15 Sungai Terpanjang di Dunia, Apa Saja?

0
3009
Sungai Terpanjang di Dunia

Sungai merupakan aliran air tersebar di berbagai wilayah bumi. Namun, pernahkan Anda bertanya, “manakah sungai terpanjang di dunia?”

Sebenarnya, mengukur panjang sungai itu sangat rumit dan hasilnya hanya perkiraan yang mendekati akurat. Kadang-kadang, terjadi pula perdebatan di antara para ahli. Namun, dalam pembahasan kali ini, kami akan menyuguhkan daftar sungai terpanjang berdasarkan data yang disetujui oleh mayoritas peneliti. Yuk, simak baik-baik infonya!

15. Sungai Brahmaputra

Salah satu sungai utama di Asia ini mencapai panjang 3.848 km. Sungai Brahmaputra melewati 3 negara, yakni India, Tiongkok, dan Bangladesh. 

14. Sungai Niger

Sungai Niger merupakan sungai sepanjang 4.200 km yang bercabang menjadi Sungai Sokoto, Sungai Kaduna, Sungai Bani, dan Sungai Benue. Terdapat Bendungan Kainji di sungai ini—sebagai pembangkit listrik dan pencegah banjir.

13. Sungai Mackenzie

Sungai Mackenzie merupakan bagian dari sistem sungai terpanjang di Kanada, yakni berukuran panjang 4.241 km. Sungai ini mengalir dari Danau Great Slave ke Samudra Arktik.

12. Sungai Mekong

Nama Mekong dalam bahasa Thailand maupun Laos berarti “sungai induk”. Sungai dengan panjang 4.350 km ini merupakan sungai terpanjang di Asia Tenggara.

11. Sungai Lena

Urutan ke-11 sungai terpanjang di dunia diduduki oleh Sungai Lena. Sungai sepanjang 4.400 km ini bermuara ke Samudra Arktik.

10. Sungai Amur

Sungai sepanjang 4.444 km ini menjadi perbatasan antara Timur Jauh Rusia dan Tiongkok Timur Laut. Dalam bahasa Cina, Sungai Amur disebut Heilong Jiang yang berarti “Black Dragon River”.

9. Sungai Kongo

Sungai Kongo mencapai panjang sekitar 4.700 km. Sungai ini melintasi Hutan Hujan Kongo, yakni hutan hujan terbesar kedua di dunia.

8. Sungai Parana

Dengan panjang 4.880 km, sungai ini melintasi 3 negara, yakni Paraguay, Argentina, dan Brasil. Sungai Parana merupakan sungai terbesar kedua di Amerika Selatan.

7. Sungai Ob

Salah satu sungai penting di Siberia, Rusia, ini memiliki panjang sekitar 5.410 km. Sungai Ob termasuk tiga sungai besar Siberia, bersama Yenisei dan Lena.

6. Sungai Kuning

Tidak hanya dalam jajaran sungai terpanjang di dunia, Sungai Kuning juga terpanjang kedua di Tiongkok. Panjangnya mencapai 5.464 km dan melintasi 9 provinsi di Tiongkok.

5. Sungai Yenisei

Sungai Yenisei memiliki hulu di Mongolia dan bermuara di Samudra Arktik. Perairan yang sebagian besar berada di Rusia ini mencapai panjang 5.539 km.

Baca juga: Jangan Salah, Berikut 10 Logo Termahal di Dunia!

4. Sungai Mississippi

Sungai Mississippi berhulu dari Danau Itasca dan bermuara ke Teluk Meksiko. Panjangnya mencapai 6.275 km dan mengalir melalui Amerika Utara. Tidak hanya terpanjang keempat di dunia, Mississippi juga menduduki peringkat kedua untuk kategori sungai terbesar di wilayah Amerika Utara.

Sungai ini melewati wilayah Mississippi, Louisiana, Arkansas, Illinois, Missouri, Kentucky, Tennessee, Iowa, Wisconsin, dan Minnesota. Mississippi memiliki banyak anak sungai yang bercabang ke 31 negara bagian di Amerika Serikat dan 2 negara bagian di Kanada.

3. Sungai Panjang (Yangtze)

Sungai sepanjang 6.300 km ini berhulu dari Bukit Jari, Qinghai, Tiongkok. Selain terpanjang ketiga di dunia, Sungai Yangtze juga terpanjang di Benua Asia. Sungai yang bermuara ke Laut Tiongkok Timur ini melintasi daerah Luzhou, Shanghai, Nantong, Jingzhou, Nanjing, dan Chongquing.

2. Sungai Amazon

Ukuran sungai terpanjang kedua ini mencapai 6.400 km. Sungai Amazon mengalir di Amerika Selatan, serta melewati Kolombia, Brasil, dan Peru. Rumah dari aneka ragam fauna ini berhulu dari Sungai Mantaro di Peru dan bermuara ke Samudra Atlantik di Brasil.

1. Sungai Nil

Terakhir, sekaligus posisi pertama, diduduki oleh Sungai Nil. Dengan panjang 6.650 km, tak heran bila sungai ini menjelajahi banyak wilayah daratan. Sungai Nil mengalir di bagian timur laut Afrika, kemudian melintasi berbagai negara. Mulai dari Mesir, Burundi, Kongo, Rwanda, Tanzania, Kenya, Etiopia, Sudan, Uganda, hingga Sudan Selatan. Sungai ini bermuara ke sebuah delta besar di Laut Tengah.

Itulah 15 sungai terpanjang di dunia beserta penjelasan ringkasnya. Semoga informasi di atas bisa memperkaya wawasan Anda tentang pengetahuan umum dan geografi. 

Kembangkan Dana Sekaligus Berikan Kontribusi Untuk Ekonomi Nasional dengan Melakukan Pendanaan Untuk UKM Bersama Akseleran!

Bagi kamu yang ingin membantu mengembangkan usaha kecil dan menengah di Indonesia, P2P Lending dari Akseleran adalah tempatnya. Sebagai platform pengembangan dana yang optimal dengan bunga hingga 16% per tahun kamu dapat memulainya hanya dengan Rp100 ribu saja.

BLOG100

Yuk! Gunakan kode promo BLOG100 saat mendaftar untuk memulai pengembangan dana awalmu bersama Akseleran. Untuk syarat dan ketentuan dapat menghubungi (021) 5091-6006 atau email ke [email protected].