Strategi Investasi Jangka Panjang yang Aman dan Menguntungkan

0
706
strategi investasi jangka panjang

Untuk membangun investasi yang bertahan dalam waktu yang lama, penting untuk memiliki strategi investasi jangka panjang yang baik. Dengan strategi yang tepat, Anda dapat meminimalkan risiko dan mengoptimalkan return investasi Anda dalam jangka panjang. 

Berikut adalah beberapa tips yang bisa Anda gunakan untuk membantu Anda membangun investasi yang bertahan lama. Tentunya dengan strategi investasi jangka panjang yang baik.

Fokus Pada Investasi Jangka Panjang, Bukan Hasil Cepat

Investasi adalah cara yang efektif untuk mempersiapkan keuangan Anda di masa depan. Namun, banyak investor terjebak dengan cara berpikir jangka pendek, yang mengarah pada investasi yang kurang efektif dalam jangka panjang. 

Menginvestasikan uang pada saham-saham yang sedang naik daun atau investasi lainnya yang menjanjikan keuntungan dalam waktu singkat, mungkin terdengar menarik. 

Namun, investasi semacam itu berisiko dan dapat menyebabkan kerugian besar dalam waktu singkat. Alih-alih mencari hasil cepat, fokus pada investasi jangka panjang lebih penting karena memungkinkan Anda untuk membangun kekayaan seiring waktu.

Investasi jangka panjang yang dilakukan dengan konsisten dan cerdas dapat menghasilkan keuntungan yang signifikan dalam jangka waktu yang panjang. 

Sebagai contoh, jika Anda menginvestasikan uang Anda pada saham dengan rata-rata pengembalian sebesar 10% per tahun selama 20 tahun, maka uang Anda akan meningkat lebih dari tiga kali lipat dari nilai awalnya. 

Dengan demikian, Anda akan memiliki potensi untuk memperoleh keuntungan yang jauh lebih besar dengan memfokuskan pada investasi jangka panjang.

Hindari Risiko yang Tidak Perlu

Mencari hasil cepat dalam berinvestasi juga dapat mengakibatkan Anda menempatkan uang Anda pada risiko yang tidak perlu. 

Terlalu fokus pada keuntungan yang cepat dapat membuat Anda tergoda untuk mengambil risiko yang lebih besar. Misalnya berinvestasi pada saham-saham kecil yang belum terbukti secara finansial atau mengambil kredit untuk berinvestasi. 

Risiko-risiko semacam itu dapat menyebabkan kerugian besar dalam jangka pendek dan jangka panjang.

Namun, dengan fokus pada investasi jangka panjang, Anda dapat menghindari risiko yang tidak perlu dan membangun portofolio investasi jangka panjang yang seimbang dan bertahan lama. 

Dengan strategi investasi yang baik, Anda dapat mencapai tujuan keuangan jangka panjang Anda tanpa menempatkan uang Anda pada risiko yang tidak perlu.

Pilih Instrumen Investasi yang Sesuai dengan Profil Risiko

Salah satu hal yang paling penting untuk dipertimbangkan saat memilih instrumen investasi adalah profil risiko dan tujuan investasi Anda.

Profil risiko Anda mencakup berapa besar toleransi risiko Anda dalam berinvestasi. Apakah Anda lebih suka investasi dengan risiko tinggi atau rendah. Serta seberapa besar keuntungan yang ingin Anda peroleh dari investasi tersebut. 

Sedangkan tujuan investasi Anda mencakup apa yang ingin Anda capai melalui investasi. Misalnya mempersiapkan dana pensiun, membeli rumah, atau menabung untuk pendidikan anak-anak.

Berikut adalah beberapa instrumen investasi yang dapat Anda pertimbangkan sesuai dengan profil risiko dan tujuan investasi Anda:

Deposito Berjangka

Jika Anda memiliki profil risiko konservatif dan tujuan investasi jangka pendek, deposito berjangka bisa menjadi pilihan yang baik. 

Deposito berjangka menawarkan bunga yang lebih tinggi daripada tabungan biasa dan mempunyai risiko yang lebih rendah daripada investasi saham.

Reksa Dana Pasar Uang

Reksa dana pasar uang cocok untuk orang yang mempunyai profil risiko konservatif dan tujuan investasi jangka pendek atau menengah. 

Reksa dana pasar uang biasanya mempunyai risiko yang lebih rendah daripada reksa dana saham, tetapi tetap dapat memberikan hasil yang cukup baik.

Obligasi

Jika Anda mempunyai profil risiko moderat dan tujuan investasi jangka menengah, obligasi bisa menjadi pilihan yang tepat. 

Obligasi adalah surat utang yang diterbitkan oleh perusahaan atau pemerintah, dan mempunyai tingkat risiko dan pengembalian yang lebih rendah daripada saham.

