Sorot Kinerja SDM di Tengah Pandemi Covid-19

0
649

“Semua terungkap tanpa batas di Kata Akseleran episode 18”

Klaster perkantoran semakin disoroti atas berkembanganya kasus Covid-19 di kalangan karyawan. Lalu bagaimana sesungguhnya untuk menjaga performa bagi setiap karyawan agar tetap memberikan kontribusi yang baik dan tetap sehat di masa pandemi seperti sekarang ini?

Bersama Rimba Laut selaku Senior Vice President Corporate Communication Akseleran akan mengupas rahasia performa Sumber Daya Manusia (SDM) Akseleran di tengah Covid-19 dengan narasumber Kezia Napitupulu selaku Head of HCGA Akseleran pada program tayangan Kata Akseleran Episode 18 dengan judul Performa SDM di Tengah Covid-19 berikut ini:

1. Perbedaan mencolok dari sebelum pandemi hingga saat ini sedang menghadapi pandemi?
Perbedaan paling mencolok pasti mengenai interaksi dengan karyawan-karyawan lain, karena jika selama ini ketika bekerja di kantor sesama karyawan bisa interaksi langsung tetapi karena adanya pandemi Covid-19 hanya bisa dilakukan secara virtual baik formal maupun informal.

Pertemuan atau meeting formal yang dimaksud adalah seperti meeting atau diskusi selama pandemi Covid-19 dilakukan secara virtual. Lalu pertemuan informal misalnya ingin bertanya atau mengobrol dengan teman kerja atau bahkan mengucapkan selamat ulang tahun sesama karyawan lalu tiup lilin yang sebelumnya dilakukan dengan mengunjungi meja teman, tetapi saat ini hanya bisa secara virtual. Kedua hal itulah yang sangat mencolok perbedaannya.

Ditambah lagi, yang biasanya makan siang bareng karena di Akseleran disediakan makan siang bagi setiap karyawan dan di meja makan selalu ramai, tetapi sekarang hanya makan di rumah masing-masing.

2. Langkah strategis HC & GA bagi karyawan di tengah pandemi?
Di masa pandemi Covid-19 seperti sekarang ini, hal yang paling utama atau paling kuat yang dialami setiap orang adalah rasa khawatir atau cemas atas adanya Covid-19. Sementara dari sisi karyawan mungkin akan bertanya-tanya perihal kondisi saat ini dampaknya apa ya terhadap Akseleran? Perusahaannya akan tetap berjalan atau tidak ya? Lalu kita akan tetap bekerja di Akseleran atau tidak ya? Nah, rasa khawatir itupun tentu muncul di benak karyawan. Belum lagi jika kerja dari rumah harus membagi waktu dengan membantu orang rumah, karena pasti akan ada saja aktivitas yang akan mengganggu fokus karyawan saat work from home.

Menjawab pertanyaan-pertanyaan atau rasa khawatir karyawan, Akseleran terus melakukan komunikasi dengan cara mengadakan town hall meeting seluruh karyawan yang disampaikan oleh manajemen, baik disampaikan terkait pencapaian Akseleran, tantangan terbesar Akseleran dan solusi-solusi dari manajemen dalam menghadapi kondisi seperti sekarang. Hal itu membuat karyawan menjadi tenang dan tidak khawatir karena semua sudah dijelaskan secara jelas oleh manajemen.

Kemudian aktivitas berkumpul dengan teman kerja sebagai penghilang penat seperti main bareng atau makan siang bareng yang tidak melulu membicarakan soal kerjaan, saat ini sudah tidak bisa dilakukan karena kita semua bekerja dari rumah. Dari situ, tim HCGA memikirkan bagaimana caranya agar tetap bisa melakukan hal serupa meski bekerja dari rumah? Maka saat ini tim HCGA melakukan engagement activity minimal 1 bulan sekali, baik sharing pengetahuan maupun hal lainnya yang tidak melulu soal kerjaan.

Contoh yang pernah Akseleran lakukan adalah acara buka puasa bersama secara virtual dan perayaan 17 Agustus. Namun yang berbeda pada perayaan tersebut yang biasanya diakhiri dengan makan-makan bersama tapi kali ini tidak, namun hanya makan di rumah masing-masing. Meski demikian, perlombaan dan kuis-kuis serta hadiah-hadiah tetap ada.

Baca Juga:
Rahasia Sukses Akseleran Tekan NPL di Bawah 0,3%
Kenali 33 Fintech Lending Berizin OJK dari 157 yang terdaftar
Punya Uang Lebih, Pilih Ditabung atau Diinvestasikan?

