Pekan Depan Rupiah Menguat Terbatas

0
93
Ilustrasi Transaksi Rupiah vs Dolar AS - Sumber Foto www.bisnis.com

Mengacu Kurs Referensi Jakarta Interbank Spot Dollar Rate (JISDOR), Pergerakan nilai tukar rupiah terhadap nilai tukar dolar Amerika Serikat (AS) pada Jumat (23/10) ditutup melemah 41 poin menjadi Rp14.738 per dolar AS dibandingkan pada perdagangan Kamis (22/10) di harga Rp14.697 per dolar AS.

Sumber Bank Indonesia

Piter Abdullah Redjalam selaku Pengamat Pasar Uang mengatakan pergerakan rupiah terhadap dolar AS secara keseluruhan bergerak fluktuatif namun masih sesuai prediksi. Karena mata uang garuda ini menunjukkan penguatan jika menarik perdagangan selama 2 minggu terakhir.

“Isu global berpengaruh positif, seperti perkembangan pemilu di Amerika memberikan dampak besar terhadap nilai mata uang rupiah,” ujar Piter kepada Akseleran, Jumat (23/10) sore.

Piter menjelaskan, kabar Joe Biden yang memiliki potensi memenangkan pemilu Amerika Serikat disambut positif oleh pasar. Mengingat jika Biden menang pemilu Amerika Serikat artinya perang dagang AS dan Cina akan berakhir sehingga pasar global disinyalir akan lebih stabil.

Isu dalam negeri sendiri, lanjut Piter, kabar Indonesia mulai mengimpor vaksin Covid-19 menjadi isu positif juga. Terlebih jika berjalan sesuai rencana, tentunya menjadi dorongan positif tambahan.

Untuk pekan depan, Piter memproyeksikan nilai tukar rupiah terhadap dolar AS masih bergerak fluktuatif namun cenderung menguat. Karena isu pekan depan masih dibayangi isu positif seperti pemilu AS dan dampak UU Ciptaker.

Piter memproyeksikan rupiah akan bergerak di kisaran Rp14.600 – Rp14.680 per dolar AS.

Baca Juga:
Rupiah Pekan Depan Dipengaruhi Pemilu AS
Respons Rupiah Terhadap UU Cipta Kerja?

Senada dengan Piter, Mochammad Doddy Arifianto selaku Pengamat Pasar Uang menilai penguatan rupiah dibandingkan perdagangan 2 minggu terakhir karena investor menyambut positif isu UU Ciptaker. Meski sebelumnya sempat mendapat sambutan negatif yang berujung terjadinya demo di berbagai wilayah.

Untuk pekan depan, rupiah akan bergerak stabil cenderung menguat karena sentimen masih positif terutama isu pemilu AS. Namun untuk isu dalam negeri kemungkinan investor akan menyimpan mata uang asing karena libur panjang. “Pelaku pasar diprediksi menyimpan mata uang asing karena long weekend lalu takut ada isu negatif,” prediksinya.

Sehingga pergerakan rupiah terhadap dolar AS akan bergerak di kisaran Rp14.500 – 14.700 pada pekan depan.

Daftar sekarang dan dapatkan imbal hasil hingga 21% per tahun di Akseleran

Akseleran memberikan saldo awal senilai Rp 100 ribu untuk pendaftar baru dengan menggunakan kode CORCOMMBLOG. Melakukan pendanaan di P2P Lending Akseleran juga sangat aman karena lebih dari 98% nilai portofolio pinjamannya memiliki agunan. Sehingga dapat menekan tingkat risiko yang ada. Akseleran juga sudah berizin dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dengan nomor surat KEP-122/D.05/2019 sehingga proses transaksi yang kamu lakukan jadi lebih aman dan terjamin.

Untuk kamu yang tertarik mengenai pendanaan atau pinjaman langsung bisa juga menghubungi (021) 5091-6006 atau bisa via email [email protected]