Atasi Perang Harga Saat Berdagang dengan 4 Hal Ini!

1
1702
Perang Harga

Bagi para pedagang baik itu mereka yang menjual barang maupun jasa, tentunya sebelum memulai usaha terlebih dahulu mereka akan menentukan harga pada setiap produknya. Tidak hanya untuk mereka yang baru ingin memulainya, namun biasanya beberapa dari mereka yang sudah berjalan bisnisnya kadang memberikan potongan harga atau diskon kepada para pelanggannya.

Kadang kali dengan memberi potongan harga atau diskon ini menjadi tantangan sendiri bagi para pebisnis. Tantangan yang dimaksud adalah dengan adanya perang harga. Tapi, apa sih perang harga itu?

Apa yang Dimaksud dengan Perang Harga?

Perang harga merupakan satu situasi dimana terdapat sebuah produk yang sangat diminati pasar sehingga banyak orang yang berlomba-lomba untuk menjualnya. Biasanya ketika penjual satu jenis barang yang sama dengan jumlah yang banyak, maka salah satu caranya adalah dengan menjual barang tersebut dengan harga yang relatif murah. 

Nah, saat penjual akan menjualnya dengan harga yang lebih murah dibandingkan penjual lainnya, maka akan terjadi di situ perang harga. Hal tersebut karena banyak yang beranggapan bahwa dengan menjual dengan harga termurah tentu akan mendapatkan lebih banyak pelanggan. Padahal dengan munculnya perang harga ini efeknya tentu akan negatif bagi pertumbuhan bisnis.

Lalu, bagaimana cara mudah agar tidak terjebak dalam perang harga? Ini yang harus dilakukan!

Hal yang Bisa Dilakukan Agar Tidak Terjebak dalam Perang Harga

  • Tambahkan Value Produk

Menambahkan nilai produk adalah cara yang bisa kamu lakukan. Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk menambahkan nilai produk yaitu seperti meningkatkan kualitas layanan, mempercepat pengiriman dan lainnya.

Contohnya, jika kamu menjual produk sepatu olahraga dan banyak juga penjual lainnya yang menjual produk sepatu olahraga juga yang sama persis dengan yang kamu jual. Agar kamu dapat menghindari harga dengan kompetitor, kamu bisa mengakalinya dengan memberikan free satu pasang kaos kaki setiap pembeli sepatu tertentu.

Dengan menambahkan nilai pada produk kamu, pelanggan tentu akan merasa bisa mendapatkan lebih dari apa yang mereka sudah bayar.

  • Lakukan Inovasi Produk

Kamu dapat lebih kreativitas pada produk milikmu. Kreativitas di sini artinya kamu dapat melihat apa yang tidak dimiliki oleh kompetitor lalu kamu terapkan pada produk milikmu ataupun kompetitor memiliki cara bagus dalam mengenalkan produknya namun kamu kembangkan lagi dengan cara serta kreativitas yang lebih baik.

Cara lainnya kamu juga bisa lebih berkreasi dengan memberikan promosi menggunakan cara yang kreatif seperti dengan pantun, puisi dan hal lainnya yang bisa menarik minat pelanggan untuk menggunakan produk milikmu. 

Baca juga: 5 Syarat Mudah Dari Produk Online Merchant Financing!

  • Hindari Lokasi yang Memiliki Banyak Pesaing

Sebisa mungkin untuk menghindari suatu lokasi yang memiliki banyak pesaing. Karena semakin banyak pesaing dalam satu lokasi, tentu akan semakin besar juga kemungkinan perang harga terjadi. 

Nah, cara terbaiknya adalah dengan menghindari lokasi tersebut dan mencari lokasi yang memiliki potensi belum mengenal produk yang kamu pasarkan. Namun, untuk kamu yang memiliki usahanya secara online, maka kamu dapat memanfaatkan website atau blog sendiri di luar dari ecommerce yang ada. Sehingga dengan memiliki website atau blog sendiri tentu akan pelanggan yang datang benar-benar akan tertuju pada produkmu saja, bukan produk milik orang lain.

  • Memahami Kemauan Pelanggan

Loyalitas adalah segalanya. Ingat! Dengan membangun loyalitas pelanggan, tentu akan lebih mudah untuk menggaet pelanggan. Namun, memang untuk membangun loyalitas dibutuhkan waktu, kualitas serta kepercayaan.

Kamu tidak akan bisa membangun loyalitas hanya dengan produk atau layanan yang sekedar bagus saja. Kamu perlu mendapatkan kepercayaan mereka dengan memberikan layanan yang baik dan konsisten. 

Sebagai seorang pengusaha tidak perlu takut dengan adanya perang harga selama kamu dapat memahami serta mencegah perang harga itu sendiri dengan cara yang benar.

Kembangkan Dana Sekaligus Berikan Kontribusi Untuk Ekonomi Nasional dengan Melakukan Pendanaan Untuk UKM Bersama Akseleran!

Bagi kamu yang ingin membantu mengembangkan usaha kecil dan menengah di Indonesia, P2P Lending dari Akseleran adalah tempatnya. Sebagai platform pengembangan dana yang optimal dengan bunga hingga 21% per tahun kamu dapat memulainya hanya dengan Rp100 ribu saja.

BLOG100

Yuk! Gunakan kode promo BLOG100 saat mendaftar untuk memulai pengembangan dana awalmu bersama Akseleran. Untuk syarat dan ketentuan dapat menghubungi (021) 5091-6006 atau email ke [email protected]

1 COMMENT

Comments are closed.