Sejarah Permainan Catur

1
871
Sejarah Permainan Catur

Meski tidak memerlukan banyak gerakan fisik, catur disebut-sebut sebagai salah satu permainan dan olahraga yang cukup berat. Sebab, permainan ini memaksa kita untuk berfikir dan memaksimalkan fungsi otak. Permainan yang populer ini banyak disukai orang karena keseruannya. Ternyata dibalik kepopulerannya, catur memiliki sejarah yang menarik.

Dimulai pada abad ke 6 setelah pangeran termuda Kerajaan Gupta tewas, kakaknya membuat ulang adegan kematian sang adik di papan 8×8 dan akhirnya tercetuslah permainan bernama Chaturanga. Selanjutnya mulai abad ke 7 setelah Islam masuk Persia, masyarakat Arab mulai mengenal permainan catur. Kemudian masyarakat Arab membawa catur ke Asia Tenggara dan Asia Timur sama pedagang Jalur Sutera.

Permainan catur berkembang pesat di Eropa pada abad ke 10, bahkan jadi pendidikan tata krama. Meski sempat dilarang, catur akhirnya dikenal sebagai mainan kerajaan. Seiring berkembangnya permainan ini, muncul bidak Ratu yang diduga karena besarnya pengaruh pemimpin perempuan. Pada akhir abad ke 19, Adolf Andersen ngerancang istilah skakmat. Perlahan pertandingan catur formal mulai lahir.

Sejarah catur juga dipengaruhi oleh perkembangannya di Uni Soviet. Selama Perang Dingin di abad ke 20, Uni Soviet fokus menghasilkan pecatur yang selalu menang kejuaraan hingga pada tahun 1997 Dominasi Uni Soviet digulingkan oleh Deep Blue, komputer yang berhasil mengalahkan manusia untuk pertama kalinya

Itulah sejarah permainan catur. Berawal dari hanya permainan kotak-kotak sederhana hingga dimainkan robot, nyatanya permainan catur tak pernah lekang oleh zaman.

 Ayo dukung pertumbuhan ekonomi dengan memberikan pendanaan UMKM secara aman di Akseleran! Daftar sekarang dan dapatkan imbal hasil hingga 10,5% per tahun di Akseleran.

Akseleran memberikan saldo awal senilai Rp100 ribu untuk pendaftar baru dengan menggunakan kode CORCOMMBLOG. Melakukan pendanaan di P2P Lending Akseleran juga sangat aman karena lebih dari 98% nilai portofolio pinjamannya memiliki agunan. Sehingga dapat menekan tingkat risiko yang ada. Akseleran juga sudah terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dengan nomor surat KEP-122/D.05/2019 sehingga proses transaksi yang kamu lakukan jadi lebih aman dan terjamin. 

Untuk kamu yang tertarik mengenai pendanaan atau pinjaman langsung bisa juga menghubungi (021) 5091-6006 atau via email [email protected]

Penulis: Ayu Diah Callista | Editor: Rimba Laut

1 COMMENT

Comments are closed.