Algoritma Adalah: Pengertian, Ciri-Ciri dan Fungsinya

0
257
Algoritma Adalah

Kita tahu bahwa algoritma adalah istilah yang berkaitan erat dengan teknologi. Apa definisi sebenarnya dari algoritma? Lalu, apakah algoritma merupakan istilah yang sama dengan logaritma? 

Nah, untuk mengetahui lebih lanjut tentang istilah ini, Anda bisa membaca artikel berikut. Artikel ini akan menjelaskan tentang definisi algoritma, ciri-ciri, beserta fungsi dari algoritma. Yuk, baca penjelasannya!

Apa Itu Algoritma?

Apa yang dimaksud dengan algoritma? Singkatnya, algoritma dapat didefinisikan sebagai prosedur atau tahapan logis dalam memecahkan suatu masalah tertentu secara sistematis. Definisi lain menyebutkan bahwa algoritma adalah rangkaian tahapan yang harus diikuti dalam proses memecahkan masalah tertentu. 

Definisi algoritma yang disebutkan oleh para ahli juga menjabarkan hal yang serupa. Beberapa contohnya adalah sebagai berikut:

Donald Knuth

Menurut Knuth, algoritma merupakan rangkaian aturan berhingga (dengan batas tertentu) yang mampu menyediakan rangkaian operasi. Rangkaian operasi ini akan mampu membantu Anda untuk menyelesaikan suatu masalah tertentu.

Marvin Minsky

Pakar Artificial Intelligence (AI) Marvin Minsky menjabarkan bahwa algoritma merupakan seperangkat aturan yang memiliki batasan-batasan tertentu. Aturan-aturan ini akan membantu Anda bagaimana bertindak untuk mencapai solusi dari suatu masalah.

Lipschutz dan Lipson

Seymour Lipschutz dan Marc Lipson merupakan ahli matematika dan komputer. Mereka menjelaskan bahwa algoritma adalah daftar prosedur yang mengikuti aturan tertentu, memiliki batas tertentu, dan berisikan instruksi-instruksi yang dapat dimanfaatkan untuk memecahkan sebuah masalah tertentu.

Pada penerapannya, istilah algoritma lebih sering ditemukan pada pemrograman. Padahal, sebenarnya algoritma dapat diterapkan pada kehidupan sehari-hari kita. 

Apakah Algoritma berbeda dengan Logaritma?

Tentu saja. Algoritma memiliki makna yang jauh berbeda jika dibandingkan dengan logaritma. Algoritma merupakan sebuah rangkaian prosedur yang dapat digunakan untuk menyelesaikan masalah tertentu. Di sisi lain, logaritma merupakan sebuah operasi matematika kebalikan dari pemangkatan/eksponen.

Ciri-ciri Algoritma

Apa saja ciri-ciri dari algoritma? Menurut Donald Knuth, ada lima ciri khas dari sebuah algoritma. Ciri-ciri algoritma tersebut adalah sebagai berikut.

Finiteness

Sebagaimana dijelaskan di definisi algoritma di atas, Anda perlu mengetahui bahwa algoritma hanya digunakan untuk menyelesaikan suatu masalah tertentu. Dengan demikian, ada batasan khusus dari rangkaian prosedur yang ada pada sebuah algoritma. 

Ciri finiteness dari sebuah algoritma juga bermakna bahwa dalam pembuatan sebuah algoritma, ada tujuan akhir yang hendak dicapai. Setelah tujuan akhir ini tercapai, algoritma tersebut tidak lagi berlaku.

Definiteness

Prosedur/langkah-langkah yang ada dalam sebuah algoritma akan didefinisikan secara jelas dan tak bermakna ganda (ambigu). Hal ini ditujukan agar tidak ada kesalahan ketika algoritma tersebut digunakan untuk mencapai sebuah output tertentu.

Input

Input dalam konteks algoritma adalah sebuah permasalahan yang dihadapi. Input merupakan alasan mengapa sebuah algoritma dibuat, dan menjadi dasar mengapa algoritma tersebut berlaku.

Output

Ada input, tentu saja ada output. Pada konteks algoritma, output didefinisikan sebagai solusi dari sebuah masalah yang diselesaikan dengan algoritma. 

Effectiveness

Sebuah algoritma tidak boleh berbelit-belit—sebisa mungkin sebuah algoritma harus ringkas dan terbukti dapat digunakan secara mangkus dan sangkil (efektif dan efisien). Waktu yang digunakan dalam penyelesaian sebuah masalah pun harus ditekan sesingkat mungkin.

Baca juga: 7 Cara Memulai Bisnis yang Efektif!

Fungsi Algoritma

Setelah mengetahui tentang definisi dan ciri dari algoritma, Anda perlu mengenal tentang fungsi algoritma. Apa benar, algoritma merupakan hal yang hanya dibutuhkan pada pemrograman?

Sebagaimana disebutkan sebelumnya, algoritma merupakan hal yang dapat diterapkan pada banyak lini kehidupan. Hanya saja, penerapan algoritma lebih sering dimunculkan pada pemrograman  komputer. 

Terkait dengan pemrograman, algoritma pemrograman akan membantu tim programmer untuk memecahkan masalah. Kumpulan solusi dari masalah-masalah inilah yang dapat dikembangkan programmer menjadi sebuah program. 

Selain itu, beberapa fungsi lain dari algoritma adalah sebagai berikut:

  • Membantu Anda untuk memecahkan permasalahan tertentu secara logis dan sistematis. Algoritma dapat digunakan berulang kali untuk menyelesaikan masalah yang sama.
  • Algoritma juga dapat digunakan untuk membantu menyelesaikan masalah yang rumit dengan cara yang lebih sederhana.
  • Bagi programmer, algoritma akan memudahkan mereka melakukan tracking kesalahan-kesalahan (error) yang timbul.
  • Memudahkan programmer memodifikasi program tanpa mengubah total algoritma dan mengulangnya dari awal. Programmer hanya perlu melakukan modifikasi pada beberapa titik dan program pun bisa diperbarui untuk menyelesaikan masalah yang timbul.

Sebagai kesimpulan, algoritma adalah serangkaian tahapan yang memiliki batasan untuk menyelesaikan suatu masalah tertentu. Meski algoritma lebih sering digunakan dalam proses pembuatan program, pada dasarnya Anda bisa menerapkan algoritma pada kehidupan sehari-hari.

Kembangkan Dana Sekaligus Berikan Kontribusi Untuk Ekonomi Nasional dengan Melakukan Pendanaan Untuk UKM Bersama Akseleran!

Bagi kamu yang ingin membantu mengembangkan usaha kecil dan menengah di Indonesia, P2P Lending dari Akseleran adalah tempatnya. Akseleran menawarkan kesempatan pengembangan dana yang optimal dengan bunga rata-rata 10,5%-12% per tahun dan menggunakan proteksi asuransi 99% dari pokok pinjaman. Tentunya, semua itu dapat kamu mulai hanya dengan Rp100 ribu saja.

BLOG100

Yuk! Gunakan kode promo BLOG100 saat mendaftar untuk memulai pengembangan dana awalmu bersama Akseleran. Untuk pertanyaan lebih lanjut dapat menghubungi Customer Service Akseleran di (021) 5091-6006 atau email ke [email protected]