Fixed Mindset vs Growth Mindset: Kenali Pola Pikirmu!

0
79
Fixed Mindset vs Growth Mindset: Kenali Pola Pikirmu!

Tahukah kamu bahwa kesuksesan dalam berkarir tidak hanya dipengaruhi oleh kemampuan dan bakat, tetapi juga oleh pola pikir kita? Kekuatan pola pikir atau mindset ternyata dapat mengubah aspek psikologis dan hidup seseorang, loh.

Carol Dweck dalam bukunya yang berjudul Mindset: Changing the Way You Think to Fulfil Your Potential menyatakan bahwa ada dua jenis mindset, yaitu: fixed mindset dan growth mindset. Lalu, bagaimana kedua jenis pola pikir tersebut mempengaruhi cara seseorang menjalani hidup?

Fixed Mindset memiliki kepercayaan dimana kecerdasan atau bakat yang dimiliki sifatnya tetap dan tidak akan berubah. Sementara Growth Mindset percaya bahwa usaha dapat meningkatkan kualitas diri.

Dalam menghadapi tantangan, biasanya seseorang dengan pola pikir Fixed Mindset cenderung lebih mudah menyerah dan dalam menghadapi kegagalan akan berhenti mencoba karena yakin akan gagal lagi. Lain halnya dengan orang yang memiliki Growth Mindset, dalam menghadapi tantangan mereka akan lebih berani menghadapinya agar dapat berkembang. Jika gagal pun akan terus belajar hingga berhasil. Lalu bagaimana menanamkan Growth Mindset untuk pengembangan diri?

Kamu bisa melihat segala peluang dan tantangan dari sisi positifnya. Cobalah untuk melihat tantangan sebagai peluang untuk mengembangkan diri, semakin sulit tantangan semakin besar kesempatan untuk berkembang dan belajar. Belajar menerima kritik karena kritik merupakan suatu hal untuk membangun diri dan meningkatkan kualitas diri, jadilah kritik sebagai cara baru untuk belajar. Jika kamu gagal, jadikan kegagalan itu sebagai pelajaran dan motivasi untuk memahami dan memperbaiki. Cobalah untuk berdiskusi dengan orang terdekat yang memiliki growth mindset agar pikiran lebih terbuka.

Ayo dukung pertumbuhan ekonomi dengan memberikan pendanaan UMKM secara aman di Akseleran! Daftar sekarang dan dapatkan imbal hasil hingga 12% per tahun di Akseleran.

Akseleran memberikan saldo awal senilai Rp100 ribu untuk pendaftar baru dengan menggunakan kode CORCOMMBLOG. Melakukan pendanaan di P2P Lending Akseleran juga sangat aman karena lebih dari 98% nilai portofolio pinjamannya memiliki agunan. Sehingga dapat menekan tingkat risiko yang ada. Akseleran juga sudah terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dengan nomor surat KEP-122/D.05/2019 sehingga proses transaksi yang kamu lakukan jadi lebih aman dan terjamin. 

Untuk kamu yang tertarik mengenai pendanaan atau pinjaman langsung bisa juga menghubungi (021) 5091-6006 atau via email [email protected]

Penulis: Ayu Diah Callista | Editor: Rimba Laut