Akseleran dan Universitas Andalas Gelar Sosialisasi Peer to Peer Lending

0
134
Akseleran dan Universitas Andalas Gelar Sosialisasi Peer to Peer Lending

Dalam rangka memberi edukasi dan meningkatkan literasi keuangan masyarakat, Akseleran bekerja sama dengan Universitas Andalas menggelar sosialisasi peranan Peer-to-Peer Lending dalam meningkatkan ekonomi di tengah pandemi pada Rabu, 23 Maret 2022. Acara yang digelar secara daring ini sekaligus bertepatan dengan program Literasi Keuangan 10th Global Money Week dari Departemen Literasi dan Inklusi Keuangan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dan menghadirkan Ivan Tambunan selaku Ketua Bidang Hukum, Etika, dan Perlindungan Konsumen Asosiasi Fintech Pendanaan Bersama Indonesia (AFPI) sekaligus CEO dan Co-Founder Akseleran, Andri Madian Chief Marketing Officer Akseleran, dan Dr Fajri Adrianto, SE, M.Bus (Adv). PhD selaku dosen dari Universitas Andalas serta dimoderatori oleh Rimba Laut selaku SVP Corcomm Akseleran.

Webinar ini dibuka dengan pemaparan dari Ivan Tambunan mengenai AFPI dan fungsinya dalam mengawasi dan menjaga agar industry fintech tetap pada jalurnya. Ivan juga mengimbau mahasiswa dan civitas akademika Universitas Andalas agar selalu berhati-hati agar tidak terjerat fintech illegal. “Kita perlu melakukan financial planning yang baik agar tidak terjebak fintech illegal atau yang sering disebut pinjol. Kalaupun terdesak, tetap hindari fintech yang tidak terdaftar dan diawasi OJK.” Tutur Ivan.

Selanjutnya Chief Marketing Officer Akseleran, Andri Madian, turut menyampaikan konsep P2P Lending khususnya di Indonesia. Andri juga menekankan pentingnya menggunakan platform P2P Lending yang sudah terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Dalam hal ini, Akseleran sudah mendapatkan izin penuh dari OJK sejak 2019. Andri juga menjelaskan mengapa harus memilih Akseleran sebagai platform untuk mengembangkan dana. “Akseleran menawarkan bunga menarik yaitu 10,5% hingga 12% per tahun dan sangat terjangkau, hanya dengan Rp100 ribu saja kita sudah bisa mulai mengembangkan dana. Kami juga menawarkan proses yang mudah dan cepat karena semuanya dilakukan secara online. Yang terpenting kami selalu memprioritaskan keamanan, dimana salah satu keunggulan Akseleran adalah kita memproteksi lender dengan memberikan asuransi 99% jika terjadi gagal bayar.” ujar Andri. Andri juga mendorong mahasiswa agar dapat mulai berinvestasi sedini mungkin.

Dosen dan pembicara dari Universitas Andalas, Dr Fajri Adrianto, SE, M.Bus (Adv). PhD melihat peluang dengan hadirnya P2P Lending di Indonesia, dimana P2P Lending bisa mengisi gap yang dimiliki lembaga keuangan konvensional dengan memangkas proses dan administrasi yang ada. Meski begitu, Fajri mengatakan masih kurang meratanya penyebaran informasi dan edukasi terkait literasi keuangan terlebih mengenai P2P Lending di luar Pulau Jawa khususnya di Sumatera Barat. Melalui webinar seperti ini, Fajri berharap dapat memperluas wawasan literasi keuangan bagi masyarakat khususnya mahasiswa dan civitas akademika Universitas Andalas agar tidak terjerumus pada penipuan. Fajri juga mengajak peserta webinar untuk mengelola dana dengan baik dengan cara mengalokasikannya untuk kebutuhan produktif.

Sebagai penutup, AFPI, Akseleran, dan Universitas Andalas mengimbau untuk lebih berhati-hati terhadap penipuan berkedok investasi seperti yang sedang marak terjadi. Ketiga pihak mengajak untuk memberantas fintech ilegal yang bisa dimulai dari meningkatkan literasi keuangan masing-masing.

Ayo dukung pertumbuhan ekonomi dengan memberikan pendanaan UMKM secara aman di Akseleran! Daftar sekarang dan dapatkan imbal hasil hingga 12% per tahun di Akseleran.

Akseleran memberikan saldo awal senilai Rp100 ribu untuk pendaftar baru dengan menggunakan kode CORCOMMBLOG. Melakukan pendanaan di P2P Lending Akseleran juga sangat aman karena lebih dari 98% nilai portofolio pinjamannya memiliki agunan. Sehingga dapat menekan tingkat risiko yang ada. Akseleran juga sudah terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dengan nomor surat KEP-122/D.05/2019 sehingga proses transaksi yang kamu lakukan jadi lebih aman dan terjamin. 

Untuk kamu yang tertarik mengenai pendanaan atau pinjaman langsung bisa juga menghubungi (021) 5091-6006 atau via email [email protected]

Penulis: Ayu Diah Callista | Editor: Rimba Laut