Jangan Salah, Berikut 10 Logo Termahal di Dunia!

1
16931
Logo Termahal

Lebih dari sekadar sekumpulan huruf, warna, dan elemen grafis saja, logo berfungsi sebagai citra atau identitas dari sebuah perusahaan. Karena itu, desain logo yang efektif sangat dibutuhkan dalam mendongkrak proses branding dari suatu merek dagang. Nah, berikut ini daftar 10 logo termahal yang pernah dibayarkan oleh suatu perusahaan. Mari disimak!

  • Symantec — USD 1.280.000.000 (Rp18,4 T)

Symantec diketahui membayar hingga USD 1.280.000.000 atau setara Rp18,4 T untuk logo dan branding yang mereka lakukan. Meski angkanya sangat fantastis, perusahaan tersebut malah dikatakan beruntung karena dapat memasukkan logo centang terkenal VeriSign (tanda otentikasi sertifikat keamanan) ke dalam logo baru mereka. 

  • British Petroleum — USD 210.000.000 (Rp3 T)

Logo termahal kedua dimiliki oleh British Petroleum. Desain logo baru tersebut dirilis pada tahun 2000, yang menampilkan nuansa hijau dan kuning. Pemilihan warna itu pun disebut mewakili dedikasi perusahaan untuk menjadi lebih ramah terhadap lingkungan.

  • Accenture — USD 100.000.000 (Rp1,4 T)

Logo baru Accenture ditulis dalam huruf kecil dan diberi tanda aksen di atasnya. Untuk desain logo tersebut, perusahaan bahkan harus membayar hingga USD 100.000.000 atau sekitar Rp1,4 T. Kata Accenture sendiri merupakan kependekan dari frasa Accent of the Future. 

  • Posten Norge — USD 55.000.000 (Rp792 M)

Logo termahal berikutnya dipegang oleh Posten Norge, yang merupakan perusahaan BUMN yang memiliki hak tunggal dalam mengirimkan dan mendistribusikan surat di seluruh negara bagian Norwegia. Posten Norge pun memperkenalkan logo baru mereka pada tahun 2008 lalu, yang banyak disebut sebagai salah satu investasi branding terbaik.

  • Australia & New Zealand Banking Group (ANZ) — USD 15.000.000 (Rp216 M)

Perusahaan joint venture ini membayar sampai Rp216 M untuk sebuah logo yang menampilkan huruf ANZ dengan tambahan elemen grafis yang memberikan kesan dinamis. Desain logo baru tersebut resmi dirilis pada 2010 silam, yang menjadi bagian dari kampanye pemasaran ANZ hingga tahun 2012. 

  • BBC — USD 1.800.000 (Rp25 M)

Menjadi salah satu logo termahal di dunia, BBC merogoh kocek hingga Rp25 M untuk mendapatkan desain ini. Namun pada dasarnya, BBC memiliki beberapa variasi logo yang kerap digunakannya dalam kampanye pemasaran mereka. Akan tetapi, desain logo yang menampilkan kombinasi huruf balok putih dengan background gelap inilah yang paling umum dikenali publik.

  • Pepsi — USD 1.000.000 (Rp14 M)

Walau terlihat tidak terlalu berbeda dari logo lamanya, Pepsi harus membayar hingga USD 1000.000 (atau Rp14 M) untuk desain ini. Dibandingkan logo lamanya, desain ini lebih menonjolkan warna merah dan menampilkan distribusi warna yang berbeda. Pembuatan logo tersebut juga menjadi upaya Pepsi dalam “menantang” Coca-Cola, yang masih menjadi merek minuman soda paling populer di dunia.

Baca juga: Ini nih Daftar 7 HP Termahal buat Para Sultan!

  • Olimpiade London 2012 — USD 625.000 (Rp9 M)

Logo Olimpiade London 2012 juga menjadi salah satu logo termahal sepanjang masa, yang ditaksir hingga USD 625.000 atau setara Rp9 M. Namun sayangnya, logo mahal tersebut justru banyak mendapat kritik dari publik. Beberapa berpendapat bahwa desain logo Olimpiade London 2012 tidak menampilkan wawasan budaya atau landmark bersejarah yang terkenal di London.

  • City of Melbourne — USD 625.000 (Rp9 M)

Kota Melbourne juga menghabiskan angka yang sama seperti Olimpiade London 2012, USD 625.000 (Rp9 M), untuk logo barunya. Otoritas Melbourne pun menunjuk Lander Associated untuk mendesain logo tersebut, yang kemudian diperkenalkan ke publik pada tahun 2009. Dari tampilannya, desain logo Kota Melbourne didominasi nuansa hijau dan biru dengan lines tajam yang memberi kesan dinamis.

  • Belfast — USD 280.000 (Rp4 M)

Sebagai ibu kota dari Irlandia Utara, Belfast menghabiskan Rp4 M untuk mendesain ulang logo mereka. Meski dinilai belum mampu mencerminkan sejarah Belfast, logo baru ini tetap mendapatkan sambutan baik dari masyarakat Irlandia Utara. Ide pembuatan logo ini tentunya bersumber pada keinginan Belfast untuk tampil lebih menarik di depan para investor dan wisatawan. 

Demikian daftar 10 logo termahal yang pernah ada dalam sejarah branding. Terlepas dari harganya yang sangat fantastis, logo, bagaimanapun, masih menjadi cara terbaik dalam membentuk identitas suatu merek bisnis—karena bisa membantu orang untuk mengidentifikasi sebuah brand dengan lebih mudah. 

Kembangkan Dana Sekaligus Berikan Kontribusi Untuk Ekonomi Nasional dengan Melakukan Pendanaan Untuk UKM Bersama Akseleran!

Bagi kamu yang ingin membantu mengembangkan usaha kecil dan menengah di Indonesia, P2P Lending dari Akseleran adalah tempatnya. Sebagai platform pengembangan dana yang optimal dengan bunga hingga 16% per tahun kamu dapat memulainya hanya dengan Rp100 ribu saja.

BLOG100

Yuk! Gunakan kode promo BLOG100 saat mendaftar untuk memulai pengembangan dana awalmu bersama Akseleran. Untuk syarat dan ketentuan dapat menghubungi (021) 5091-6006 atau email ke [email protected].

1 COMMENT

Comments are closed.