Tips Merdeka Finansial Di Usia Muda

0
545
financial freedom

Apakah belakangan ini kamu sering mendengar istilah financial freedom? Istilah tersebut seringkali menjadi aspirasi banyak orang sebagai tujuan keuangan di masa produktif. Namun sebetulnya apa sih yang disebut dengan financial freedom? Secara umum, financial freedom atau kebebasan finansial mengacu pada kondisi seseorang yang sudah mapan secara keuangan tanpa harus bekerja sangat keras dan aktif untuk memenuhi kebutuhannya. Mapan dari segi keuangan dapat diartikan sebagai kondisi, dimana seseorang sudah memiliki tempat tinggal tetap, pekerjaan bagus, dan tabungan cukup.

Pentingnya membangun kebebasan finansial, kamu jauh lebih bisa menentukan pilihan tanpa harus terbebani masalah finansial. Setelah mencapai financial freedom, kamu sepenuhnya dapat mengontrol keputusan yang kamu ambil tanpa terpentok soal uang.

Banyak orang berpikir hal tidak mungkin atau sulit untuk dicapai apalagi di usia muda. Ada beberapa langkah yang bisa kamu mulai terapkan dalam cara mencapai kebebasan finansial.

1.      Pahami kondisi keuangan saat ini

Langkah pertama dalam cara mencapai kebebasan finansial adalah dengan memahami keadaan keuangan kamu saat ini. Lihatlah berapa jumlah tabungan yang sudah dimiliki, pemasukan dan pengeluaran yang rutin setiap bulan. Bila sudah terlanjur memiliki utang, usahakan untuk melunasi terlebih dahulu utang tersebut. Namun, jika ada kondisi yang mengharuskan melakukan pinjaman, pilih pinjaman yang menawarkan bunga terkecil dan segera lunasi saat sudah ada uangnya. Dengan mengenali keadaan finansial saat ini, kamu bisa lebih tahu dari mana harus memulai memperbaiki kondisi finansialmu tersebut dan akhirnya menentukan tujuan finansial ke depannya.

2.      Terapkan Gaya Hidup Sederhana

Pilihan gaya hidup dapat mempengaruhi pencapaian finansial seseorang. Gaya hidup konsumtif apabila tidak terkontrol dapat menjadi faktor penghambat kamu untuk bebas secara finansial. Oleh sebab itu, sebaiknya tahan diri untuk menghabiskan uang pada hal-hal bukan menjadi kebutuhan utama.

Menerapkan pola hidup sederhana berarti menekan keinginan terhadap barang-barang mahal. Dengan terbiasa menerapkan pola hidup sederhana maka akan lebih banyak uang yang dapat kamu alihkan untuk ditabung atau diinvestasikan.

3.      Cari Sumber Pemasukan Tambahan

Tidak ada salahnya untuk mencari pemasukan tambahan, terlebih lagi ketika kamu sedang berada di usia produktif. Berbagai sumber pemasukan tambahan bisa dilakukan, misalnya memulai bisnis sendiri, menjadi freelancer, atau menjual barang yang sudah tidak terpakai. Tapi ingat, kamu juga harus pandai membagi waktu agar jangan sampai hal ini mengganggu pekerjaan utama di kantor.

4.      Berinvestasi

Selain hal-hal yang disebutkan di atas, investasi juga menjadi pilihan yang menarik bagi kamu yang ingin selangkah lebih dekat dengan kebebasan finansial. Jika hanya menyimpan uang di bank, lambat laun nilainya akan berkurang karena adanya inflasi. Berbeda halnya jika kamu menginvestasikan uangmu, nantinya uang tersebut akan terus bertambah nilainya.

Ada beberapa instrumen investasi, seperti emas, saham, properti, dan P2P lending. Setiap instrument tentu memiliki profil risikonya masing-masing, ada yang menawarkan risiko yang kecil dan risiko yang tinggi. Kamu bisa mempelajari berbagai instrumen terlebih dahulu sebelum akhirnya memulai berinvestasi

Itulah tips merdeka finansial yang diidam-idamkan oleh banyak orang. Semoga bermanfaat!

Ayo dukung pertumbuhan ekonomi dengan memberikan pendanaan UMKM secara aman di Akseleran! Daftar sekarang dan dapatkan imbal hasil hingga 21% per tahun di Akseleran.

Akseleran memberikan saldo awal senilai Rp100 ribu untuk pendaftar baru dengan menggunakan kode CORCOMMBLOG. Melakukan pendanaan di P2P Lending Akseleran juga sangat aman karena lebih dari 98% nilai portofolio pinjamannya memiliki agunan. Sehingga dapat menekan tingkat risiko yang ada. Akseleran juga sudah terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dengan nomor surat KEP-122/D.05/2019 sehingga proses transaksi yang kamu lakukan jadi lebih aman dan terjamin. 

Untuk kamu yang tertarik mengenai pendanaan atau pinjaman langsung bisa juga menghubungi (021) 5091-6006 atau via email [email protected]

Penulis: Ayu Diah Callista | Editor: Rimba Laut