Apa itu ERP (Enterprise Resource Planning) dan Fungsinya

1
5671
enterprise resource planning

Tahukah Anda bahwa setiap pelaku usaha, baik perorangan maupun perusahaan memiliki tantangan yang berat untuk terus berkompetisi di dunia bisnis? Tidak hanya dituntut tetap kompetitif, melainkan juga fleksibel. Agar dapat bertahan di tengah persaingan, pebisnis dianjurkan menggunakan Enterprise Resource Planning (ERP).

Kendati tersedia software sebagai solusi mudah mengawasi jalannya bisnis, dalam memilih sistem ERP haruslah dilakukan secara matang. Oleh karena itu, ada baiknya untuk mengetahui apa itu ERP dan fungsinya terlebih dahulu.

Pengertian Enterprise Resource Planning

ERP disebut juga Perencanaan Sumber Daya Perusahaan. ERP merupakan suatu proses yang digunakan perusahaan untuk mengintegrasikan dan mengelola bagian penting dari bisnis yang dijalankan. Aplikasi ini membantu perusahaan merencanakan sumber daya dengan menggabungkan keseluruhan proses ke dalam satu sistem untuk menjalankan perusahaan. 

Tak heran jika ERP dianggap sebagai perekat yang mengikat sistem komputer berbeda untuk organisasi atau perusahaan besar. Tanpa aplikasi ERP, setiap departemen akan memiliki sistem yang dioptimalkan untuk tugas-tugas spesifiknya. Namun, dengan aplikasi ERP, semua sistem dapat diakses melalui satu aplikasi dengan satu halaman antarmuka. Aplikasi ERP juga memungkinkan berbagai departemen untuk berbagi informasi dan berkomunikasi dengan bagian perusahaan lain secara mudah. 

Enterprise Resource Planning memiliki sejumlah modul dan fitur, yakni keuangan, pengadaan, manufaktur, manajemen persediaan, manajemen pesanan, manajemen gudang, manajemen rantai pasokan, manajemen hubungan pelanggan, manajemen tenaga kerja, manajemen sumber daya manusia, otomatisasi layanan profesional, otomasi pemasaran, dan E-Niaga. Berbekal modul dan fitur tersebut, aplikasi ERP efektif membantu perusahaan menghubungkan informasi tentang keuangan, distribusi, produksi, dan sumber daya manusia secara bersamaan. Proses ini menggabungkan sistem pemantauan pesanan dengan stok barang, utang datang, dan database konsumen ke dalam satu sistem. 

Fungsi Enterprise Resource Planning

Perangkat lunak ERP menyediakan alat canggih yang dapat membantu Anda melakukan pekerjaan dengan lebih efisien. Meskipun ERP yang tersedia di pasaran bervariasi, baik kegunaan maupun fungsinya, secara umum Enterprise Resource Planning memiliki beberapa fungsi dasar, yakni:

  • Manajemen Akuntansi

Sistem ERP berfokus pada akuntansi. Pada perkembangannya, sistem ini menyediakan beragam opsi sehingga mengelola dan merencanakan keuangan makin mudah. Sistem ERP efektif membantu Anda menggabungkan perangkat lunak akuntansi lama dengan perangkat lunak terbaru. Alhasil, Anda bisa melakukan pelacakan data keuangan dari waktu ke waktu. Hal ini juga memungkinkan Anda mendapatkan data dan informasi secara mendalam. 

  • Manajemen Sumber Daya Manusia

Software ERP membantu Anda menggunakan data perusahaan untuk mengelola karyawan dengan lebih efektif. Melalui aplikasi ini, Anda bisa melacak waktu, mengukur kinerja dan efisiensi karyawan, merencanakan dan melakukan penggajian, dan memeriksa metrik untuk mengidentifikasi potensi masalah terkait SDM. Aplikasi ERP memungkinkan Anda menilai pertemuan kepemimpinan sekaligus evaluasi kinerja. Dengan memanfaatkan fungsionalitas SDM, perusahaan bisa mendapatkan hasil maksimal.  

Baca juga: Sorot Kinerja SDM di Tengah Pandemi Covid-19

  • Manajemen Hubungan Pelanggan

Fungsi dasar lainnya dari sistem ERP adalah membantu Anda mengelola hubungan dengan pelanggan. Dengan aplikasi ini, Anda bisa mengecek waktu yang dibutuhkan untuk memenuhi pesanan pelanggan. Tak hanya itu saja, perangkat lunak ERP juga dapat digunakan untuk membantu tim penjualan mencapai target yang telah ditetapkan. Mengingat hubungan dengan pelanggan menjadi salah satu kunci keberhasilan, sistem ERP dapat dijadikan sebagai solusi bagi perusahaan untuk menguasai pasar.

Kesimpulan Mengenai ERP

Dari penjelasan di atas dapat disimpulkan bahwa ERP memiliki beberapa manfaat yang efektif membantu perusahaan menjalankan bisnisnya. Beberapa manfaat ERP termasuk kemudahan mendapatkan sumber informasi, komunikasi ke seluruh area bisnis, dan laporan data real time yang akurat. Singkatnya, sistem ERP tidak hanya melancarkan kegiatan operasional, melainkan juga efektif mengurangi redudansi dan menghemat biaya operasional. 

Menariknya lagi, sistem ERP telah berkembang selama bertahun-tahun dari model perangkat lunak tradisional yang menggunakan server klien fisik ke perangkat lunak berbasis cloud yang menawarkan akses jarak jauh berbasis web.

Dengan segala kemudahan tersebut, tidak heran jika sistem ERP menjadi solusi terbaik untuk mengembangkan bisnis. Meskipun demikian, sistem Enterprise Resource Planning bisa menjadi tidak efektif jika perusahaan tidak menerapkannya dengan hati-hati. Oleh karena itu, sangat penting untuk merencanakan bisnis secara matang.

Selain Untuk Mengoptimalkan Bisnis, Jangan Lupa Kamu Juga Dapat Mengoptimalkan Dana Milikmu di Platform P2P Lending Akseleran!

Bagi kamu yang ingin membantu mengembangkan usaha kecil dan menengah di Indonesia, P2P Lending dari Akseleran adalah tempatnya. Akseleran menawarkan kesempatan pengembangan dana yang optimal dengan bunga rata-rata 12% per tahun dan menggunakan proteksi asuransi 99% dari pokok pinjaman. Tentunya, semua itu dapat kamu mulai hanya dengan Rp100 ribu saja.

BLOG100

Yuk! Gunakan kode promo BLOG100 saat mendaftar untuk memulai pengembangan dana awalmu bersama Akseleran. Untuk syarat dan ketentuan dapat menghubungi (021) 5091-6006 atau email ke [email protected]

1 COMMENT

Comments are closed.