Kenalan dengan Profesi Enumerator Adalah Serta Perannya!

0
2135
Enumerator Adalah

Pilihan profesi di dunia kerja saat ini sangat variatif. Beberapa di antaranya bakal terdengar asing di telinga. Enumerator adalah salah satunya. Profesi ini banyak dibutuhkan, terutama pada era digital seperti sekarang. 

Profesi enumerator secara khusus mempunyai kaitan erat dengan aktivitas survei dan penelitian. Kehadiran mereka membuat proses penelitian berjalan lebih lancar dan memperoleh hasil yang akurat. Lalu, apa sih sebenarnya profesi enumerator? 

Enumerator Adalah

Dalam pengertiannya, profesi enumerator adalah peneliti survei. Mereka melakukan tugas yang berkaitan dengan aktivitas pengumpulan data secara kolektif. Biasanya, enumerator sangat dibutuhkan dalam pelaksanaan riset kuantitatif dengan subjek yang sangat banyak. 

Dalam sebuah perusahaan, profesi enumerator adalah bagian dari divisi research and development (R&D). Dalam kesehariannya, mereka yang bekerja sebagai enumerator bakal kerap bersinggungan dengan aktivitas terkait penelitian di lapangan. 

Peran dan Tanggung Jawab Seorang Enumerator

Enumerator merupakan bagian dari tenaga kerja yang terlibat dalam proses pengumpulan data atau riset. Mereka pun mempunyai peran serta tanggung jawab tersendiri di dalamnya. 

Peran Enumerator

Secara khusus, ada 3 peran penting seorang enumerator, yakni: 

  • Melaksanakan pengumpulan data. Data-data dari enumerator selanjutnya bisa dimanfaatkan perusahaan untuk memperoleh insight bisnis. 
  • Melakukan aktivitas wawancara secara personal. Aktivitas ini mereka lakukan untuk memperoleh data terkait minat konsumen secara langsung dan akurat. 
  • Melakukan pengumpulan data kuesioner yang selaras dengan tujuan riset.

Tanggung Jawab Enumerator

Selain itu, Anda juga perlu memahami tugas yang menjadi bagian dari tanggung jawab seorang enumerator, yakni: 

  • Koordinasi terkait tema, strategi, serta tujuan pelaksanaan penelitian
  • Koordinasi antara setiap anggota dalam tim enumerator. Tujuannya adalah untuk menjaga keselarasan kuesioner serta pengembangan pertanyaan yang digunakan dalam riset
  • Menentukan pertanyaan yang tepat untuk memperoleh jawaban yang relevan dari para responden
  • Mengembangkan pertanyaan secara natural untuk memperoleh data hasil wawancara yang akurat
  • Memperoleh jawaban akurat atas setiap pertanyaan dalam kuesioner
  • Melakukan penghimpunan data serta laporan penelitian yang selanjutnya ditujukan kepada peneliti

Kemampuan yang Wajib Dimiliki Enumerator

Sebagai ujung tombak dalam pelaksanaan riset perusahaan, enumerator adalah tenaga yang mempunyai kualifikasi dan kemampuan khusus. Kualifikasi dan kemampuan khusus tersebut meliputi: 

1. Keahlian Analisis

Modal kemampuan utama dari seorang enumerator adalah keahlian melakukan analisis. Enumerator merupakan bagian dari anggota penelitian. Oleh karena itu, keahlian ini menjadi faktor penting yang berperan dalam menentukan kualitas hasil riset. Apalagi, enumerator bakal berhadapan dengan banyak data yang harus mereka analisis untuk menemukan inti permasalahan. 

2. Kemampuan Bersosialisasi

Enumerator banyak menghabiskan waktu kerjanya di lapangan. Mereka harus melakukan kontak secara langsung dengan masyarakat. Oleh karena itu, enumerator perlu mempunyai keahlian sosial dan berkomunikasi yang baik. Dengan begitu, mereka dapat melakukan wawancara dengan narasumber secara nyaman.

Kemampuan dalam bersosialisasi pun kian penting karena enumerator punya kesempatan berhadapan dengan orang dari berbagai latar belakang. Keahlian tersebut bisa membantu mereka untuk beradaptasi dengan masing-masing responden. 

Baca juga: Akseleran dan Universitas Andalas Gelar Sosialisasi Peer to Peer Lending

3. Public Speaking dan Komunikasi

Hal yang tidak kalah penting, enumerator harus membekali diri dengan kemampuan public speaking dan komunikasi yang baik. Kemampuan public speaking perlu karena enumerator bakal berhadapan dengan banyak orang. 

Sementara itu, kemampuan komunikasi menjadi keahlian yang esensial dalam proses wawancara. Komunikasi yang baik membantu enumerator untuk mengemukakan pertanyaan secara tepat dan memperoleh jawaban yang akurat dari para responden. 

4. Berorientasi Pada Detail

Ketelitian merupakan faktor penting dalam sebuah riset. Oleh karenanya, enumerator perlu mempunyai keahlian yang berorientasi pada hal-hal detail. Tidak menutup kemungkinan, hal-hal detail yang terlihat sepele mempunyai peran penting dalam menentukan hasil sebuah penelitian. 

5. Memiliki Latar Belakang Pendidikan Tertentu

Terakhir, Anda perlu mempunyai bekal latar belakang pendidikan yang sesuai untuk bisa menjalani profesi sebagai enumerator. Biasanya, enumerator adalah mereka yang mempunyai gelar sarjana di bidang sosiologi, ilmu komunikasi, kesejahteraan sosial, serta jurusan yang terkait pembelajaran berbasis riset. 

Nah, itulah pembahasan terkait profesi enumerator. Kehadiran mereka memiliki peran penting dalam upaya perusahaan mengembangkan produk yang lebih inovatif di masa mendatang. 

Semoga bermanfaat, ya. 

Kembangkan Dana Sekaligus Berikan Kontribusi Untuk Ekonomi Nasional dengan Melakukan Pendanaan Untuk UKM Bersama Akseleran!

Bagi kamu yang ingin membantu mengembangkan usaha kecil dan menengah di Indonesia, P2P Lending dari Akseleran adalah tempatnya. Akseleran menawarkan kesempatan pengembangan dana yang optimal dengan bunga rata-rata hingga 10,5% per tahun dan menggunakan proteksi asuransi 99% dari pokok pinjaman. Tentunya, semua itu dapat kamu mulai hanya dengan Rp100 ribu saja.

BLOG100

Yuk! Gunakan kode promo BLOG100 saat mendaftar untuk memulai pengembangan dana awalmu bersama Akseleran. Untuk pertanyaan lebih lanjut dapat menghubungi Customer Service Akseleran di (021) 5091-6006 atau email ke [email protected].