Ekonomi Maritim Adalah: Pengertian dan Contohnya

0
553
Ekonomi Maritim Adalah

Seperti yang kita ketahui, Indonesia merupakan negara maritim. Istilah negara maritim ini merujuk pada negara yang memiliki luas wilayah perairan lebih besar jika dibandingkan dengan wilayah daratannya. Mungkin Anda sudah paham betul arti istilah ‘maritim’ tersebut, namun apa arti dari istilah ‘ekonomi maritim’? Ekonomi maritim adalah sebuah istilah yang cukup sering kita dengar, namun sayangnya kita tidak benar-benar memahami artinya.

Penasaran apa makna di balik istilah ‘ekonomi maritim’? Artikel ini akan membahasnya untuk Anda, termasuk di dalamnya penjelasan mengenai beda ekonomi maritim dengan ekonomi kelautan, pentingnya membangun ekonomi maritim, serta beberapa contoh dari kegiatan ekonomi maritim.

Definisi Ekonomi Maritim

Apa yang dimaksud dengan ekonomi maritim? Singkatnya, ekonomi maritim didefinisikan sebagai segala kegiatan ekonomi yang berlangsung di kawasan pesisir laut dan lautan sekitarnya. Kegiatan ekonomi maritim ini merupakan kegiatan ekonomi yang lebih banyak dilakukan oleh negara kepulauan atau negara yang memiliki luas lautan yang signifikan.

Definisi serupa dari istilah ekonomi maritim juga disebutkan dalam UU nomor 27 tahun 2007 tentang Pengelolaan Wilayah Pesisir dan Pulau-Pulau Kecil. Berdasarkan undang-undang ini, arti dari ekonomi maritim adalah kegiatan ekonomi yang terjadi di wilayah pesisir pantai dan/atau pulau-pulau kecil. 

Berdasarkan undang-undang yang sama, ekonomi maritim juga didefinisikan sebagai kegiatan ekonomi yang menghasilkan barang dan/atau jasa untuk dipergunakan di kawasan perairan.

Apakah Ekonomi Maritim Berbeda dengan Ekonomi Kelautan?

Sekilas, dua istilah ini terdengar mirip. Padahal, fokus kegiatan ekonomi maritim dan ekonomi kelautan berbeda. Apa beda ekonomi maritim dan ekonomi kelautan?

Pada ekonomi maritim, fokus kegiatan ekonomi maritim dapat Anda jumpai pada industri galangan laut, transportasi laut, pengoperasian pelabuhan, perawatan dermaga, dan industri terkait. Sedangkan fokus kegiatan ekonomi kelautan adalah pada penggunaan SDA dan beragam jasa terkait pengolahan SDA laut untuk menghasilkan beragam barang dan jasa yang dapat diperjualbelikan.

Pentingnya Membangun Industri Ekonomi Maritim

Diberkati luas wilayah perairan yang besar menjadikan Indonesia menjadi salah satu negara maritim yang disegani banyak negara. Kekuatan maritim Indonesia tidak hanya berasal dari kapasitas militernya atau kekayaan bawah lautnya yang melimpah ruah. Industri maritim pun ikut andil dalam membesarkan nama Indonesia sebagai negara maritim.

Mengapa ekonomi maritim perlu dikembangkan di Indonesia? Berikut beberapa alasannya.

  1. Memperkuat identitas Indonesia sebagai negara maritim. Dengan identitas negara sebagai negara maritim, sudah sewajarnya jika Indonesia perlu mengembangkan industri maritimnya sebagai salah satu sumber devisa negara.
  2. Membantu pengelolaan sumber daya laut. Meski tidak secara langsung terlibat pada pengelolaan SDA lautan, pengembangan industri maritim penting dilakukan agar kekayaan hasil laut dapat diolah dan didistribusikan lebih cepat.
  3. Meratakan pembangunan infrastruktur. Pengembangan ekonomi maritim adalah cara yang tepat untuk mewujudkan pembangunan nasional yang merata.
  4. Meningkatkan konektivitas maritim. Dengan ribuan pulau tersebar di seluruh negeri, Indonesia perlu membangun fasilitas yang mendukung keterjangkauan antarpulau. Salah satu caranya adalah dengan mengembangkan industri perkapalan dalam negeri. 

Baca juga: Sejarah dan Perkembangan Fintech di Indonesia

Contoh dari Kegiatan Ekonomi Maritim

Kita sudah banyak membahas mengenai ekonomi maritim pada penjelasan di atas. Mungkin Anda masih bingung, apa saja contoh dari kegiatan ekonomi maritim. Beberapa contoh dari kegiatan ekonomi maritim adalah sebagai berikut:

Industri pembuatan kapal

Untuk mendukung konektivitas antarpulau, industri pembuatan kapal merupakan salah satu pilar pokok dari industri maritim Indonesia. 

Jasa Penyeberangan Antarpulau/Antarnegara

Untuk meningkatkan penggunaan transportasi laut, ketersediaan jasa penyeberangan antarpulau atau antarnegara menjadi hal yang penting dalam kegiatan ekonomi maritim.

Terminal Peti Kemas

Pengiriman barang antarpulau atau bahkan antarnegara memerlukan peti kemas. Industri maritim juga perlu menyediakan tempat berlabuh bagi kapal-kapal yang membawa peti kemas. Dari terminal ini, transportasi darat lanjutan akan mengantarkan barang-barang dalam peti kemas menuju destinasi masing-masing.

Wisata Bahari

Wisata bahari juga menjadi salah satu usaha yang dapat mendukung ekonomi maritim. Trip eksklusif dengan kapal pesiar merupakan salah satu contohnya.Nah, kini Anda pasti sudah mengerti apa itu ekonomi maritim. Ekonomi maritim adalah seluruh kegiatan ekonomi yang berlangsung di kawasan pesisir laut dan kawasan perairan sekitarnya. Beberapa contoh dari industri ekonomi ini adalah industri pembuatan kapal, jasa penyeberangan antarpulau, dan wisata bahari.

Kembangkan Dana Sekaligus Berikan Kontribusi Untuk Ekonomi Nasional dengan Melakukan Pendanaan Untuk UKM Bersama Akseleran!

Bagi kamu yang ingin membantu mengembangkan usaha kecil dan menengah di Indonesia, P2P Lending dari Akseleran adalah tempatnya. Akseleran menawarkan kesempatan pengembangan dana yang optimal dengan bunga rata-rata 10,5%-12% per tahun dan menggunakan proteksi asuransi 99% dari pokok pinjaman. Tentunya, semua itu dapat kamu mulai hanya dengan Rp100 ribu saja.

BLOG100

Yuk! Gunakan kode promo BLOG100 saat mendaftar untuk memulai pengembangan dana awalmu bersama Akseleran. Untuk pertanyaan lebih lanjut dapat menghubungi Customer Service Akseleran di (021) 5091-6006 atau email ke [email protected]