Gagal Bayar? Pilih P2P Lending yang Memiliki Asuransi

0
1979
P2P Lending dengan Asuransi

Konsep P2P lending dengan asuransi Akseleran menjadi alternatif pendanaan paling tepat ketika membutuhkan dana cepat. Terutama bagi pemilik bisnis yang membutuhkan modal bagi perkembangan bisnisnya.

Sayangnya beberapa di antara peminjam tidak mampu membayar atau gagal bayar karena suatu kondisi. Biasanya, layanan P2P lending terpercaya akan memberi keringanan bersyarat bagi konsumen tersebut.

Cara mengetahui jasa P2P lending terbaik, salah satunya dengan memastikan apakah layanan tersebut menyediakan fitur proteksi Asuransi Kredit atau tidak. Sistem proteksi ini memiliki kemampuan menurunkan risiko gagal bayar.

Perkembangan P2P Lending di Indonesia

Indonesia merupakan negara dengan UMKM terbanyak. Beberapa program pemerintah bahkan mendukung perkembangan kegiatan UMKM warga. Untuk memulainya, para pengusaha membutuhkan modal tidak lain dari jasa P2P lending.

Pertama kali P2P Lending hadir di muka publik nasional pada tahun 2015. Setahun kemudian menyusul persetujuan dari Asosiasi Fintech Pendanaan Bersama Indonesia (AFPI). Dengan begitu perusahaan P2P sudah diterima dengan baik di Indonesia.

P2P lending adalah layanan peminjaman dana berbasis teknologi. Proses peminjaman antara kreditur dan peminjam secara langsung. Sebenarnya peminjaman berlaku tidak hanya bagi pebisnis UMKM saja, namun masyarakat juga merasakan kemudahan prosesnya.

Secara perkembangannya, hingga 5 Januari 2023, fintech P2P lending mencapai angka 102 perusahaan yang terdaftar OJK. Jadi meskipun aksesnya mudah, sebaiknya Anda mempercayakan layanan ini pada yang lolos OJK.

Perusahaan asuransi melihat hal ini sebagai peluang besar untuk melakukan investasi di ranah P2P lending. Campur tangan perusahaan asuransi membawa kabar baik bagi para lender (peminjam).

Fintech peer-to-peer lending memberikan dampak yang cukup positif bagi perkembangan perekonomian Indonesia. Dengan maraknya layanan ini, masyarakat jadi lebih terbantu dalam urusan ekonomi.

Salah satu faktor menjamurnya P2P lending di kalangan masyarakat adalah karena dampak digitalisasi yang luar biasa. Proses peminjaman dana tidak memerlukan adanya interaksi, proses pencairan dana juga cepat.

Keunggulan perusahaan fintech P2P lending Akseleran mampu mengatasi masalah layanan pendanaan konvensional yang cenderung rumit. Kemudahan akses pinjaman ini lebih efisien untuk mengembangkan bisnis maupun pribadi.

Apalagi kondisi pandemi kemarin sempat menurunkan daya ekonomi masyarakat serta meningkatkan pengangguran. Kehadiran P2P lending justru menjadi opsi alternatif kredit sebagian masyarakat karena kemudahannya.

Dengan begitu, daya beli masyarakat tetap stabil dan pemilik bisnis tetap bertahan dalam keadaan PPKM sekalipun. Dengan begitu konsep P2P lending mampu menjadi penyelamat ekonomi nasional di era pandemi.

Fungsi Asuransi pada Sistem P2P Lending

Sampai dengan saat ini, banyak sekali perusahaan P2P lending menawarkan jasa peminjaman. Namun sebaiknya Anda memakai jasa P2P yang memiliki jaminan asuransi. Produk asuransi menawarkan banyak fungsi.

Salah satu yang bisa Anda dapatkan adalah berupa cover kredit apabila Anda tidak lagi bisa membayar kredit. Dengan adanya Asuransi Kredit Akseleran, Anda mampu menghindari risiko gagal bayar pada perusahaan P2P lending.

Tanggung jawab sebagai peminjam tentunya harus melunasi kredit secara keseluruhan. Namun, Asuransi Kredit mampu memberi perlindungan dengan menggantikan Anda melunasi sisa nominal pinjaman.

Fungsi asuransi pada P2P lending dapat mengganti gagal bayar oleh lender. Apabila mengalami ketentuan seperti meninggal dunia karena kecelakaan, meninggal dunia karena sakit, cacat permanen karena kecelakaan, PHK, atau dan tidak mampu membayar tagihan.

Mengatasi gagal bayar bisa dengan cara memiliki pendapatan lain guna mengantisipasi. Dalam hal ini, Anda bisa memanfaatkan Asuransi Kredit Akseleran untuk menjadi alternatif solusi soal perluasan dana.  

Dengan memanfaatkan hal tersebut, Anda bisa semakin mudah melunasi tanggung jawab berupa tagihan kredit. Karena sudah merasa aman dengan memiliki sistem proteksi berupa asuransi kredit.

Fungsi asuransi kredit selanjutnya adalah kemampuannya dalam menekan risiko gagal bayar. Ketika tagihan membengkak, sudah pasti nominal kredit akan tertumpuk oleh bunga sesuai perjanjian.

