Rupiah Melemah, Ini 5 Langkah Agar Keuanganmu Stabil!

0
1300
Rupiah Melemah

Per tanggal 17 September 2018 rupiah melemah di angka 14,857 per 1 USD, tentu ini angka yang cukup memprihatinkan mengingat ini angka terendah sejak presiden Joko Widodo menjabat. Bahkan jika melihat kembali ke belakang, memang nilai tukar rupiah ini merupakan yang terburuk sejak krisis moneter tahun 1998. Lalu, mungkinkah ini adalah situasi yang sama pada krisis yang terjadi 20 tahun lalu? Atau ini awal dari krisis moneter yang akan terjadi kembali?

Kita sebenarnya tidak bisa menyimpulkan bahwa Indonesia masuk ke dalam krisis moneter hanya dari satu indikator ekonomi, yaitu nilai tukar rupiah, tetapi kita tetap harus berusaha untuk mengembalikan nilai tukar rupiah ke level sebelumnya atau lebih baik.

Sebenarnya banyak langkah yang bisa kamu lakukan untuk membantu menekan kembali rupiah ke angka yang normal. Disini kita akan bahas langkah-langkah yang bisa kamu lakukan agar dapat menjaga rupiah kembali ke angka yang normal dan stabil kembali.

  • Beli Produk Lokal

Cara ini cukup efektif menekan angka rupiah melemah terlebih lagi untuk mengurangi penggunaan produk impor dan juga bisa memperkuat kembali rupiah, karena ketergantungan terhadap dolar atau mata uang asing lainnya bisa terkendali. Beberapa orang mungkin masih beranggapan jika produk asing kualitas barangnya lebih baik dibanding produk dalam negeri padahal jika kita jeli, justru kenyataannya itu sebaliknya. Banyak barang made in indonesia yang justru dipasarkan keluar negeri dan tentu dengan adanya pembelian produk dalam negeri akan membantu para pelaku usaha ukm atau umkm untuk semakin berkembang.

  • Perbanyak Transaksi Menggunakan Rupiah

Seperti yang kita ketahui bahwa sektor pariwisata adalah sektor yang dapat menghasilkan devisa yang cukup besar terutama di tempat-tempat yang sudah menjadi favorit bagi turis atau wisatawan asing yang datang mengunjungi Indonesia seperti Bali, Jogjakarta atau tempat favorit wisata asing lainnya.

jika pemerintah mendorong regulasi terkait penggunaan mata uang rupiah oleh para wisatawan asing ketika mereka berkunjung ke Indonesia, maka hal tersebut akan sangat membantu untuk membantu memperkuat nilai tukar rupiah.

  • Jangan Mengambil Keuntungan

Dengan semakin kuatnya dolar ini akan membuat sebagian dari spekulan untuk berbondong-bondong menukarkan rupiahnya menjadi dolar hanya dengan harapan mendapat keuntungan lebih. Padahal , jika kita lakukan hal tersebut maka nilai tukar rupiah akan semakin jatuh. Karena itu perlu diingat apabila kamu ingin mencari keuntungan, sebagai warga negara Indonesia yang baik, sebaiknya kamu menggunakan strategi lainnya selain menukar rupiah ke dolar. .

  • Untuk yang Berlebih, Sisihkan Sebagian

Untuk sebagian orang yang memiliki dana lebih dari cukup biasanya pasti memiliki dolar dalam portofolio keuangannya. Penyimpanan mata uang dolar ini merupakan suatu bentuk diversifikasi investasi yang mereka lakukan. Dengan melemahnya nilai tukar rupiah dan meningkatnya nilai tukar dolar maka akan menjadi momentum untuk mereka yang memiliki dolar.  Kita semua dapat membantu meningkatkan nilai tukar rupiah dengan cara sederhana, yaitu dengan menukar dolar yang dimiliki dengan rupiah.

Setelah menukar dolar tersebut kamu bisa tetap mendapatkan keuntungan dengan mengarahkan dana kamu ke instrumen investasi lainnya.

Baca Juga : 5 Cara Memulai Investasi Dengan Mudah

  • Rupiah Melemah? Mulai Investasi!

Seperti yang sudah dibahas sedikit di poin sebelumnya jika untuk mengurangi permasalahan dari rupiah melemah kamu bisa melakukan investasi dengan beberapa instrumen keuangan, yang bisa menjadi solusi dalam menghadapi krisis.

Walaupun rupiah melemah, jika kamu sudah melakukan langkah-langkah diatas setidaknya kamu dapat berperan membantu meningkatkan nilai tukar rupiah sekaligus mempersiapkan masa depan finansial kamu.

Bantu Ekonomi dengan Mendanai UKM di Indonesia Melalui P2P Lending Akseleran!

Kamu bisa membantu perekonomian Indonesia dengan mendanai UKM melalui platform P2P Lending. Di sini, kamu bisa mendapatkan bunga dari pendanaanmu hingga 21% per tahun! Mulai pendanaan awalmu secara online dengan dana awal minimal Rp100 ribu saja!

Khusus untuk calon lender (pemberi dana) baru, kamu bisa gunakan kode promo BLOG100 saat mendaftar dan langsung mendapatkan saldo Rp100 ribu untuk mencoba platform P2P Lending.

Akseleran baru saja meluncurkan aplikasi mobile yang sudah dapat diunduh oleh para pengguna Android dan iOS. Dengan aplikasi ini, memberikan dana maupun mengajukan pinjaman jadi gampang.

BLOG100

Akseleran Apps

Untuk kamu yang tertarik mengenai pendanaan atau pinjaman langsung bisa juga menghubungi (021) 5091-6006 atau bisa via email [email protected]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here