkadang ketika sedang berkumpul dengan teman-teman, kita kerap dibingungkan dengan sistem pembayarannya. Sepakati soal siapa yang akan menalangi pembayaran, dan bayar segera atas apa yang menjadi kewajibanmu. Jika kamu bersepakat melakukan split bill, langsung sampaikan ke kasir untuk dibuatkan bill terpisah.

4.       Etika Ketika Teman Mulai Usaha

Sebagai teman yang baik, kita harus mendukung teman yang baru memulai usahanya. Cara paling mudah untuk melakukannya adalah dengan tidak meminta harga teman alias minta diskon. Alih-alih mendukung, minta harga teman justru sama saja dengan tidak menghargai usahanya.

 Ayo dukung pertumbuhan ekonomi dengan memberikan pendanaan UMKM secara aman di Akseleran! Daftar sekarang dan dapatkan imbal hasil hingga 21% per tahun di Akseleran.

Akseleran memberikan saldo awal senilai Rp100 ribu untuk pendaftar baru dengan menggunakan kode CORCOMMBLOG. Melakukan pendanaan di P2P Lending Akseleran juga sangat aman karena lebih dari 98% nilai portofolio pinjamannya memiliki agunan. Sehingga dapat menekan tingkat risiko yang ada. Akseleran juga sudah terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dengan nomor surat KEP-122/D.05/2019 sehingga proses transaksi yang kamu lakukan jadi lebih aman dan terjamin. 

Untuk kamu yang tertarik mengenai pendanaan atau pinjaman langsung bisa juga menghubungi (021) 5091-6006 atau via email [email protected]

Penulis:Ayu Diah Callista | Editor: Rimba Laut