Alasan pembengkakan dana tagihan bisa dari datang dari berbagai macam kondisi. Namun Asuransi kredit mampu menangani masalah tersebut dengan mudah. Sebab terdapat ketentuan perusahaan asuransi yang menguntungkan posisi peminjam.

Perlu Anda ketahui, cara kerja asuransi kredit P2P lending biasanya hanya berlaku pada perusahaan P2P lending yang mencantumkan “Proteksi Asuransi”. Proses klaim Akseleran cukup cepat, hanya memakan waktu 10 hari kerja dari tanggal jatuh tempo.

Setelah itu proses klaim akan dimulai pada hari ke-91 setelah tanggal tenggat pembayaran. Setelah itu peminjam hanya tinggal menunggu asuransi membayarkan semua total tagihan. Menariknya, pembayaran dananya bisa mencapai angka 99% dari tunggakan tagihan lender.

Baca juga: Fungsi dan Manfaat Asuransi Kredit Pada P2P Lending

Contoh Kasus Pembiayaan P2P Lending dengan Asuransi Kredit

Untuk mendapatkan manfaat asuransi kredit, sebaiknya memahami ketentuan dan persyaratan dari perusahaan tersebut. Dalam kasus ini Perusahaan Akseleran yang akan membantu Anda menuntaskan permasalahan utang.

Berbagai kondisi lapangan membuat Anda tidak lagi bisa beraktivitas normal. Padahal berbagai kebutuhan hidup terus berjalan. Sistem proteksi milik perusahaan asuransi kredit dapat berjalan semestinya.

Padahal lender tidak lagi bekerja secara normal akibat kecelakaan kerja, PHK, bahkan meninggal dunia ketika sedang bekerja. Sesuai dengan fungsinya, Asuransi Kredit akan menggantikan kewajiban Anda.

Asuransi Kredit terbaik mampu mengganti kerugian hingga 99% dari dana pinjaman. Dengan catatan kondisinya masih terutang selama 90 hari lamanya sejak tanggal tenggat pembayaran.   

Kemudian pastikan Anda memakai produk P2P lending yang memiliki logo ‘Proteksi Asuransi’. Ketika diaktifkan, maka seluruh pinjaman akan dilindungi oleh pihak asuransi kredit.

Apabila peminjam mengajukan klaim, maka proses klaimnya hanya memakan waktu rata-rata 10 hari kalender. Lalu proses klaim akan dimulai setelah 91 hari sejak tanggal tenggat pembayarannya.

Mendaftar asuransi kredit berarti memindahkan tanggung jawab penagihan pada pihak asuransi, jadi nantinya yang akan menagih Anda bukanlah dari pihak P2P lending melainkan pihak asuransi.  

Bila ada selisih dari total hutang dan klaim maka biaya selisihnya akan dibebankan pada peminjam. Asuransi kredit ini berlaku di seluruh fintech pinjaman Online Merchant maupun kepada para UMKM.

Sistem penyeleksian ajuan pinjaman akan dilakukan oleh tim profesional, sehingga peminjaman tidak bisa dilakukan oleh sembarang orang. Dengan begitu transaksinya dijamin aman dan terpercaya.

Oleh karenanya, lakukan pinjaman dana dengan memanfaatkan asuransi kredit sebagai solusi alternatif. Pilihlah perusahaan profesional yang lolos OJK. Teliti kembali ketentuan perjanjian supaya tidak menyesal di kemudian hari.

Lakukan pengajuan sesuai dengan ketentuan dan penuhi semua persyaratan yang diminta. Mekanisme pendaftaran yang mudah dan syarat yang sudah Anda penuhi dapat mempercepat proses pengajuan pinjaman.Tentukan jumlah nominal sesuai kebutuhan mudah dalam mencicil tanggung jawab setiap bulannya. Kegiatan meminjam P2P lending dengan asuransi kredit Akseleran akan lebih lancar dan nyaman bagi lender.

Bila telah mendapatkan pendanaan, lakukan  pengelolaan dana dengan baik sehingga usaha Anda dapat berkembang sesuai dengan permodalan yang telah Anda dapatkan sekaligus mendapatkan peningkatan modal di periode selanjutnya.

Kembangkan Dana Sekaligus Berikan Kontribusi Untuk Ekonomi Nasional dengan Melakukan Pendanaan Untuk UKM Bersama Akseleran!

Bagi kamu yang igin membantu mengembangkan usaha kecil dan menengah di Indonesia, P2P Lending dari Akseleran adalah tempatnya. Akseleran menawarkan kesempatan pengembangan dana yang optimal dengan bunga rata-rata hingga 10,5% per tahun dan menggunakan proteksi asuransi 99% dari pokok pinjaman. Tentunya, semua itu dapat kamu mulai hanya dengan Rp100 ribu saja.

BLOG100

Yuk! Gunakan kode promo BLOG100 saat mendaftar untuk memulai pengembangan dana awalmu bersama Akseleran. Untuk pertanyaan lebih lanjut dapat menghubungi Customer Service Akseleran di (021) 5091-6006 atau email ke [email protected].