Arti Apa Itu Sunset : Definisi, Contoh dan Sinonimnya

0
13730
Bisnis Mie Gacoan

Sunset, apakah itu? Mungkin Anda menemukan istilah ini saat sedang asyik-asyiknya scrolling media sosial, membaca buku, atau melihat video. Istilah sunset adalah istilah yang cukup sering digunakan sehari-hari, tidak hanya dalam percakapan bahasa Inggris, melainkan juga dalam percakapan bahasa Indonesia.

Jika Anda penasaran apa arti dari sunset, jangan khawatir. Anda bisa temukan jawabannya di artikel berikut. 

Sunset adalah…

Bagi sebagian orang, istilah sunset merupakan istilah yang sudah sering mereka dengar. Tak hanya di perbincangan sehari-hari saja. Terkadang postingan media sosial, lagu, maupun buku pun juga menggunakan kata ini. Memangnya, apa sih, sunset itu?

Dalam bahasa Indonesia, sunset merujuk pada ‘matahari terbenam’. Sunset adalah waktu ketika matahari tenggelam di ufuk barat. 

Meski begitu, banyak orang menggunakan istilah sunset untuk merujuk pada momen-momen sebelum hingga matahari terbenam. Misalnya sekitar 30 menit sebelum matahari terbenam hingga matahari terbenam seutuhnya. Pada momen-momen sunset tersebut, sinar jingga yang dipancarkan menjadi pemandangan indah yang dicintai orang-orang. 

Sedangkan dalam bahasa Inggris, istilah sunset memiliki beberapa arti. Beberapa arti tersebut adalah sebagai berikut:

  1. Waktu ketika matahari terbenam dan siang hari berakhir; 
  2. Perpaduan warna dan cahaya yang tampak di langit pada saat terbenamnya matahari;
  3. Periode kemerosotan, terutama yang berkaitan dengan masa-masa terakhir kehidupan manusia;
  4. Berakhirnya sebuah program, regulasi, produksi sebuah produk/jasa, dsb. setelah rentang waktu yang ditentukan/disepakati sebelumnya.

Bagaimana menentukan arti sunset yang digunakan dalam sebuah kalimat? Tentunya Anda perlu melihat konteks kalimat itu secara keseluruhan terlebih dahulu. Setelah mengetahui bahasan utama yang disebut dalam kalimat tersebut, barulah Anda bisa memahami penggunaan kata sunset dalam kalimat itu.

Sinonim Sunset

Sunset adalah kata yang diadopsi dari bahasa Inggris. Kata ini bisa digunakan langsung dalam percakapan sehari-hari bahasa Indonesia walaupun tidak diterjemahkan. 

Meski kata ‘sunset’ adalah kata yang diadopsi dari bahasa lain, kata ini memiliki padanan/sinonim kata tersendiri dalam bahasa Indonesia. Dalam bahasa Inggris pun kata ini memiliki beberapa sinonim.

Sinonim sunset dalam bahasa Indonesia

Ada dua padanan kata yang bisa digunakan untuk mengekspresikan makna yang sama dengan sunset, yaitu ‘matahari terbenam’ dan ‘senja’. 

a. Matahari terbenam

‘Matahari terbenam’ merupakan istilah yang langsung diambil dari terjemahan kata sunset itu sendiri.

b. Senja

Dilansir dari KBBI daring, ‘senja’ didefinisikan sebagai waktu setengah gelap sesudah matahari terbenam. 

Ditinjau dari definisi tersebut, ‘senja’ memang lebih spesifik pada momen setelah matahari terbenam. Sunset sendiri didefinisikan sebagai waktu ketika matahari terbenam—tanpa keterangan spesifik kapan sebuah situasi dikatakan sebagai ‘sunset’. Jadi, tidak heran jika masyarakat juga menggunakan ‘senja’ sebagai salah satu sinonim dari sunset

Sinonim sunset dalam bahasa Inggris

Sunset memiliki lebih banyak sinonim dalam bahasa Inggris. Dilansir dari thesaurus.com, beberapa sinonim ‘sunset’ yang merujuk pada arti ‘matahari terbenam’ adalah sebagai berikut.

  • sundown,
  • dusk,
  • nightfall,
  • evening,
  • eventide,
  • twilight, dan
  • close of day.

Baca juga: Ekonomi Maritim Adalah: Pengertian dan Contohnya

Penggunaan Sunset dalam Kalimat

Bagaimana menggunakan kata ‘sunset’ dalam sebuah kalimat? Berikut ini beberapa contoh penggunaan kata ‘sunset’ baik dalam bahasa Indonesia maupun bahasa Inggris.

Contoh dalam bahasa Indonesia

  1. Pasangan yang sedang berbulan madu itu menghabiskan waktu melihat sunset di Tanah Lot.
  2. Meskipun rumahnya jauh dari kawasan pantai, Maya tetap bisa melihat sunset dari sawah dekat rumahnya. 
  3. Dibandingkan sunset, Jono lebih suka melihat sunrise. Ia merasa dirinya lebih optimis dalam menjalani hari setelah melihat sunrise.

Contoh dalam bahasa Inggris

  1. Despite her busy schedule, Claire managed to see every sunset from her office this week.
  2. “You know, I think Mr. Brown seems to have reached the sunset of his life.”
  3. The mobile network provider is going to sunset their 3G service soon. That’s why you’re notified to switch to 4G. 
  4. Do you have any idea why the government sunsets that tax-related regulation?

Pada tiga contoh penggunaan sunset dalam bahasa Indonesia, kata ‘sunset’ yang digunakan hanya merujuk pada arti ‘matahari terbenam’. 

Di sisi lain, kata ‘sunset’ di contoh kalimat bahasa Inggris memiliki arti yang berbeda-beda. Misalnya, pada kalimat (1), kata ‘sunset’ merujuk pada arti matahari terbenam. Sedangkan pada kalimat (2), kata ‘sunset’ merujuk pada periode kemerosotan karena masa tua seseorang.

Pada kalimat (3) dan (4), kata ‘sunset’ merujuk pada dihentikannya suatu suatu jasa (kalimat 3) dan sebuah regulasi (kalimat 4).
Sunset adalah istilah yang sudah populer digunakan masyarakat. Semoga dengan membaca artikel ini, Anda bisa memahami arti dari sunset dan menggunakannya dengan benar, ya!

Kembangkan Dana Sekaligus Berikan Kontribusi Untuk Ekonomi Nasional dengan Melakukan Pendanaan Untuk UKM Bersama Akseleran!

Bagi kamu yang igin membantu mengembangkan usaha kecil dan menengah di Indonesia, P2P Lending dari Akseleran adalah tempatnya. Akseleran menawarkan kesempatan pengembangan dana yang optimal dengan bunga rata-rata hingga 10,5% per tahun dan menggunakan proteksi asuransi 99% dari pokok pinjaman. Tentunya, semua itu dapat kamu mulai hanya dengan Rp100 ribu saja.

BLOG100

Yuk! Gunakan kode promo BLOG100 saat mendaftar untuk memulai pengembangan dana awalmu bersama Akseleran. Untuk pertanyaan lebih lanjut dapat menghubungi Customer Service Akseleran di (021) 5091-6006 atau email ke [email protected].