7 Cara Membantu Meningkatkan Perekonomian Indonesia

4
77085
Perekonomian Indonesia

Peningkatan perekonomian nasional adalah poin penting yang harus diusahakan oleh seluruh negara. Ketika ekonomi nasional meningkat, maka taraf hidup dan kondisi masyarakatnya akan dapat ditingkatkan pula. Hal ini bisa dicapai jika pemerintah sekaligus kita semua sebagai warganya mampu berperan aktif melakukan cara-cara efektif yang dapat mendorong tumbuhnya perekonomian Indonesia.

Berikut adalah beberapa hal yang bisa Anda lakukan agar bisa ikut berkontribusi dalam meningkatkan perekonomian nasional. 

  • Tingkatkan kualitas diri

Untuk ikut mendukung peningkatan perekonomian Indonesia, salah satu cara yang bisa dilakukan setiap orang adalah meningkatkan kualitas dirinya masing-masing. Bagi negara yang masih berkembang seperti Indonesia, Sumber Daya Manusia (SDM) yang berkualitas merupakan aset yang sangat dibutuhkan dalam proses peningkatan ekonomi.

Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk meningkatkan kualitas diri sekaligus mengembangkan potensi. Anda dapat mengasah keterampilan, mengembangkan passion, hingga banyak belajar mengenai keahlian baru yang dibutuhkan di era industri saat ini. 

  • Kelola Sumber Daya Alam (SDA) dengan baik

Selain mengembangkan keterampilan dan potensi diri untuk menjadi SDM yang berkualitas, peningkatan ekonomi nasional juga bisa didukung dengan mengelola SDA. Indonesia merupakan negara dengan sumber daya melimpah yang dapat dikembangkan menjadi bahan dasar produksi maupun bahan pendukung industri.

Pengelolaan SDA yang baik sebenarnya bisa dimulai dari lingkungan sendiri. Beberapa cara yang bisa dilakukan adalah dengan mengurangi penggunaan energi dan tidak merusak sumber daya alam yang ada di sekitar kita. 

  • Kembangkan inovasi dalam bidang usaha

Perekonomian nasional suatu negara akan meningkat ketika aktivitas produksi di dalam negara tersebut mengalami peningkatan pula. Artinya, hal ini membutuhkan pengembangan usaha dari masyarakatnya.

Inovasi dalam bidang usaha yang dilakukan start-up maupun Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) dapat mempercepat tingkat perkembangan ekonomi nasional. Anda pun bisa turut andil dalam hal ini dengan mengembangkan usaha-usaha kreatif dan inovatif yang sesuai dengan kebutuhan konsumen di tanah air.

  • Memelihara sarana dan prasarana negara

Cara penting lain yang bisa dilakukan untuk membantu meningkatkan perekonomian Indonesia adalah dengan menjaga sarana dan prasarana yang telah ada di sekitar Anda. Jalan raya, jembatan, serta fasilitas umum lainnya merupakan contoh sarana dan prasarana negara yang diperlukan dalam kehidupan kita.

Kehadiran infrastruktur tersebut akan memudahkan segala aktivitas yang dilakukan masyarakat, terutama kegiatan yang berhubungan dengan perkembangan ekonomi. Jika rusak, kegiatan ekonomi masyarakat pun akan terhambat. Oleh karena itu, tugas Anda adalah menjaga seluruh sarana dan prasarana yang telah dikembangkan agar tetap utuh dan berfungsi dengan baik. 

perekonomian indonesia

  • Investasi di pasar modal

Pasar modal memegang peranan penting dalam meningkatkan pertumbuhan ekonomi suatu negara, tak terkecuali dengan perekonomian Indonesia. Selain bisa ikut menanamkan dana untuk kepentingan pembangunan ekonomi nasional, berinvestasi di pasar modal ternyata bisa pula dijadikan alternatif menguntungkan untuk meningkatkan pendapatan pribadi.

Investasi pasar modal memang memiliki tingkat pengembalian (return) yang terbilang tinggi, tetapi risikonya juga cukup tinggi. Agar mendapatkan hasil investasi yang optimal dan menguntungkan, Anda perlu mencari tahu terlebih dahulu instrumen saham yang dianggap aman dan sesuai kebutuhan. 

Baca juga: Apa Itu Pasar Modal? Berikut Pengertiannya

  • Turut serta dalam pendanaan UMKM

Saat ini, UMKM dianggap sebagai salah satu tulang punggung pertumbuhan ekonomi nasional. Kontribusinya bahkan dapat mencapai 60% dari keseluruhan produksi domestik di Indonesia. 

UMKM juga ikut menyediakan lapangan kerja bagi jutaan tenaga kerja produktif di negeri ini. Jika ingin ikut serta dalam meningkatkan perekonomian nasional salah satu caranya memberikan pendanaan bagi UMKM melalui P2P Lending dan hal tersebut dapat dimulai dari sekarang.

  • Mengikuti perkembangan teknologi modern

Sekilas, Anda mungkin bertanya-tanya: apa hubungan teknologi dengan peningkatan perekonomian Indonesia? Ternyata, di era digital seperti sekarang, mengikuti dan menguasai perkembangan teknologi modern adalah modal penting untuk ikut meningkatkan perekonomian negara.

Melalui cara ini, Anda bisa mengikuti perkembangan ekonomi global secara lebih cepat. Anda pun akan lebih mudah mengelola sumber daya yang ada untuk dijadikan komoditas menguntungkan.

Itulah beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk membantu meningkatkan perekonomian Indonesia. Karena pertumbuhan ekonomi memberikan dampak positif bagi banyak pihak di negeri ini, sudah sepantasnya kita ikut berpartisipasi aktif mewujudkannya dengan melakukan cara-cara tersebut.

Kembangkan Dana Sekaligus Berikan Kontribusi Untuk Ekonomi Nasional dengan Melakukan Pendanaan Untuk UKM Bersama Akseleran!

Bagi kamu yang ingin membantu mengembangkan usaha kecil dan menengah di Indonesia, P2P Lending dari Akseleran adalah tempatnya. Akseleran menawarkan kesempatan pengembangan dana yang optimal dengan bunga rata-rata 10,5%-12% per tahun dan menggunakan proteksi asuransi 99% dari pokok pinjaman. Tentunya, semua itu dapat kamu mulai hanya dengan Rp100 ribu saja.

Yuk! Gunakan kode promo BLOG100 saat mendaftar untuk memulai pengembangan dana awalmu bersama Akseleran. Untuk syarat dan ketentuan dapat menghubungi (021) 5091-6006 atau email ke [email protected].

4 COMMENTS

Comments are closed.