Jadi, Lebih Penting Mana Dulu Rumah atau Mobil?

0
463
Rumah Atau Mobil

Pembahasan kali ini mungkin adalah pembahasan yang paling sering dijadikan perdebatan diantara manakah aset yang harus dimiliki terlebih dahulu. Ya, rumah atau mobil memang masing-masing memiliki keunggulan yang berbeda, hal tersebut juga disesuaikan kembali dengan kebutuhan dari orang itu sendiri. 

Rumah memang salah satu kebutuhan primer untuk banyak orang yang dapat dijadikan tempat tinggal baik itu secara pribadi atau keluarga. Sedangkan mobil merupakan aset yang dapat digunakan untuk kebutuhan mendukung mobilitas kegiatanmu sehari-hari. Tapi, ini kembali lagi tergantung kondisi keuangan serta kebutuhanmu. 

Karena itu, di bawah kita akan membahas mana sih yang sebaiknya harus diprioritaskan terlebih dahulu?

Mana Prioritas Terlebih Dahulu, Rumah atau Mobil?

Mungkin untuk kamu yang masih belum berkeluarga mobil menjadi pilihan paling masuk akal karena dapat menunjang mobilitas kegiatan kamu. Lain halnya apabila kamu yang sudah memiliki pasangan dan memiliki rencana ke depan tentunya rumah menjadi pilihan yang lebih masuk akal.

Sebenarnya apabila pendapatan yang kamu miliki sendiri atau dengan pasangan mencukupi mungkin kamu dapat mencicil secara bersamaan. Namun, risiko ini terlalu besar apabila kamu tidak mempersiapkan dana tabungan, dana darurat ataupun dana pendidikan anak. Sehingga dana yang dimiliki hanya berfokus kepada rumah atau mobil saja.

Keuntungan Memilih Rumah

  • Dapat Dijadikan Investasi

Tidak seperti mobil, memilih rumah sebagai asetmu maka dapat dijadikan investasi jangka panjang karena didukung oleh harga rumah yang setiap tahunnya selalu meningkat. Karena itu, kelebihan yang satu inilah membuat orang memilih rumah sebagai salah satu investasi jangka panjang pilihannya.

  • Dapat Diwariskan

Memilih rumah sebagai aset milikmu juga dapat memiliki keunggulan yang satu ini, dengan mewariskan sampai beberapa turunan dan harganya juga terus meningkat. Mungkin apabila kamu tidak melakukan perawatan atau renovasi sedikit akan terlihat usang, tetapi dengan perawatan yang berkala tentu akan lebih bagus dan memiliki nilai jual yang lebih tinggi.

  • Rumah Kebutuhan yang Primer

Ingat rumah merupakan kebutuhan yang primer jadi pastikan kamu dapat mengelola keuangan dengan lebih baik sehingga dapat membeli sebuah rumah impian untuk ditinggali.

Baca juga: 7 Langkah Tepat Untuk Memulai Investasi Rumah Pilihanmu!

Keuntungan Memilih Mobil

  • Dapat Digunakan Untuk Mendukung Mobilitas

Keuntungan paling terlihat saat memilih mobil sebagai aset pilihanmu adalah dapat mempermudah kamu saat melakukan perjalanan ke lokasi yang dituju, tanpa kesulitan saat mencari transportasi umum. 

Selain itu, dengan memiliki kendaraan pribadi juga dapat digunakan untuk kebutuhan seperti mudik atau liburan sehingga kamu tidak perlu kebingungan saat mencari tiket pada peak season.

  • Dapat Dijadikan Sebagai Usaha Transportasi

Dengan memiliki kendaraan pribadi sendiri kamu dapat memanfaatkannya dengan menjadikan mobil tersebut sebagai transportasi online. Ya, usaha yang satu ini cukup menjanjikan untuk dijalani selain fleksibilitasnya menjadi taksi online ini cukup menguntungkan loh.

Bagaimana sekarang sudah terlihat kan baik itu rumah atau mobil sama-sama memiliki keunggulannya masing-masing. Apapun pilihannya semua disesuaikan dengan kebutuhanmu, bukan keinginanmu. Apakah rumah atau mobil yang menjadi prioritas serta kebutuhanmu, namun satu hal yang harus selalu diingat bahwa jangan mengambil keputusan hanya berdasarkan keinginan karena keinginan itu tidak akan ada habisnya.

Semoga pembahasan rumah atau mobil di atas menambah referensi rencana pembelian asetmu di masa depan ya. Pastikan untuk mempersiapkannya dengan matang agar kondisi keuangan yang kamu miliki tetap terjaga. 

Kembangkan Dana Sekaligus Berikan Kontribusi Untuk Ekonomi Nasional dengan Melakukan Pendanaan Untuk UKM Bersama Akseleran!

Bagi kamu yang ingin membantu mengembangkan usaha kecil dan menengah di Indonesia, P2P Lending dari Akseleran adalah tempatnya. Sebagai platform pengembangan dana yang optimal dengan bunga hingga 16% per tahun kamu dapat memulainya hanya dengan Rp100 ribu saja.

Yuk! Gunakan kode promo BLOG100 saat mendaftar untuk memulai pengembangan dana awalmu bersama Akseleran. Untuk syarat dan ketentuan dapat menghubungi (021) 5091-6006 atau email ke [email protected]