Soshum Adalah : Pengertian, Jurusan dan Prospek Kerja

0
1229
Soshum Adalah

Secara umum, ada 3 bidang keilmuan utama yang nantinya berkembang menjadi beberapa bidang keilmuan lain yaitu Bahasa, Ilmu Pengetahuan Alam (IPA), dan Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS). Inilah mengapa ketika menempuh jenjang sekolah menengah, para siswa diarahkan untuk mulai menentukan minat mereka.

Hal ini perlu dilakukan agar ketika berkuliah nanti, para pelajar paham jurusan apa yang dipilih dan dipelajari selama 4 tahun ke depan. Di antara jurusan kuliah yang ada, soshum atau Sosial Humaniora termasuk salah satu yang banyak diminati pelajar begitu mereka lulus. 

Mengenal Soshum

Soshum adalah kelompok program studi yang dikembangkan menjadi beberapa jurusan di universitas. Soshum sendiri merupakan rumpun pendidikan yang berakar pada IPS. Jadi jangan heran apabila pelajar SMA lulusan jurusan IPS banyak yang mengambil program studi dari kelompok bidang keilmuan soshum.

Secara umum, soshum merupakan bidang keilmuan yang membahas tentang manusia dan kehidupan sosial mereka. Bisa dibilang, lingkup pembelajaran bidang keilmuan ini sangat luas. Inilah mengapa lulusan soshum cenderung mudah mencari pekerjaan karena hampir setiap lini membutuhkan lulusan program studi soshum.

Di jenjang SMA, lingkup pendidikan soshum berkutat pada pembelajaran soal sejarah, bahasa, ekonomi, geografi, dan matematika sosial. Begitu kuliah, kita akan mempelajari masing-masing bidang secara lebih dalam dan menerima materi yang lebih bervariasi lagi.

Daftar Jurusan di Soshum

Agar lebih memahami tentang bidang keilmuan ini, mari kita bahas beberapa jurusan yang masuk ke dalam kelompok studi soshum.

1. Jurusan Ekonomi

Secara bahasa, Jurusan Ekonomi merupakan ilmu yang mempelajari segala perilaku manusia dalam menciptakan kemakmuran. Dalam praktiknya, Jurusan Ekonomi terbagi ke dalam beberapa kelompok yaitu Teori Ekonomi, Ilmu Ekonomi Terapan, dan Ilmu Ekonomi Deskriptif. 

Inilah mengapa di beberapa universitas, Jurusan Ekonomi dibagi menjadi sejumlah program studi seperti Akuntansi, Manajemen Keuangan, Ekonomi Syariah, Perbankan, dan lain sebagainya. Jadi bisa dibayangkan bukan betapa luasnya potensi pekerjaan yang bisa diperoleh mahasiswa soshum dari Jurusan Ekonomi?

2. Jurusan Ilmu Sosial dan Ilmu Politik

Pada Jurusan Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, mahasiswa akan belajar banyak hal tentang hubungan sosial dengan manusia lain, ilmu Sosiologi, Antropologi, Sejarah, dan sistem politik dalam maupun luar negeri. Lingkup keilmuan tersebut membuat lulusan Jurusan Ilmu Sosial dan Ilmu Politik memiliki kesempatan karir cukup luas. 

Jurusan Ilmu Sosial dan Ilmu Politik sendiri termasuk populer di kalangan pelajar. Inilah mengapa kita bisa menemukan jurusan ini di hampir seluruh universitas yang ada di Indonesia.

3. Jurusan Komunikasi

Bidang keilmuan lain yang cukup populer dalam bidang keilmuan soshum adalah, Jurusan Komunikasi. Secara teknis, ilmu komunikasi mempelajari perilaku manusia dalam berinteraksi dan berkomunikasi baik secara verbal maupun nonverbal dengan manusia lainnya. 

Dalam praktiknya, lulusan Jurusan Komunikasi diharapkan memiliki kemampuan komunikasi yang baik, bersifat persuasif, dan cukup artikulatif. Di universitas, Jurusan Komunikasi berkembang menjadi beberapa program studi seperti Jurnalistik, Komunikasi Massa, Bahasa dan Sastra Indonesia, Psikologi, dan Hubungan Internasional.

Baca juga: Unsur, Fungsi dan Tujuan dalam Komunikasi Bisnis

4. Hukum

Jurusan selanjutnya yang termasuk dalam bidang keilmuan soshum adalah Jurusan Hukum. Secara umum, Hukum merupakan ilmu yang mempelajari manusia dan hubungannya dengan aturan atau norma di lingkungan sosial baik secara teori maupun praktik. Beberapa program studi yang termasuk dalam bidang keilmuan Hukum adalah, Kenotariatan, Advokat, Legal Studies, hingga Hukum Islam atau Syariat.

Prospek Kerja Soshum

Berdasarkan ulasan di atas, beberapa prospek kerja bidang keilmuan soshum adalah:

  1. Ahli Ekonomi
  2. Akuntan
  3. Banker
  4. Manajer Keuangan
  5. Politikus
  6. Sejarawan
  7. Sosiolog
  8. Arkeolog
  9. Psikolog
  10. Wartawan
  11. Presenter Berita
  12. Reporter
  13. Kolumnis
  14. Psikolog
  15. Konsulat
  16. Diplomat
  17. Atase Luar Negeri
  18. Pengacara
  19. Hakim
  20. Notaris
  21. dsb

Bagaimana, tertarik untuk belajar lebih banyak tentang soshum dan bidang keilmuan di dalamnya? 

Berdasarkan ulasan di atas dapat disimpulkan bahwa bidang keilmuan soshum adalah salah satu yang cukup beragam dengan spektrum variatif. Tidak heran apabila sebelumnya disebut, bahwa bidang keilmuan ini cukup populer di kalangan pelajar sebelum mereka menentukan jurusan.

Semoga bermanfaat.

Kembangkan Dana Sekaligus Berikan Kontribusi Untuk Ekonomi Nasional dengan Melakukan Pendanaan Untuk UKM Bersama Akseleran!

Bagi kamu yang ingin membantu mengembangkan usaha kecil dan menengah di Indonesia, P2P Lending dari Akseleran adalah tempatnya. Akseleran menawarkan kesempatan pengembangan dana yang optimal dengan bunga rata-rata hingga 10,5% per tahun dan menggunakan proteksi asuransi 99% dari pokok pinjaman. Tentunya, semua itu dapat kamu mulai hanya dengan Rp100 ribu saja.

BLOG100

Yuk! Gunakan kode promo BLOG100 saat mendaftar untuk memulai pengembangan dana awalmu bersama Akseleran. Untuk pertanyaan lebih lanjut dapat menghubungi Customer Service Akseleran di (021) 5091-6006 atau email ke [email protected]