Ini 5 Hal yang Menjadi Perbedaan Kartu Kredit dan Debit

1
3502
Perbedaan Kartu Kredit dan Debit

Kartu kredit dan kartu debit adalah jenis kartu yang umum digunakan dalam transaksi pembayaran. Tiap bank biasanya mengeluarkan kedua jenis kartu ini. Meskipun keduanya bisa dipakai untuk membayar secara nontunai, ada sejumlah perbedaan kartu kredit dan debit yang perlu diketahui penggunanya. Yuk, simak di sini ulasannya!

  • Limit Penggunaan

Ada limit penggunaan yang berlaku untuk tiap kartu kredit, tetapi tidak demikian kartu debit. Limit adalah batas maksimal yang diperbolehkan untuk melakukan transaksi. 

Khusus kartu kredit, limit pembayaran berlaku bulanan. Nominalnya berbeda-beda, tergantung jenis kartu dan kebijakan bank yang memberikan kartu kredit. Rentang nominalnya antara Rp3.000.000 hingga puluhan bahkan ratusan juta rupiah.

Sementara itu, tidak ada limit penggunaan pada kartu debit. Selama saldo dalam tabungan masih tersedia, pengguna dapat terus melakukan transaksi pembayaran. Saldo tabungan bisa diisi dengan setoran tunai atau metode transfer.

  • Biaya Transaksi

Perbedaan kartu kredit dan debit lainnya adalah dari segi biaya transaksi yang harus dibayar pengguna. Ketika menggunakan kartu debit, biaya transaksi terbilang sangat murah. Salah satu contohnya, jika melakukan transfer uang ke bank lain melalui ATM, biaya yang perlu dibayar tiap transaksi hanya Rp6.500.

Berbeda dengan kartu kredit, ada sejumlah biaya yang perlu dibayar oleh pengguna, di antaranya biaya iuran tahunan. Jika transaksi dibayar dengan cara cicilan, ada bunga yang harus dibayar. Besar bunga berbeda-beda sesuai dengan kebijakan bank terkait. Selain itu, untuk menarik uang dari kartu kredit melalui ATM, biaya yang dikenakan pun cukup besar.

  • Mekanisme Transaksi

Mekanisme transaksi dengan kartu kredit berbeda dengan transaksi menggunakan kartu debit. Saat akan menggunakan kartu kredit untuk membayar sesuatu, Anda harus melakukan verifikasi dengan membubuhkan tanda tangan. Artinya, pada pemakaian fisik, kartu kredit harus digunakan oleh pemilik kartu itu sendiri.

Sementara itu, kartu debit bisa dipindahtangankan. Anda bisa meminta orang lain untuk mengambil uang di ATM atau membayar transaksi asalkan memberi tahu PIN kartu tersebut. Dari segi mekanismenya, transaksi dengan kartu debit lebih mudah dan praktis.

Baca juga: Wajib Tahu Biaya Administrasi Tiap Bank

  • Solusi Pembayaran

Banyak orang menggunakan kartu kredit karena menawarkan solusi pembayaran yang efisien. Pasalnya, pengguna dapat melakukan transaksi meskipun tidak memiliki uang di tabungan. Uang yang digunakan tersebut merupakan utang yang bisa dibayar sekaligus atau dicicil. Bagi sebagian orang, opsi ini sangat membantu, terutama pada saat mendesak.

Sebaliknya, menggunakan kartu debit harus disertai dengan adanya saldo dalam tabungan. Transaksi baru akan sukses dilakukan jika nominalnya di bawah saldo yang tersimpan. Perbedaan kartu kredit dan debit dari segi ini sangat penting diperhatikan. Banyak orang terjebak dengan utang yang menumpuk karena tak cermat menghitung pengeluaran melalui kartu kredit.

  • Promo yang Tersedia

Bank yang mengeluarkan kartu kredit biasanya menawarkan sejumlah promo yang sangat menarik. Mulai dari poin yang bisa ditukar dengan aneka hadiah hingga cashback yang bisa didapatkan dari hasil transaksi. Selain itu, ada pula berbagai promo berupa diskon berbelanja. 

Kartu debit juga menawarkan promo, tetapi tak sebanyak tawaran dari kartu kredit. Inilah salah satu alasan sebagian orang menggunakan kartu kredit saat melakukan transaksi. Mereka yang pandai mengelola hal ini akan menikmati keuntungan yang lumayan.

  • Kewajiban Menjadi Nasabah

Jika ingin memiliki kartu debit, Anda harus mendaftarkan diri menjadi nasabah di bank yang mengeluarkan kartu. Kemudian, Anda akan mendapatkan nomor rekening tabungan yang harus diisi agar dapat menggunakan kartu debit.

Sebaliknya, untuk memiliki kartu kredit, Anda tak perlu menjadi nasabah di bank tersebut. Namun, permohonan untuk memiliki kartu kredit biasanya akan lebih mudah dikabulkan jika Anda telah memiliki tabungan atau menjadi nasabah. Perlu diketahui, satu bank bisa menerbitkan beberapa jenis kartu debit dengan syarat yang berbeda-beda.

Nah, setelah melihat sejumlah perbedaan kartu kredit dan debit tersebut, Anda lebih memilih yang mana? Masing-masing opsi memiliki kelebihan dan kekurangan. Jika dapat mengatur pengeluaran dengan jenis kartu yang digunakan, Anda akan mendapatkan keuntungan yang menarik. Menarik, bukan?

Kembangkan Dana Sekaligus Berikan Kontribusi Untuk Ekonomi Nasional dengan Melakukan Pendanaan Untuk UKM Bersama Akseleran!

Bagi kamu yang ingin membantu mengembangkan usaha kecil dan menengah di Indonesia, P2P Lending dari Akseleran adalah tempatnya. Sebagai platform pengembangan dana yang optimal dengan bunga hingga 21% per tahun kamu dapat memulainya hanya dengan Rp100 ribu saja.

BLOG100

Yuk! Gunakan kode promo BLOG100 saat mendaftar untuk memulai pengembangan dana awalmu bersama Akseleran. Untuk syarat dan ketentuan dapat menghubungi (021) 5091-6006 atau email ke [email protected]

1 COMMENT

Comments are closed.