Unsur, Fungsi dan Tujuan dalam Komunikasi Bisnis

1
23867
Komunikasi Bisnis

Komunikasi bisnis adalah salah satu aspek yang penting dalam menjalankan suatu bisnis antara satu perusahaan dan perusahaan lainnya. Komunikasi bisnis ini juga dapat diartikan sebagai komunikasi bisnis yang dilakukan secara verbal dan non verbal. Dimana komunikasi tersebut memiliki isi seperti pendapat, ide, gagasan maupun informasi penting lainnya.

Dalam aktivitas komunikasi bisnis tentu terjadi secara terus menerus dan berkesinambungan karena hal tersebut memang dapat membantu menentukan proses pengambilan sebuah keputusan pada suatu bisnis.

Beberapa Unsur yang Ada dalam Komunikasi Bisnis

Untuk memahami komunikasi yang baik diperlukan 5 W dan 1 H seperti :

  • Komunikator = who sebagai komunikator, sumber dan pengirim.
  • Pesan = says what sebagai pesan
  • Media = in which channel sebagai channel dan medianya.
  • Komunikan = to whom sebagai komunikan dan penerima
  • Efek sebagai efek dan impact dari komunikasi yang dilakukan.

Dalam aktivitas komunikasi pada kegiatan bisnis harus memiliki beberapa unsur-unsur di dalamnya. Beberapa unsur yang harus ada yaitu seperti :

  • Memiliki tujuan karena komunikasi sendiri memiliki tujuan yang sudah ditentukan sejak awal dan sejalan dengan tujuan organisasinya.
  • Terdapat pertukaran dimana dapat melibatkan dua pihak atau dua orang (komunikator dan komunikan)
  • Berisi sebuah informasi, gagasan, opini serta instruksi yang isinya adalah pesan dalam komunikasinya yang setiap pesannya itu juga beragam menyesuaikan situasi, kondisi dan tujuannya.
  • Menggunakan saluran personal maupun impersonal maksudnya komunikasi dapat dilakukan dengan bertemu secara tatap muka atau memanfaatkan media khusus atau juga media massa yang dapat menjangkau orang banyak.
  • Menggunakan simbol atau sebuah sinyal maksudnya adalah metode atau alat yang digunakan untuk melakukan komunikasi sehingga dapat dimengerti oleh penerima.
  • Pencapaian target atau tujuan organisasi dimana tujuan itu sudah ditetapkan sebelumnya oleh pihak manajemen.

Tujuan adanya Komunikasi Bisnis

Umumnya tujuan komunikasi bisnis yaitu memberi informasi atau informing, persuasi atau persuading dan melakukan kolaborasi atau collaborating dengan pelanggan. Namun, masing-masing dari tujuan tersebut memiliki penjelasan lebih lengkap seperti di bawah ini :

  • Memberikan Sebuah Informasi (Informing)

Informasi yang dimaksud di sini adalah informasi yang memiliki kaitan bersama aktivitas dengan berbagai pihak. Contohnya, seorang sales yang ingin meningkatkan target pencapaiannya, maka ia akan berusaha untuk memasang iklan di berbagai media.

Masing-masing media ini memiliki kelebihan serta kekurangan, baik itu dari sisi biayanya maupun dari sisi impact yang didapat. Cara penyampaian informasi dalam setiap media juga dapat menjadi sebuah faktor penentu keberhasilan iklan tersebut.

  • Melakukan Persuasi (Persuading)

Persuasi adalah cara terbaik untuk melakukan komunikasi yang dapat digunakan saat ingin mempengaruhi dan meyakinkan orang lain. Persuasi juga sering dilakukan dalam aktivitas pemasaran agar dapat mempengaruhi orang untuk membeli sebuah produk atau juga dalam penegasan saat melakukan konfirmasi pesanan konsumen agar tidak terjadi kesalahan dalam pemesanan.

  • Melakukan Kolaborasi (Collaborating)

Kolaborasi merupakan satu bentuk kerjasama dan interaksi pihak-pihak yang terlibat secara langsung dan tidak langsung yang dapat menerima akibat dan manfaat. Adanya komunikasi inilah yang membuat kerjasama bisnis dapat dilakukan dengan lebih mudah.

Komunikasi bisnis ini dapat dilakukan dengan berbagai media contohnya melalui telepon, email dan berbagai media lainnya.

Baca juga: Kolaborasi dengan OK OCE, Akseleran Ingin Bantu Lebih Banyak UKM

Fungsi dalam Komunikasi Bisnis

  • Fungsi Informatif

Pada hal ini fungsi informatif dapat digunakan oleh para karyawan agar dapat melakukan pekerjaan serta tugas-tugas mereka dengan lebih efektif dan efisien. Informasi yang dibutuhkan terkait beberapa hal dapat menyangkut hal-hal seperti yang berhubungan dengan pekerjaan (tujuan, prosedur serta peraturan lainnya), standar kerja dan laba perusahaan dan sosio emotional perusahaan secara umum.

  • Fungsi Regulatory

Komunikasi memiliki fungsi sebagai alat untuk mengendalikan serta mengatur jalannya sebuah organisasi. Bentuk komunikasi pada fungsi ini bisa berupa perintah dan juga laporan.

  • Fungsi Persuasif

Fungsi persuasif ini dapat berlangsung saat terjadi komunikasi serta interaksi antar karyawan, tujuan komunikasi ini adalah agar satu dan lainnya dapat saling menerima masukan atau ide dari yang lainnya.

  • Fungsi Integratif

Integrasi yang terjadi dalam sebuah perusahaan ini akan membuat perusahaan tersebut dapat saling beroperasi secara terpadu dan utuh. Hal tersebut dapat dilakukan apabila komunikasi yang terjadi di perusahaan dapat berjalan dengan baik.

Itulah pembahasan terkait komunikasi bisnis mulai dari definisi dari komunikasi bisnis, tujuan serta unsur di dalamnya serta fungsi dari komunikasi itu sendiri. Ingat! Setiap bisnis memerlukan sebuah strategi komunikasi bisnis yang efektif dan efisien yang dapat diterapkan pada setiap karyawannya. 

Karenanya dengan pemahaman komunikasi yang baik, maka kerjasama bisnis yang dijalani tentu akan lebih efektif dan efisien.

Ajukan Pinjaman Sekarang dan Dapatkan Kemudahan Pinjaman Modal Usaha di Akseleran!

Dapatkan pinjaman dengan bunga kompetitif dan kemudahan proses pengajuan. Ajukan pinjaman untuk mengembangkan usahamu sekarang. Akseleran juga sudah terdaftar resmi di Otoritas Jasa Keuangan (OJK) sehingga proses transaksi yang kamu lakukan jadi lebih aman dan terjamin.

pinjaman modal usaha

Untuk kamu yang tertarik mengenai pendanaan atau pinjaman langsung bisa juga menghubungi (021) 5091-6006 atau bisa via email [email protected].

1 COMMENT

Comments are closed.