5 Hal Terlarang Dalam Keuangan

0
478
5 Hal Terlarang Dalam Keuangan

Setiap orang pasti pernah melakukan kesalahan. Dari setiap kesalahan yang dilakukan, biasanya kita bisa memetik sebuah pelajaran yang akhirnya membuat kita menjadi seseorang yang lebih baik. Begitupun dalam hal keuangan. Ada beberapa hal terlarang yang jika dilakukan akan berpotensi merugikan diri sendiri. Apa sajakah hal terlarang itu?

1. Meminjamkan nama untuk utang orang lain

Jangan pernah meminjamkan namamu untuk dipakai berutang untuk alasan apapun. Sejatinya pihak bank maupun pemberi pinjaman tidak peduli siapa yang menggunakan uang pinjaman tersebut, yang mereka ketahui adalah kamu yang bertanggung jawab atas pinjaman tersebut.

2. Membeli produk yang tidak sesuai tujuan keuangan

Membuat tujuan keuangan bukan hal yang sulit, namun mewujudkannya adalah sebuah hal yang berbeda. Usahakan untuk tidak membeli produk yang tidak sesuai dengan tujuan keuangan. Selain akan menghambat tercapainya tujuan keuanganmu, ini juga hanya akan membuang waktu, uang dan energimu.

3. Berinvestasi dari hasil berutang

Hal yang harus kamu ketahui adalah keuntungan dari investasi sifatnya potensi, harapan, ekspektasi yang mungkin saja tidak berjalan sesuai harapan. Oleh karena itu hindari menggunakan uang dari hasil berutang untuk berinvestasi. Jangan sampai karena ingin mendapat untung kamu jadi tidak memikirkan dampak akhirnya.

4. Tidak mempersiapkan dana pensiun

Dana pensiun tentu membutuhkan jumlah yang tidak sedikit sehingga harus dipersiapkan dari jauh-jauh hari. Meski saat ini kamu masih muda dan produktif, tidak ada salahnya mempersiapkan dana pensiun sedini mungkin.

5. Menyepelekan uang receh

Tidak sedikit orang yang menganggap uang receh adalah uang sedikit dan tidak penting. Padahal uang yang besar pun bisa terkumpul dari recehan. Contohnya dalam berinvestasi, mendapat untung yang dianggap uang receh jika konsisten akan jauh lebih baik daripada mendapat untung yang besar namun hanya sesekali.

6. Tidak pernah membuat posting keuangan

Ada kondisi dimana seseorang tahu jika gajinya pas-pasan namun enggan membuat posting pengeluarannya setiap bulan lantaran menganggap ini terlalu repot. Padahal dengan menyusun posting dan budget keuangan, kamu akan lebih bisa mengelola keuanganmu.

Ayo dukung pertumbuhan ekonomi dengan memberikan pendanaan UMKM secara aman di Akseleran! Daftar sekarang dan dapatkan imbal hasil hingga 10,5% per tahun di Akseleran.

Akseleran memberikan saldo awal senilai Rp100 ribu untuk pendaftar baru dengan menggunakan kode CORCOMMBLOG. Melakukan pendanaan di P2P Lending Akseleran juga sangat aman karena lebih dari 98% nilai portofolio pinjamannya memiliki agunan. Sehingga dapat menekan tingkat risiko yang ada. Akseleran juga sudah terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dengan nomor surat KEP-122/D.05/2019 sehingga proses transaksi yang kamu lakukan jadi lebih aman dan terjamin. 

Untuk kamu yang tertarik mengenai pendanaan atau pinjaman langsung bisa juga menghubungi (021) 5091-6006 atau via email [email protected]

Penulis: Ayu Diah Callista | Editor: Rimba Laut