3. Mengenai rapid test bagi karyawan, bagaimana di Akseleran?
Secara reguler Akseleran sudah mengadakan rapid test kepada karyawan sebanyak 2x. Tetapi rapid test ini tidak bisa diberikan kepada seluruh karyawan mengingat Akseleran kondisinya 100% bekerja dari rumah. Sehingga yang diutamakan melakukan rapid test adalah karyawan yang pekerjaannya mengharuskan untuk mobile. Di sisi lain, Akseleran pun menerapkan protokol kesehatan ketat, yang mana jika ada karyawan yang ingin ke kantor tidak diperkenankan menggunakan kendaraan umum.

4. Jika pandemi ini terus berlangsung apa yang akan dijalani karyawan Akseleran?
Fokus Akseleran saat ini adalah bagaimana caranya karyawan Akseleran tetap sehat, tidak hanya karyawan tetapi keluarganya juga, maka pelaksanaan bekerja dari rumah pun tidak akan berhenti hingga September atau Oktober. Akseleran menjalani kegiatan bekerja dari rumah hingga benar-benar kasus Covid-19 menurun atau hingga vaksin telah ditemukan. Karena jika semakin banyak mobilitas di luar maka tingkat saling menulari akan tinggi. Misalkan terdapat karyawan yang ingin ke kantor, hanya untuk hal-hal yang mendesak dan tidak bisa dilakukan secara virtual. Misalkan butuh tanda tangan basah maka harus ketemu, tetapi jika seperti meeting atau pertemuan lainnya hanya dilakukan secara virtual. Sehingga Akseleran benar-benar meminimalisirkan keluar rumah bagi setiap karyawannya.

Kedua adalah bagaimana cara maintenance semangat karyawan hingga tahun depan? Misalnya membuat program-program seperti yang sudah dijalani selama ini yakni town hall meeting dan pengembangan skill atau pengetahuan yang dilakukan oleh tim HCGA maupun mengikuti webinar-webinar lainnya.

5. Bagaimana mencari karyawan baru yang terbaik di tengah pandemi?
Sebenarnya walaupun di masa pandemi Akseleran ada beberapa posisi yang dibutuhkan, tetapi bukan berarti di masa pandemi ini Akseleran menurunkan kualitas. Agar mendapatkan SDM yang berkualitas adalah tim HC sendiri harus paham proses bisnis di Akseleran seperti apa? Corporate Value yang dimiliki Akseleran seperti apa? Sehingga nantinya kita akan mendapatkan karyawan yang tidak hanya bagus dari teknikal skill tapi juga sesuai dengan corporate value Akseleran.

Kedua, Akseleran ingin meningkatkan program employee branding. Hal ini supaya para pencari kerja mengenal Akseleran perusahaan seperti apa? Lingkungan kerja di Akseleran seperti apa? Harapannya dengan hal ini makin jalani, nantinya tidak hanya semakin banyak aplikan yang melamar tapi juga yang melamar adalah orang-orang yang benar-benar ingin bekerja di Akseleran dan sesuai keinginannya. Berikutnya adalah meningkatkan skill interview kandidat.

6. Total karyawan saat ini dan akan tambah berapa hingga akhir tahun?
Saat ini total karyawan Akseleran sudah mencapai 158 orang. Hingga akhir tahun Akseleran belum ada angka yang pasti untuk mencari berapa lagi? Tetapi dengan kondisi sekarang ini,, fokus utamanya adalah bukan hanya rekrutmen tetapi bagaimana cara maintenance dengan meningkatkan skill dan knowledge karyawan supaya lebih adaptif dan gigih dalam menghadapi kondisi atas tantangan yang ada saat ini. Lalu membuat program agar tingkat turnover di Akseleran tidak tinggi, jadi kita mau optimalkan yang ada saat ini

Salah satu cara mengoptimalkan SDM yang ada adalah memberikan kesempatan karyawan untuk mengikuti webinar-webinar atau training secara virtual dengan berbagai macam topik dan materi. Terlebih di masa pandemi seperti sekarang ini biaya-biayanya pun affordable, sehingga hal ini sangat bagus untuk upgrade skill dan knowledge karyawan saat ini.

Daftar sekarang dan dapatkan imbal hasil hingga 21% per tahun di Akseleran

Akseleran memberikan saldo awal senilai Rp 100 ribu untuk pendaftar baru dengan menggunakan kode CORCOMMBLOG. Melakukan pendanaan di Akseleran juga sangat aman karena lebih dari 98% nilai portofolio pinjamannya memiliki agunan. Sehingga dapat menekan tingkat risiko yang ada. Akseleran juga sudah berizin dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dengan nomor surat KEP-122/D.05/2019 sehingga proses transaksi yang kamu lakukan jadi lebih aman dan terjamin.

Untuk kamu yang tertarik mengenai pendanaan atau pinjaman langsung bisa juga menghubungi (021) 5091-6006 atau bisa via email [email protected]