Menerapkan Love Language dalam Strategi Marketing

0
946
Menerapkan Love Language dalam Strategi Marketing

Dalam buku “The Five Love Languages”, Gary Chapman mempopulerkan bahwa setiap orang memiliki cara berbeda untuk mengkomunikasikan cinta mereka terhadap pasangannya, baik melalui Words of Affirmation, Quality Time, Receiving Gifts, Acts of Service, dan Physical Touch. Ternyata hal ini tak hanya bisa diterapkan dalam hubungan dengan pasangan, tapi juga dapat diterapkan dalam strategi marketing. Lalu bagaimana cara menerapkan kelima love language yang dimaksud di dalam dunia marketing?

1. Words of Affirmation

Kamu dapat menerapkan words of affirmation dalam strategi marketing melalui ungkapan yang berisi dengan apresiasi, pujian, dan berbagai kalimat positif lainnya kepada konsumen. Meski terdengar sepele, ternyata kata-kata bisa memberi dampak yang mungkin tidak kita sangka.

2. Quality Time

Jangan terburu-buru ketika sedang melayani konsumen, bisa jadi konsumenmu memiliki love language quality time. Kamu sebaiknya menyediakan waktu bagi mereka saat dibutuhkan. Misalnya meluangkan waktu untuk menanggapi komentar mereka di media sosial atau menjawab kebutuhan mereka. Hal ini dapat menaikkan loyalty konsumen karena kedekatan yang tercipta.

3. Receiving Gifts

Menerima hadiah adalah salah satu love language yang disukai oleh kebanyakan orang. Nah, untuk menerapkannya di dunia marketing kamu bisa melakukannya dengan memberi potongan harga, hadiah gratis, voucher dan sejenisnya. Jika ingin membuatnya lebih menguntungkan, kamu bisa melakukan giveaway melalui media sosial dan memberikan hadiah untuk juaranya.

4. Act of Service

Ketika konsumen memiliki kendala, kamu bisa hadir dan membantu mereka melalui layanan customer service sebagai perwujudan act of service. Bantuan yang kamu berikan ini akan membuat konsumen senang dan merasa diperhatikan. Selain itu, act of service juga bisa diterapkan dengan memberikan pelayanan sosial terhadap suatu komunitas yang membutuhkan bantuan. Pasalnya, saat ini orang tak hanya peduli terhadap kualitas produk yang dibuat saja, namun juga terhadap pandangan suatu brand dan kontribusinya pada lingkungan

5. Physical Touch

Meski tak bisa diartikan secara harfiah, namun physical touch bisa diterapkan dengan cara selalu dekat dengan konsumen. Kamu bisa juga melakukannya dengan membuat iklan yang sesuai dengan apa yang dirasakan dan dilakukan oleh target pasar, ataupun menjadi sponsor di event yang mungkin didatangi konsumen.

Ayo dukung pertumbuhan ekonomi dengan memberikan pendanaan UMKM secara aman di Akseleran! Daftar sekarang dan dapatkan imbal hasil hingga 12% per tahun di Akseleran.

Akseleran memberikan saldo awal senilai Rp100 ribu untuk pendaftar baru dengan menggunakan kode CORCOMMBLOG. Melakukan pendanaan di P2P Lending Akseleran juga sangat aman karena lebih dari 98% nilai portofolio pinjamannya memiliki agunan. Sehingga dapat menekan tingkat risiko yang ada. Akseleran juga sudah terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dengan nomor surat KEP-122/D.05/2019 sehingga proses transaksi yang kamu lakukan jadi lebih aman dan terjamin. 

Untuk kamu yang tertarik mengenai pendanaan atau pinjaman langsung bisa juga menghubungi (021) 5091-6006 atau via email [email protected]

Penulis: Ayu Diah Callista | Editor: Rimba Laut