Memahami Apa itu Natural Monopoly?

0
3911
Natural Monopoly Adalah

Natural monopoly adalah merupakan suatu jenis pasar monopoli yang terjadi secara natural atau alamiah dan terkadang bisa tidak disengaja. Hal ini bisa terjadi karena perusahaan monopoli mempunyai atau memproduksi sesuatu yang otentik, unik, dan khas yang tidak dimiliki oleh para pesaingnya. 

Misalnya saja, penggunaan teknologi tertentu dalam proses produksi dan pengeluaran cost production yang bisa dibilang efisien. Hal ini pada akhirnya akan mengakibatkan para kompetitor mengalami kesulitan untuk masuk ke dalam pasar yang sejenis dengan perusahaan monopoli tadi. 

Sebuah perusahaan bisa dikatakan sebagai monopoli alamiah karena produk atau jasa yang dihasilkan hanya ada pada wilayah tertentu. Mulanya, perusahaan ini terdapat di kawasan yang memiliki sumber daya khusus, semisal produk hasil pertanian. Akan tetapi, iklim dari monopoli alamiah ini lama-kelamaan akan mulai terbentuk saat cost production atau biaya produksi perusahaan terbilang lebih efisien dibandingkan yang lainnya.

Contoh sederhana yang bisa diamati adalah perusahaan yang menyediakan layanan listrik di negara maju, sebut saja Amerika Serikat. Sektor penyedia listrik di Indonesia memang dikuasai penuh oleh Perusahaan Listrik Negara (PT PLN Persero). Meski begitu, monopoli ini terjadi karena adanya aturan yang memang memungkinkan hal tersebut. 

Sedangkan di Amerika Serikat, sebuah perusahaan yang menyediakan pasokan listrik bisa dikatakan memiliki kekuatan monopoli alamiah asalkan mereka bisa menyediakan jaringan listrik di kawasan tersebut sesegera mungkin. Alhasil, secara alami, sektor usaha penyedia jaringan listrik pun akan tertutup secara alami bagi kompetitor. 

Natural Monopoly Adalah Hal Umum yang Terjadi di Dunia Bisnis

Suatu perusahaan disebut bisa menguasai pasar biasanya karena adanya rencana bisnis yang dibarengi dengan kecurangan atau tidak sehat. Contoh sederhananya adalah menguasai satu sektor tertentu dengan cara merger, kolusi, mengambil alih secara paksa, dan akuisisi.

Guna bisa membuat suatu monopoli pada sektor tertentu, umumnya semua bentuk kegiatan akan dilakukan secara bersamaan oleh dua perusahaan yang bersaing. Sebagai pihak yang berhasil menguasai pasar, keduanya sering kali mengoordinasikan atau mengatur biaya maupun faktor produksi lainnya sehingga bahan dasar pun bisa lebih efisien.

Natural monopoly bisa terjadi dengan dua cara. Pertama, saat satu perusahaan mengambil semua manfaat dari hambatan usaha yang ketat pada bidang tersebut. Pasalnya, semakin ketat hambatan usaha, semakin besar modal yang diperlukan para kompetitor agar bisa bersaing dengan perusahaan monopoli yang telah berdiri terlebih dahulu. 

Kedua, membuat barang maupun jasa dengan jumlah atau skala yang besar sehingga biaya produksi bisa ditekan dan lebih efisien daripada perusahaan pesaing. Biaya produksi yang tergolong rendah sudah pasti berdampak pada harga jual yang lebih rendah pula sehingga masyarakat lebih memilih untuk membeli atau menggunakan produk atau jasa tersebut. 

Baca juga: 6 Strategi Mengembangkan Bisnis Yang Efektif!

Mengapa Natural Monopoly Dibolehkan?

Natural monopoly adalah hal yang boleh dilakukan saat suatu perusahaan mampu menjadi supplier dari barang atau jasa tertentu dengan biaya yang cenderung lebih murah dibandingkan dengan pesaing. Pun, jumlahnya bisa memenuhi kebutuhan semua pasar. Perusahaan mampu memanfaatkan sumber daya yang terbatas sebaik dan seefisien mungkin untuk memberikan harga murah kepada para konsumen. Tentunya, hal ini bisa sangat menguntungkan dalam banyak kondisi.

Contoh sederhana lainnya adalah industri utilitas seperti air, minyak, gas, dan listrik ke seluruh penjuru negeri. Natural monopoly adalah bisa terbentuk karena modal utama yang diperlukan untuk memulai suatu usaha juga tidak kecil sehingga tak banyak perusahaan yang mau memilih atau menjalani sektor usaha tersebut.

Tidak hanya itu, sektor industri ini telah diatur guna memastikan semua konsumen memperoleh harga dan pelayanan yang tepat dan adil. Masyarakat pun bisa memperoleh manfaat dari monopoli alamiah yang dimiliki perusahaan utilitas tadi. Inilah alasan utama mengapa sistem monopoli ini diizinkan.

Coba amati berbagai laman media sosial, mesin pencari di internet, dan perusahaan ritel yang bergerak secara daring. Sebut saja Google, Facebook, dan Amazon. Ketiga perusahaan besar tersebut menjadi raja di dunia digital berbasis internet yang berhasil membentuk monopoli alami untuk berbagai layanan online. Hal ini disebabkan karena ketiganya memiliki aturan hukum yang jelas yang berkaitan dengan natural monopoly, tidak seperti utilitas tradisional yang belum mempunyai payung hukum yang jelas terkait hal tersebut.

Itu tadi penjelasan singkat seputar natural monopoly dan alasan mengapa sistem bisnis ini diizinkan dilakukan di suatu negara. Semoga bermanfaat.

Kembangkan Usahamu dengan Mengajukan Pinjaman Melalui Platform P2P Lending Akseleran!

Dapatkan pinjaman dengan bunga kompetitif dan kemudahan proses pengajuan. Ajukan pinjaman untuk mengembangkan usahamu sekarang. Akseleran juga sudah terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) sehingga proses transaksi yang kamu lakukan jadi lebih aman dan terjamin.

BLOG100

Untuk kamu yang tertarik mengenai pendanaan atau pinjaman langsung bisa juga menghubungi (021) 5091-6006 atau bisa via email [email protected]