Investasi Online: Definisi, Jenis, Contoh dan Tipsnya

3
151
Investasi Online

Investasi online adalah penanaman modal untuk tujuan memperoleh keuntungan yang dilakukan secara online. Ciri khas investasi online adalah mudah diakses dan bersifat praktis. Selain itu, investasi online juga biasanya bisa dimulai dengan modal kecil.

Investasi bukan lagi istilah yang asing bagi masyarakat modern. Investasi online merupakan opsi alternatif yang dapat dipilih karena bisa menghasilkan cuan bagi pemodal. Nah, bagi Anda yang tertarik untuk memiliki investasi ini, kenali terlebih dahulu definisi, jenis, dan contohnya.

Definisi Investasi Online

Definisi investasi online serupa dengan kegiatan investasi pada umumnya. Perbedaannya terletak pada proses melakukannya yaitu melibatkan teknologi internet. Selain bisa diakses melalui website, platform investasi juga biasanya tersedia dalam bentuk aplikasi di ponsel.

Kemudahan dalam mengakses investasi online membuat jenis investasi ini lebih populer. Keunggulan lain berupa transparansi membuat banyak orang memilih opsi ini untuk berinvestasi. Dengan perangkat online, Anda bisa memantau pergerakan investasi secara mudah dan cepat.

Jenis Investasi Online

Apa saja yang termasuk dalam kelompok investasi online? Dengan memperhatikan karakteristiknya, ada beberapa jenis investasi yang termasuk di dalamnya, yaitu:

P2P Lending

P2P lending adalah layanan jasa keuangan yang bisa diakses secara online. Dalam platform khusus, layanan ini mempertemukan pihak peminjam dan pemberi pinjaman. Pemberi pinjaman berperan sebagai investor yang menyediakan dana untuk dipinjam. Dana tersebut akan dikembalikan beserta bunga per bulan sesuai ketentuan.

P2P lending hadir sebagai bentuk teknologi finansial yang semakin maju. Melalui platform ini, peminjam mendapatkan solusi untuk kebutuhannya. Sementara pemberi pinjaman juga memperoleh keuntungan investasi. Sistem yang digunakan oleh P2P lending bersifat menguntungkan bagi kedua pihak.

Emas

Jenis investasi online lainnya adalah emas. Emas merupakan instrumen investasi yang menguntungkan dalam jangka panjang. Investasi emas juga sudah dikenal sejak zaman dahulu. Karena risikonya yang rendah, banyak orang memilih menginvestasikan uangnya dengan membeli emas, baik dalam bentuk perhiasan maupun batangan.

Saat ini, perkembangan teknologi memudahkan pemodal untuk berinvestasi pada emas tanpa menyimpan wujud emas. Investasi emas dapat dilakukan secara digital melalui sejumlah platform investasi. Pada platform tersebut, Anda dapat membeli emas dengan berat tertentu sesuai nilai yang ditetapkan pada hari itu. Anda juga bisa menjualnya secara online. 

Reksa Dana

Reksa dana juga merupakan salah satu jenis investasi online. Hal ini karena Anda dapat membeli reksa dana secara online melalui platform tertentu. Karena bisa diakses secara online, Anda bisa melakukan pemantauan dengan mudah terhadap instrumen reksa dana.

Ada banyak tawaran reksa dana melalui platform online yang memberikan iming-iming menggiurkan. Namun, tidak semua di antaranya terjamin aman. Supaya terlindungi, pastikan Anda memilih platform maupun perusahaan investasi yang tepercaya dan diakui oleh OJK.

Baca juga: 5 Pilihan Terbaik Investasi Untuk Pemula

Tips Investasi Online

Supaya kegiatan investasi online berjalan dengan lancar sekaligus menguntungkan, Anda perlu memperhatikan beberapa hal berikut ini.

Memilih Investasi yang Tepat

Pilih investasi yang tepat sesuai profil risiko Anda sebagai investor. Sebelumnya, kenali terlebih dahulu karakteristik setiap jenis investasi, termasuk kelebihan dan kekurangannya. Dengan mengenal seluk beluk jenis investasi yang dipilih, Anda dapat mengelolanya secara optimal sehingga bisa menghasilkan keuntungan.

Memahami Tingkat Risiko

Pada setiap jenis investasi, selalu ada risiko yang menyertainya. Namun, tingkat risiko tersebut berbeda-beda untuk setiap jenis investasi. Semakin besar peluang imbal hasil yang didapatkan, semakin tinggi pula tingkat risikonya. Karena itu, Anda perlu mempertimbangkan dengan baik.

Melakukan Diversifikasi

Jangan memasukkan seluruh dana yang dimiliki pada satu jenis investasi. Sebaiknya, lakukan diversifikasi, yaitu memilih lebih dari satu jenis investasi untuk mengurangi tingkat risiko. 

Ketika salah satu investasi mengalami penurunan, Anda masih bisa berharap terhadap jenis investasi lain. Oleh karena itu, ketahui apa jenis-jenis investasi yang menguntungkan dan pilih lebih dari satu di antaranya.

Demikian informasi singkat mengenai investasi online termasuk jenis dan tips melakukannya. Apakah Anda tertarik untuk mencobanya? Yuk, mulai langkah untuk mencapai kebebasan finansial dengan investasi sejak sekarang.

Kembangkan Dana Sekaligus Berikan Kontribusi Untuk Ekonomi Nasional dengan Melakukan Pendanaan Untuk UKM Bersama Akseleran!

Bagi kamu yang ingin membantu mengembangkan usaha kecil dan menengah di Indonesia, P2P Lending dari Akseleran adalah tempatnya. Akseleran menawarkan kesempatan pengembangan dana yang optimal dengan bunga rata-rata hingga 10,5% per tahun dan menggunakan proteksi asuransi 99% dari pokok pinjaman. Tentunya, semua itu dapat kamu mulai hanya dengan Rp100 ribu saja.

BLOG100

Yuk! Gunakan kode promo BLOG100 saat mendaftar untuk memulai pengembangan dana awalmu bersama Akseleran. Untuk pertanyaan lebih lanjut dapat menghubungi Customer Service Akseleran di (021) 5091-6006 atau email ke [email protected]

3 COMMENTS

Comments are closed.