Rupiah Pekan Depan Dipengaruhi Pemilu AS

0
298
Ilustrasi Rupiah - Sumber beritasatu

Mengacu Kurs Referensi Jakarta Interbank Spot Dollar Rate (JISDOR), Pergerakan nilai tukar rupiah terhadap nilai tukar dolar Amerika Serikat (AS) ditutup melemah tipis 6 poin setara 0,04% menjadi Rp14.766 per dolar AS dibandingkan pada perdagangan Kamis (16/10) di harga Rp14.760 per dolar AS.

Menurut David Sumual selaku Ekonom Bank Central Asia (BCA) mengatakan, jika dibandingkan 2 pekan lalu sebenarnya rupiah masih bergerak menguat, yang mana rupiah sempat bergerak di harga Rp14.920 per dolar AS.

“Penguatan rupiah karena didorong oleh data neraca perdagangan yang menunjukkan angka positif yang dirilis oleh pemerintah kemarin,” ujar David kepada Akseleran, Jumat (16/10).

David menjelaskan, neraca perdagangan yang dirilis pemerintah mengalami surplus US$2,4 miliar pada bulan September 2020, karena adanya peningkatan dari harga komoditas terutama mineral.

Menurut David, peningkatan komoditas ini akan terus berlanjut hingga Oktober sehingga bisa menopang inflow yang lebih besar dari sektor perdagangan. Sementara untuk portofolio seperti saham dan obligasi masih bergerak stagnan.

Baca Juga:
Respons Rupiah Terhadap UU Cipta Kerja?
3 Tahun Akselerasi Bersama Akseleran
Sorot Kinerja SDM di Tengah Pandemi Covid-19

Untuk pekan depan, David memproyeksikan rupiah akan sedikit melemah karena dikhawatirkan adanya kejutan-kejutan dari pemilihan umum Amerika Serikat. “Sehingga kita harus perhatikan kondisi eksternal,” proyeksinya.

Sementara untuk sentimen dalam negeri, menurut David tidak terlalu besar hanya saja menunggu data cadangan devisa dan politik keamanan dalam negeri seperti adanya demo UU Ciptaker.

Untuk perdagangan rupiah terhadap dolar AS pada pekan depan, David memprediksi rupiah akan bergerak di harga Rp14.600 – Rp14.800 per dolar AS.

Daftar sekarang dan dapatkan imbal hasil hingga 21% per tahun di Akseleran

Akseleran memberikan saldo awal senilai Rp 100 ribu untuk pendaftar baru dengan menggunakan kode CORCOMMBLOG. Melakukan pendanaan di Akseleran juga sangat aman karena lebih dari 98% nilai portofolio pinjamannya memiliki agunan. Sehingga dapat menekan tingkat risiko yang ada. Akseleran juga sudah berizin dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dengan nomor surat KEP-122/D.05/2019 sehingga proses transaksi yang kamu lakukan jadi lebih aman dan terjamin.

Untuk kamu yang tertarik mengenai pendanaan atau pinjaman langsung bisa juga menghubungi (021) 5091-6006 atau bisa via email [email protected]