8 Cara Mudah Mencapai Kebebasan Finansial

0
141
Kebebasan Finansial

Kebebasan finansial merupakan suatu kondisi saat seseorang tidak lagi perlu memikirkan masalah ekonomi, termasuk utang. Uang yang dimiliki cukup untuk menikmati hidup tanpa harus bekerja terlalu keras. Tentu semua orang ingin merasakan kondisi tersebut pada titik tertentu dalam kehidupan.

Namun, ada proses yang harus dijalani untuk mencapai kebebasan finansial. Yuk, simak beberapa cara mudah yang bisa dilakukan berikut ini.

Melunasi Utang

Langkah pertama yang perlu dilakukan adalah melunasi utang. Utang merupakan kewajiban yang harus diselesaikan. Anda tidak akan bisa merasakan kebebasan finansial jika masih terbelit utang, baik dalam jumlah kecil maupun besar. 

Selain melunasi utang, Anda pun wajib menghilangkan kebiasaan berutang jika tidak perlu. Salah satu contohnya, berbelanja dengan metode paylater. Sebaiknya, beli barang yang diinginkan jika telah memiliki dana yang cukup untuk itu. 

Bijak Berbelanja

Bukan hanya perlu menghindari utang saat berbelanja, kemampuan mengelola keinginan saat berbelanja juga sangat penting. Sebagian orang membeli benda tertentu tanpa mempertimbangkan manfaatnya. Alhasil, benda tersebut sia-sia.

Sebelum membeli sesuatu, miliki pertimbangan yang matang terlebih dahulu. Kenali batas antara kebutuhan dan keinginan sehingga tidak salah dalam mengambil keputusan. Hindari sikap impulsif karena bisa merugikan keuangan tanpa disadari.

Mengumpulkan Dana Darurat

Tahap selanjutnya untuk mencapai kebebasan finansial adalah mengumpulkan dana darurat. Dana darurat merupakan dana yang bisa digunakan saat kondisi darurat, misalnya mengalami pemutusan hubungan kerja atau saat terjadi musibah.

Dana darurat idealnya berjumlah 6 – 12 kali pengeluaran bulanan. Nilainya memang tergolong besar, tetapi bisa dicapai secara perlahan-lahan. Simpanlah dana darurat di tempat yang aman supaya tidak mudah diambil untuk hal yang tidak perlu.

Baca juga: Kapan Dana Darurat Boleh Digunakan?

Mengasah Keahlian

Untuk mencapai kebebasan finansial, Anda juga perlu membekali diri dengan keahlian personal yang tidak mudah hilang. Keahlian merupakan modal untuk menghasilkan uang tanpa harus tergantung pada pihak tertentu. Dengan memiliki keahlian, Anda justru dibutuhkan dan dicari.

Ada berbagai macam keahlian yang bisa didalami, baik yang bersifat teknis maupun nonteknis. Dengan pengetahuan yang lengkap serta kemampuan yang mumpuni di bidang potensial, Anda pun tidak perlu khawatir dengan finansial pada masa depan.

Memiliki Aset untuk Penghasilan Pasif

Metode ini dilakukan oleh mereka yang ingin mencapai kebebasan finansial dengan cepat. Aset yang dimaksud bisa berbentuk fisik maupun digital. Aset dalam bentuk fisik misalnya bangunan properti berbentuk kos-kosan. Aset ini bisa menghasilkan uang bagi pemiliknya. Aset digital misalnya akun media sosial yang bisa digunakan untuk mempromosikan barang tertentu dan mendapatkan komisi dari kegiatan itu.

Aset untuk memperoleh penghasilan pasif perlu dibangun dengan telaten. Prosesnya membutuhkan waktu dan tenaga, bahkan uang yang tidak sedikit. Namun, saat aset tersebut sudah bisa mulai menghasilkan, Anda hanya perlu duduk dan menikmatinya.

Memulai Berinvestasi

Investasi telah menjadi gaya hidup yang umum di tengah masyarakat milenial. Investasi dapat menjadi cara untuk mencapai kebebasan finansial dalam waktu lebih cepat. Ada berbagai jenis investasi yang bisa dicoba, baik dalam jangka pendek, menengah, atau panjang.

Meskipun demikian, kegiatan investasi melibatkan wawasan dan analisis yang dalam. Karena itu, Anda membutuhkan pengalaman yang memadai untuk mengelola investasi secara optimal. Apabila kegiatan investasi telah berjalan lancar, Anda pun bisa menikmati hasilnya.

Melakukan Perencanaan Hidup

Dalam mencapai kebebasan finansial, perencanaan merupakan faktor yang sangat penting. Dengan perencanaan yang tepat, Anda bisa mencapai cita-cita setelah melalui tahap-tahap tertentu. Perencanaan tersebut dapat mencakup waktu untuk pensiun, jumlah anak yang akan dimiliki, kapan harus membeli rumah, dan sebagainya. 

Mengatur Gaya Hidup

Gaya hidup merupakan salah satu faktor yang bisa mengacaukan kondisi finansial. Jika menuruti gaya hidup yang kurang baik, Anda bisa kehilangan kesempatan untuk menikmati kebebasan finansial karena uang tergerus untuk hal yang bukan prioritas. Miliki gaya hidup yang sederhana tanpa mengabaikan kesenangan.

Jadi, inilah beberapa tips simpel untuk mencapai kondisi kebebasan finansial. Menurut Anda, mana di antara tips tersebut yang mudah untuk diterapkan? Yuk, mulai dengan berinvestasi sejak dini.

Kembangkan Dana Sekaligus Berikan Kontribusi Untuk Ekonomi Nasional dengan Melakukan Pendanaan Untuk UKM Bersama Akseleran!

Bagi kamu yang ingin membantu mengembangkan usaha kecil dan menengah di Indonesia, P2P Lending dari Akseleran adalah tempatnya. Akseleran menawarkan kesempatan pengembangan dana yang optimal dengan bunga rata-rata hingga 10,5% per tahun dan menggunakan proteksi asuransi 99% dari pokok pinjaman. Tentunya, semua itu dapat kamu mulai hanya dengan Rp100 ribu saja.

BLOG100

Yuk! Gunakan kode promo BLOG100 saat mendaftar untuk memulai pengembangan dana awalmu bersama Akseleran. Untuk pertanyaan lebih lanjut dapat menghubungi Customer Service Akseleran di (021) 5091-6006 atau email ke [email protected]