Bob Sadino: Sosok Sukses dan Inspiratif dalam Dunia Bisnis

0
211
Bob Sadino

Ada banyak sekali tokoh pengusaha sukses yang merintis bisnisnya mulai dari nol. Di dalam negeri, kisah inspiratif datang dari seorang  Bambang Mustari Sadino atau akrab dipanggil Bob Sadino—seorang lulusan SMA yang sukses membangun kerajaan bisnis di bidang pangan dan peternakan. Meski berhasil menjelma menjadi pengusaha terkenal, di masa silam pria kelahiran Lampung ini juga pernah berada di titik terendah dalam hidupnya, lho. Seperti apa perjalanan karier bisnis Bob Sadino? Ini dia kisahnya.

Menggunakan Harta Warisan untuk Modal Keliling Dunia

Di usia 19 tahun, Bob ditinggal sang ayah meninggal dunia dan mendapatkan sejumlah warisan. Dari uang tersebut ia memutuskan untuk pergi ke luar negeri dan menetap di Belanda kurang lebih selama 9 tahun. Guna memenuhi kebutuhan hidupnya di Negeri Kincir Angin, ia bekerja di perusahaan bernama Djakarta Lylod.

Di Belanda pula Bob menemukan istrinya, yaitu Soelami Soejoed. Pasca menikah, ia akhirnya memutuskan kembali ke tanah air dengan membawa 2 mobil mewah yang nantinya digunakan untuk merintis usaha.

Sempat Menjadi Kuli Bangunan

Setelah kembali ke Indonesia dengan 2 mobil mewah, Bob memutuskan untuk membeli sebidang tanah di daerah Kemang, Jakarta Selatan menggunakan hasil penjualan satu mobil mewahnya. Pada saat itu sebenarnya ia telah bekerja di sebuah perusahaan, namun akhirnya memutuskan untuk keluar dan bekerja secara mandiri melalui bisnis sewa mobil dan Bob sendirilah yang menjadi sopirnya.

Suatu ketika, alih-alih meraup keuntungan, Bob mengalami kecelakaan yang menyebabkan mobil satu-satunya rusak parah. Dalam kondisi tersebut, ia juga tidak memiliki uang untuk memperbaikinya. Terlebih, ia harus memutar otak agar bisa mendapat penghasilan demi menghidupi keluarga.

Akhirnya, ia memutuskan untuk menjadi kuli batu dengan penghasilan Rp100. Upah tersebut tentu saja tidak berhasil menyokong kondisi keuangannya. Inilah titik terendah dalam hidupnya yang juga sempat membuat Bob Sadino mengalami depresi cukup berat.

Berawal dari Peternak Ayam

Dilanda depresi tak serta merta membuat Bob berputus asa. Lewat seorang teman bernama Sri Mulyono Herlambang, ia mendapatkan ide untuk memelihara ayam. Mulanya kegiatan berternak ayam ditujukan untuk melupakan kesulitan yang sedang dialaminya. Namun, seiring berjalannya waktu, Bob melihat potensi peternak ayam sebagai bisnis baru yang akan memberinya banyak penghasilan.

Ia pun mulai menawarkan telur ayam negeri dari pintu ke pintu. Daerah sekitar rumahnya saat itu banyak dihuni oleh orang-orang asing. Berkat kemampuan bahasa inggrisnya yang menonjol, ia berhasil mendatangkan pelanggan dari kalangan ekspatriat asing.

Dari situ, bisnis telur ayam Bob terus berkembang dan mulai menjual daging ayam. Berkat tangan dinginnya, Bob kemudian menjadi pemilik tunggal dari supermarket bernama Kem Chicks. Usahanya pun terus melesat dan mulai merambah ke sektor agrobisnis berupa ladang sayur-sayuran dengan sistem hidroponik. Target pasarnya saat itu adalah orang asing di Indonesia. Menariknya, Bob Sadino dikabarkan menjadi orang pertama yang menggunakan sistem tanam hidroponik di Indonesia.

Baca juga: 7 Peluang Usaha yang Paling Menjanjikan di 2020

Sukses Merintis 5 Kerajaan Bisnis

Seumur hidupnya, Bob berhasil membangun 5 kerajaan bisnis di sektor makanan, agribisnis, properti, sampai travel. Berikut daftar lengkapnya.

  • Kemfood

Kemfood merupakan perusahaan pertama yang berhasil dikembangkan oleh Bob Sadino. Berlokasi di Kawasan Industri Pulo Gadung, perusahaan ini bergerak di bidang makanan olahan dan ritel. Sayangnya, pada tahun 2008 Bob menjual perusahaannya.

  • Kem Chicks

Di bawah naungan PT. Boga Catur Rata, Bob membangun swalayan bernama Kem Chicks yang menjual produk lokal serta produk impor.

  • Kemfarm

Kemfarm merupakan perusahaan Bob yang khusus menjual buah-buahan dan sayuran. Hebatnya, Kemfarm kabarnya pernah mengekspor sayuran sebanyak 10 ribu ton per bulan ke Jepang.

  • Kem Travel

Selain agrobisnis, Bob juga punya bisnis yang bergerak di bidang tour dan travel dalam dan luar negeri.

  • The Mansion at Kemang

Satu lagi bisnis Bob yang akhirnya mampu membuatnya menjadi salah satu orang terkaya di Indonesia adalah The Mansion at Kemang. Bisnis Properti yang menjadikan perkantoran, apartemen, dan pusat perbelanjaan ke dalam satu lokasi.

Itulah cerita perjalanan hidup seorang Bob Sadino, salah satu pengusaha terkenal di Indonesia. Semoga kisah Bob mampu menginspirasi Anda dalam menjalankan setiap usaha yang sedang dijalankan, ya.

Kembangkan Dana Sekaligus Berikan Kontribusi Untuk Ekonomi Nasional dengan Melakukan Pendanaan Untuk UKM Bersama Akseleran!

Bagi kamu yang ingin membantu mengembangkan usaha kecil dan menengah di Indonesia, P2P Lending dari Akseleran adalah tempatnya. Sebagai platform pengembangan dana yang optimal dengan bunga hingga 21% per tahun kamu dapat memulainya hanya dengan Rp100 ribu saja.

Yuk! Gunakan kode promo BLOG100 saat mendaftar untuk memulai pengembangan dana awalmu bersama Akseleran. Untuk syarat dan ketentuan dapat menghubungi (021) 5091-6006 atau email ke [email protected]