Perbankan Adalah, Jenis hingga Manfaat buat Masyarakat

0
5976
Perbankan Adalah

Dalam kegiatan ekonomi atau aktivitas lain yang berhubungan dengan uang, istilah perbankan adalah sesuatu yang tidak asing lagi. Lembaga perbankan yang tersebar di Indonesia bahkan dunia adalah bank. Lalu, apa sebenarnya perbankan itu?

Untuk memahami lebih jauh tentang perbankan dan berbagai seluk beluknya, simak penjelasan lengkapnya dalam ulasan berikut ini!

Definisi Perbankan

Perbankan adalah lembaga atau badan usaha yang melakukan aktivitas penghimpunan dana dari masyarakat. Bentuk dana yang dikumpulkan bisa berupa simpanan giro, deposito maupun tabungan yang kemudian disalurkan kembali untuk kebutuhan peningkatan taraf hidup masyarakat. Baik berupa kredit, pinjaman dan lain sebagainya. Perbankan juga kerap disebut sebagai bank.

Masyarakat yang menyimpan dananya di bank biasanya akan diberikan keuntungan berupa bunga atau keuntungan lain. Selain itu, lembaga perbankan juga menyediakan beragam jasa-jasa demi mendukung kegiatan utama mereka sebagai penghimpun dan penyalur dana masyarakat.

Selain bank yang merupakan lembaga keuangan perbankan, ada juga lembaga keuangan non-perbankan yang beroperasi di Indonesia. Lembaga keuangan non-perbankan misalnya koperasi simpan pinjam, Taspen, BPJS Ketenagakerjaan dan lain sebagainya. 

Jenis-jenis Perbankan

Bank sebagai lembaga perbankan memiliki beberapa jenis. Jenis-jenis bank ini bisa ditinjau dari berbagai sudut pandang mulai dari cara kerja, bentuk badan hukum, fungsi hingga kepemilikannya. Untuk lebih lengkapnya, simak poin-poinnya berikut ini!

Jenis Bank Berdasarkan Kegiatan Operasionalnya

Berdasarkan cara operasional dan regulasi yang mengatur, bank terdiri atas 2 jenis yaitu bank konvensional dan bank syariah. Bank konvensional melakukan kegiatan keuangannya secara umum dengan mengacu kepada undang-undang dan kebijakan bank sentral.

Sementara itu bank syariah beroperasi dengan prinsip hukum Islam. Pengawasan terhadap aktivitas keuangan bank syariah dilakukan oleh OJK (Otoritas Jasa Keuangan) dan DPS (Dewan Pengawas Syariah).

Jenis Bank Berdasarkan Fungsinya

Berdasarkan fungsi, bank terbagi menjadi 3 yaitu bank umum, bank sentral dan bank perkreditan rakyat. Bank umum adalah bank yang melakukan aktivitas dengan konsep konvensional di bawah bank sentral. Sementara bank sentral adalah pusat bank yang memiliki kewenangan dalam pengelolaan kebijakan moneter negara agar tetap stabil. Bank perkreditan rakyat atau BPR merupakan bank yang melakukan kegiatan perbankan yang sifatnya bukan lalu lintas pembayaran.

Jenis Bank Berdasarkan Kepemilikan

Berdasarkan kepemilikannya, ada 4 jenis bank di Indonesia yaitu bank pemerintah, bank swasta, bank asing dan bank campuran. Bank pemerintah seperti Bank Indonesia dan bank daerah dimiliki dan dikelola langsung oleh pemerintah.

Sementara itu bank swasta adalah bank yang dimiliki dan dioperasikan oleh swasta. Bank swasta ada yang nasional seperti BCA, Bank Niaga dan lain lain dan ada juga yang dimiliki oleh asing (bank swasta asing) seperti Bank of Amerika yang ada di Indonesia, HSBC dan lain sebagainya. Sedangkan bank campuran adalah bank yang berdiri dengan badan hukum di Indonesia dan luar negeri yang disebut juga dengan istilah joint venture bank. Contoh bank campuran adalah CIMB Niaga.

Jenis Bank Berdasarkan Bentuk Badan Usaha

Menurut jenis badan usaha yang digunakan, bank terbagi menjadi 4 macam yakni perusahaan perorangan, koperasi, firma dan perseroan terbatas.

Baca juga: Bank vs Fintech: Kelebihan dan Kekurangannya

Manfaat Perbankan bagi Masyarakat

Perbankan adalah lembaga yang sangat penting dalam aktivitas keuangan masyarakat. Beberapa manfaatnya antara lain adalah:

  • Menghimpun dana. Adanya bank memungkinkan masyarakat menyimpan uang baik dalam bentuk tabungan, deposito, giro dan lain sebagainya
  • Menyediakan pinjaman. Bank memberikan berbagai produk pinjaman bagi masyarakat yang membutuhkan dana baik untuk modal usaha maupun membeli rumah
  • Menyediakan layanan jasa keuangan. Bank juga menawarkan berbagai produk dan layanan yang memudahkan masyarakat misalnya fasilitas transfer, pembayaran, pembelian dll
  • Memberikan fasilitas transaksi ke luar negeri, baik transfer uang untuk keperluan pribadi maupun bisnis (misalnya seperti bisnis ekspor impor)
  • Menjadi tempat berinvestasi. Bank menyediakan berbagai pilihan investasi bagi masyarakat.

Itulah penjelasan lengkap mengenai perbankan dan manfaatnya bagi masyarakat. Dengan adanya lembaga perbankan, aktivitas keuangan kita jadi makin mudah.

Kembangkan Dana Sekaligus Berikan Kontribusi Untuk Ekonomi Nasional dengan Melakukan Pendanaan Untuk UKM Bersama Akseleran!

Bagi kamu yang ingin membantu mengembangkan usaha kecil dan menengah di Indonesia, P2P Lending dari Akseleran adalah tempatnya. Akseleran menawarkan kesempatan pengembangan dana yang optimal dengan bunga rata-rata 10,5%-12% per tahun dan menggunakan proteksi asuransi 99% dari pokok pinjaman. Tentunya, semua itu dapat kamu mulai hanya dengan Rp100 ribu saja.

BLOG100

Yuk! Gunakan kode promo BLOG100 saat mendaftar untuk memulai pengembangan dana awalmu bersama Akseleran. Untuk pertanyaan lebih lanjut dapat menghubungi Customer Service Akseleran di (021) 5091-6006 atau email ke [email protected].