Apa Itu Proxy : Definisi, Jenis, Hingga Cara Kerja

0
1770
Proxy Adalah

Proxy adalah sebuah istilah umum terkait keamanan saat seseorang mengakses internet. Namun, masih banyak yang menganggap bahwa istilah teknis ini hanya menjadi urusan mereka yang berkutat di bidang IT secara profesional maupun mereka yang tertarik dalam dunia IT dan keamanan jaringan. Padahal sebagai pengguna internet sehari-hari, kamu justru perlu mengetahui proxy—setidaknya hal-hal yang mendasar.

Definisi Proxy

Membagi informasi pribadi di ranah publik—termasuk dunia digital—adalah hal yang sangat tidak disarankan. Kamu tentu sudah melihat banyak kasus dan dampak negatif yang terjadi terkait hal ini.

Namun, jangan berpikir bahwa informasi identitas asli hanya mencakup KTP, SIM, Kartu Keluarga, dan sebagainya. Tanpa kamu sadari, alamat IP (Internet Protocol) yang pasti selalu kamu peroleh saat terhubung ke internet juga menjadi bagian dari informasi yang bisa dilacak dan menguak hal-hal lainnya tentang kamu.

Pada dasarnya ketika melakukan aktivitas online, kamu harus terlebih dahulu terkoneksi dalam sebuah jaringan internet. Begitu sudah terkoneksi, perangkat (hp, laptop, tablet, atau komputer) yang kamu gunakan akan memperoleh IP. ISP, router, atau server yang digunakan untuk mendistribusikan internet tersebut pun akan mendapat info mengenai lokasimu, jenis perangkat yang kamu gunakan, hingga informasi tentangmu lainnya. 

Kalau koneksi internet tersebut dikelola oleh orang yang tidak bertanggung jawab dan dia berhasil mendapatkan informasi tersebut, tentu berbahaya. Nah, disinilah proxy berperan.

Proxy adalah sebuah sistem yang menjadi jembatan atau penengah antara kamu sebagai pengguna dan jaringan internet dan bertujuan untuk menyembunyikan identitas asli pengguna. Dengan demikian, alamat IP yang terbaca di internet bukanlah alamat IP aslimu, melainkan alamat IP proxy server.

Proxy pun membutuhkan server untuk dapat menjalankan tugasnya yang disebut proxy server. Proxy server adalah alat atau komputer yang menyediakan layanan proxy dan bertugas melakukan proses permintaan untuk menggunakan proxy.

blog100

Jenis-Jenis Proxy

Berdasarkan cara kerjanya, ada empat jenis proxy, yakni transparent proxy, anonymous proxy, distorting proxy, dan high anonymity proxy.

Transparent Proxy

Jenis proxy ini pun tetap menginformasikan pada penyedia konten dan internet bahwa koneksi yang digunakan adalah proxy server dan tetap dapat meneruskan informasi IP-mu.

Anonymous Proxy

Berkebalikan dari sebelumnya, anonymous proxy adalah jenis proxy yang tetap mengidentifikasi dirinya sebagai proxy, tetapi tidak memberikan informasi mengenai alamat IP aslimu.

infografis proxy adalah

Distorting Proxy

Distorting proxy mengidentifikasi dirinya sebagai proxy server, tetapi alamat IP yang diberikan pada web penyedia konten berbeda dari alamat IP asli yang kamu gunakan.

High Anonymity 

Jenis proxy ini akan menyembunyikan alamat IP asli milikmu sekaligus menyembunyikan identitas proxy server sehingga web hanya melihatnya sebagai alamat IP acak.

Baca juga: Cracking Adalah: Pengertian, Dampak, dan Cara Mengatasinya

Cara Kerja Proxy

Umumnya letak sebuah proxy adalah di antara komputer lokal (perangkat yang kamu gunakan) dan jaringan internet. Jika kamu tidak menggunakan proxy server, maka segala informasi dari perangkat yang kamu gunakan langsung diteruskan ke router milik ISP, baru diteruskan lagi ke server web yang kamu tuju.

Kalau menggunakan proxy server, maka perangkatmu akan mengirim permintaan pada proxy server terlebih dahulu. Setelah data-datanya sudah diubah sesuai pengaturan (jenis) proxy yang digunakan, permintaan dan data-data yang sudah dimodifikasi diteruskan ke server web tujuan.

Untuk mengaktifkan proxy, kamu tidak harus memerlukan bantuan orang lain. Tiap perangkat sudah memiliki opsi untuk pengaturan proxy sehingga kamu hanya perlu mengaktifkan dan melakukan pengaturan sesuai preferensi.

  • Windows : Network and Internet > Proxy Settings > masukkan alamat IP proxy server yang mau dipakai
  • Mac : Apple > System Preferences > Network > pilih layanan jaringan > Advanced  > Proxies

Perbedaan Proxy dan VPN

Sebagian orang menganggap bahwa proxy dan VPN adalah sama. Namun sebenarnya, keduanya adalah hal berbeda meski memiliki kemiripan. Baik proxy maupun VPN memang sama-sama bekerja dengan cara menyembunyikan data asli. 

Namun, cakupan menjadi perbedaan proxy dan VPN. Proxy mengamankan atau bekerja per aplikasi, sedangkan VPN mengamankan seluruh trafik jaringan. Maka dari itu, VPN masih menjadi opsi yang lebih aman untuk menggunakan internet karena menggunakan sebuah tunnel khusus yang terenkripsi.Proxy adalah salah satu sistem keamanan yang perlu kamu perhatikan saat menjelajahi internet karena dapat memberi perlindungan terhadap data-data personal tidak terlihat dan dibagikan tanpa disadari. Dengan mengaktifkan proxy, aktivitas browsing di internet pun selangkah lebih aman.

Kembangkan Dana Sekaligus Berikan Kontribusi Untuk Ekonomi Nasional dengan Melakukan Pendanaan Untuk UKM Bersama Akseleran!

Bagi kamu yang igin membantu mengembangkan usaha kecil dan menengah di Indonesia, P2P Lending dari Akseleran adalah tempatnya. Akseleran menawarkan kesempatan pengembangan dana yang optimal dengan bunga rata-rata hingga 10,5% per tahun dan menggunakan proteksi asuransi 99% dari pokok pinjaman. Tentunya, semua itu dapat kamu mulai hanya dengan Rp100 ribu saja.

BLOG100

Yuk! Gunakan kode promo BLOG100 saat mendaftar untuk memulai pengembangan dana awalmu bersama Akseleran. Untuk pertanyaan lebih lanjut dapat menghubungi Customer Service Akseleran di (021) 5091-6006 atau email ke [email protected].