Pinjaman Modal Usaha Sebagai Solusi untuk UMKM Indonesia

0
209
Pinjaman Modal Usaha

Modal usaha merupakan elemen yang penting dalam membangun sebuah bisnis. Dengan modal usaha, pelaku bisnis bisa membeli bahan baku, melakukan kegiatan operasional, menjalankan riset yang akurat, dan mengembangkan produk yang lebih unggul daripada merek lain.

Bukan hanya usaha berskala besar, modal usaha juga sangat diperlukan oleh usaha mikro kecil dan menengah (UMKM). Sebagian pelaku UMKM terkendala dengan modal walaupun memiliki ide bisnis yang menjanjikan. Hal ini bisa diatasi dengan pinjaman modal usaha.

Perkembangan UMKM di Indonesia

Pertumbuhan UMKM di Indonesia dari waktu ke waktu semakin pesat. Bahkan, UMKM disebut sebagai penggerak roda perekonomian masyarakat terutama kelas menengah ke bawah. Pada 2021, jumlah UMKM di Indonesia mencapai sebanyak 64,2 juta. UMKM juga berkontribusi terhadap pertumbuhan ekonomi negara.

Keberadaan UMKM sangat berdampak, terutama dalam menyerap tenaga kerja. UMKM dapat menampung tenaga kerja mulai dari yang berpendidikan rendah sehingga tingkat pengangguran bisa diatasi. Selain itu, masyarakat lokal lebih produktif dan bisa mencapai tingkat kesejahteraan yang lebih baik.

Apa Itu Pinjaman Modal Usaha?

Pinjaman modal usaha merupakan solusi bagi UMKM yang tidak memiliki modal sendiri. Untuk menjalankan suatu bisnis, peran modal usaha tidak bisa diabaikan. Walaupun demikian, besar modal usaha bersifat relatif tergantung skala bisnis yang dikelola.

Sumber pinjaman modal usaha bisa berasal dari bank, lembaga pemberi pinjaman, P2P lending, koperasi, pegadaian, atau pun investor perorangan. Ada pinjaman yang membutuhkan agunan, ada pula yang tidak menggunakan agunan. Nilai pinjaman biasanya berdasarkan nilai agunan atau penilaian dari pihak pemberi pinjaman.

Tips Mengajukan Pinjaman Modal Usaha

Pelaku UMKM yang membutuhkan pinjaman modal usaha tidak perlu khawatir. Dengan memenuhi persyaratan yang diperlukan, pinjaman tersebut bisa langsung cair. Cara pelunasan pinjaman pun lebih ringan karena bisa dicicil dalam jangka waktu tertentu. 

Nah, bagi yang ingin mengajukan pinjaman, simak tipsnya berikut ini.

Kenali Kebutuhan Bisnis

Apa kebutuhan perusahaan yang harus dipenuhi? Mengenali kebutuhan bisnis akan membuat Anda lebih mudah menghitung jumlah pinjaman yang diperlukan. Ada kebutuhan bisnis yang bersifat prioritas, tetapi ada yang bisa ditunda. Anda harus bijak mengelompokkan kebutuhan tersebut pada tempat yang tepat. 

Ketahui Syarat Pinjaman

Agar pinjaman modal usaha disetujui, Anda harus memenuhi syarat yang ditentukan. Syarat pinjaman berbeda-beda tergantung pada kebijakan penyedia pinjaman. Pahami syarat tersebut agar bisa memenuhinya sebelum mengajukan pinjaman usaha. Apabila syarat pinjaman telah lengkap, Anda bisa merasa lebih lega. 

Baca juga: Cara Agar Syarat Pinjaman Karyawan Kamu Disetujui!

Persiapkan Agunan

Pinjaman yang menggunakan agunan biasanya menawarkan bunga yang lebih rendah. Selain itu, jangka waktu pinjaman bisa lebih panjang. Jumlah pinjaman yang diperoleh pun besar sesuai dengan nilai aset yang dijaminkan. 

Sebaliknya, pinjaman tanpa agunan umumnya menawarkan bunga yang lebih tinggi. Jangka waktu pinjaman hanya sebentar dengan jumlah pinjaman yang tidak terlalu besar. Karena itu, jika membutuhkan pinjaman dalam jumlah besar untuk keperluan bisnis, persiapkan agunan atau barang jaminan terlebih dahulu.

Tentukan Tenor Pinjaman

Tentukan tenor atau jangka waktu yang ditentukan untuk melunasi pokok pinjaman tersebut. Pada jumlah pinjaman yang tidak terlalu besar, tenor bisa diberikan dalam jangka waktu kurang dari setahun. Untuk nilai pinjaman yang besar, Anda bisa memilih tenor hingga beberapa tahun.

Tenor pinjaman akan berpengaruh terhadap beban cicilan tiap bulan. Semakin lama tenor yang dipilih, semakin kecil cicilan yang harus dibayar setiap bulan. Risikonya, Anda harus membayar bunga dalam jangka yang lebih panjang.

Siapkan Strategi Pelunasan

Langkah yang tidak kalah penting sebelum mengajukan pinjaman modal usaha adalah mempersiapkan strategi pelunasan. Anda harus tahu apa yang perlu dilakukan untuk membayar dan melunasi kewajiban tersebut. Jangan sampai utang menumpuk karena tidak memiliki rencana pengembalian yang efektif.

Kesimpulannya, pinjaman modal usaha merupakan solusi yang efektif bagi UMKM untuk mengembangkan bisnis. Dengan pinjaman tersebut, pelaku usaha bisa melakukan langkah-langkah strategis sehingga lebih unggul, baik dari sisi kualitas produk maupun layanan yang diberikan kepada pelanggan. Keuntungan yang diperoleh pun lebih maksimal.

Kembangkan Dana Sekaligus Berikan Kontribusi Untuk Ekonomi Nasional dengan Melakukan Pendanaan Untuk UKM Bersama Akseleran!

Bagi kamu yang ingin membantu mengembangkan usaha kecil dan menengah di Indonesia, P2P Lending dari Akseleran adalah tempatnya. Akseleran menawarkan kesempatan pengembangan dana yang optimal dengan bunga rata-rata hingga 10,5% per tahun dan menggunakan proteksi asuransi 99% dari pokok pinjaman. Tentunya, semua itu dapat kamu mulai hanya dengan Rp100 ribu saja.

BLOG100

Yuk! Gunakan kode promo BLOG100 saat mendaftar untuk memulai pengembangan dana awalmu bersama Akseleran. Untuk pertanyaan lebih lanjut dapat menghubungi Customer Service Akseleran di (021) 5091-6006 atau email ke [email protected]