Reksa Dana Saham

Jika Anda memiliki profil risiko agresif dan tujuan investasi jangka panjang, reksa dana saham bisa menjadi pilihan yang baik. 

Meskipun reksa dana saham memiliki risiko yang lebih tinggi daripada instrumen investasi lainnya, mereka juga dapat memberikan pengembalian yang jauh lebih besar dalam jangka panjang.

Properti

Investasi properti bisa menjadi pilihan yang baik untuk orang yang mempunyai profil risiko moderat hingga agresif dan tujuan investasi jangka panjang. 

Properti dapat memberikan pengembalian yang tinggi dalam jangka panjang dan dapat memberikan sumber penghasilan pasif melalui sewa.

Memilih instrumen investasi yang tepat sangat penting untuk mencapai tujuan keuangan Anda. Sebelum memutuskan untuk berinvestasi, pertimbangkan profil risiko Anda dan tujuan investasi Anda. 

Serta pastikan Anda memahami risiko dan potensi pengembalian dari setiap instrumen investasi yang Anda pertimbangkan. 

Pastikan juga untuk melakukan riset dan mengumpulkan informasi dari sumber yang terpercaya sebelum mengambil keputusan investasi.

Tetapkan Rencana Investasi Jangka Panjang dan Patuhi Rencana Tersebut

Cara memulai investasi jangka panjang adalah dengan menentukan tujuan investasi Anda. Setelah menentukan tujuan tersebut, Anda perlu mengevaluasi risiko yang mungkin terjadi dalam investasi Anda. 

Penting untuk menyadari bahwa investasi jangka panjang dapat memberikan keuntungan yang besar, tetapi juga memiliki risiko yang tinggi.

Menentukan alokasi aset yang tepat juga sangat penting dalam investasi jangka panjang. Alokasi aset yang baik dapat membantu Anda mengurangi risiko investasi dan memaksimalkan pengembalian investasi Anda. 

Sebagai contoh, jika Anda masih muda dan memiliki waktu yang cukup panjang untuk berinvestasi, Anda mungkin ingin mengalokasikan sebagian besar dana Anda ke dalam saham yang berisiko lebih tinggi.

Setelah menentukan alokasi aset yang tepat, Anda perlu membuat rencana investasi jangka panjang yang spesifik dan patuh terhadap rencana tersebut. 

Baca juga: Pengertian Aset Beserta Klasifikasinya!

Rencana investasi jangka panjang ini harus mencakup jumlah dana yang ingin Anda investasikan, jenis investasi yang ingin Anda beli, dan periode waktu yang ingin Anda tetap berinvestasi.

Selain itu, penting juga untuk melakukan diversifikasi investasi Anda. Diversifikasi membantu mengurangi risiko investasi dengan menyebar investasi Anda ke beberapa instrumen investasi dan aset yang berbeda. 

Terakhir, periksa kembali portofolio investasi Anda secara berkala dan sesuaikan dengan keadaan pasar. Pasar finansial selalu berfluktuasi, dan kondisi ekonomi bisa berubah dari waktu ke waktu. 

Oleh karena itu, penting untuk terus memantau portofolio investasi Anda dan melakukan perubahan yang diperlukan untuk mengoptimalkan kinerja portofolio Anda.

Kesimpulan

Dalam investasi jangka panjang, konsistensi dan kesabaran sangat penting. Investasi jangka panjang membutuhkan waktu dan disiplin untuk mencapai tujuan. Namun, dengan strategi investasi jangka panjang yang baik, Anda dapat mencapai kesuksesan finansial jangka panjang yang Anda inginkan.Nah, Anda dapat menggunakan platform Akseleran yang memfasilitasi berbagai jenis investasi dengan instrumen yang sesuai dengan kebutuhan dan profil risiko investor. Akseleran memberikan layanan investasi yang mudah dan aman dengan kinerja investasi yang terukur dan keuntungan yang jelas.

Kembangkan Dana Sekaligus Berikan Kontribusi Untuk Ekonomi Nasional dengan Melakukan Pendanaan Untuk UKM Bersama Akseleran!

Bagi kamu yang igin membantu mengembangkan usaha kecil dan menengah di Indonesia, P2P Lending dari Akseleran adalah tempatnya. Akseleran menawarkan kesempatan pengembangan dana yang optimal dengan bunga rata-rata hingga 10,5% per tahun dan menggunakan proteksi asuransi 99% dari pokok pinjaman. Tentunya, semua itu dapat kamu mulai hanya dengan Rp100 ribu saja.

BLOG100

Yuk! Gunakan kode promo BLOG100 saat mendaftar untuk memulai pengembangan dana awalmu bersama Akseleran. Untuk pertanyaan lebih lanjut dapat menghubungi Customer Service Akseleran di (021) 5091-6006 atau email ke [email protected].