6 Strategi Mengembangkan Bisnis Yang Efektif!

0
2717
Strategi Mengembangkan Bisnis

Strategi Mengembangkan Bisnis – Usaha kecil menengah di Indonesia akhir-akhir ini mengalami peningkatan yang cukup pesat. Tercatat ada 3,79 juta pelaku UMKM yang memanfaatkan teknologi digital dalam proses bisnisnya. Menggunakan teknologi digital dalam bisnis memang dapat mengembangkan bisnis di era teknologi ini. Maka dari itu, peran dari usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) di Indonesia terhitung cukup besar dalam membantu pertumbuhan ekonomi nasional. 

Hal tersebut membuktikan bahwa masyarakat Indonesia sudah menyadari bahwa menjalani usaha kecil menengah di era seperti ini bisa menjadi peluang yang sangat menjanjikan, apalagi jika dijalankan dengan strategi bisnis yang tepat. Mengembangkan usaha menjadi lebih besar memang tidak mudah, banyak aspek yang harus dipenuhi secara hati-hati agar pengembangan bisnis berjalan dengan lancar. Maka dari itu, Anda perlu mengetahui strategi bisnis yang bisa dilakukan untuk mengembangkan usaha kecil menengah. Berikut merupakan beberapa strategi mengembangkan bisnis dari Akseleran yang bisa Anda lakukan untuk mengembangkan bisnis.

Memilih Lokasi yang Tepat

Meskipun banyak UKM yang memanfaatkan teknologi digital, hal ini tidak luput juga dari UKM yang masih memiliki toko fisik. Bagi UKM yang memiliki toko fisik, lokasi merupakan salah satu aspek utama yang paling penting dalam berkembangnya usaha. Dengan menentukan lokasi yang strategis, tentu akan berpengaruh besar dalam berjalannya bisnis. 

Pilihlah lokasi yang bisa dijangkau oleh pelanggan dengan mudah, namun juga dekat dengan lokasi bahan baku. Jika Anda memilih lokasi yang dapat dijangkau dengan mudah, pelanggan dapat mengetahui bisnis Anda lebih mudah, dan kemungkinan untuk Anda mendapat pelanggan baru juga lebih besar. 

Memanfaatkan Media Sosial

Salah satu cara mudah yang bisa Anda lakukan dalam mengembangkan bisnis yaitu memanfaatkan media sosial sebagai strategi mengembangkan bisnis. Di era teknologi digital seperti sekarang, peran media sosial sangatlah penting, karena hampir semua orang memiliki media sosial, sehingga kesempatan Anda untuk mendapatkan pelanggan juga tentunya lebih besar.

Selain itu, media sosial bisa digunakan oleh siapa saja dengan gratis, sehingga Anda bisa melakukan promosi dengan membuat profile yang menarik agar calon pelanggan tertarik untuk membeli produk Anda. Jika Anda ingin menjangkau pasar yang lebih luas, Anda bisa menggunakan fitur iklan yang ada di media sosial untuk mempromosikan usaha Anda. Tentu fitur ini merupakan fitur berbayar, sehingga Anda harus rela menyisihkan budget tertentu untuk melakukan promosi. 

Lakukan Inovasi Secara Berkala

Pelanggan cenderung memiliki sifat bosan dan selalu ingin mencoba sesuatu yang baru. Salah satu strategi mengembangkan bisnis yang bisa Anda lakukan untuk mempertahankan pelanggan, yaitu dengan melakukan inovasi untuk usaha Anda. Hal ini penting untuk dilakukan, apalagi jika usaha Anda memiliki banyak kompetitor.

Biasanya suatu industri memiliki tren-nya masing-masing. Sebagai pemilik usaha, Anda harus mengikuti tren apa yang sedang disukai oleh konsumen, dan cobalah untuk melakukan inovasi terhadap produk Anda. Kembangkan bisnis Anda dengan inovasi baru, namun tetap pertahankan kualitas produk agar pelanggan tetap setia dengan bisnis Anda.

Kenali Kompetitor Bisnis

Memiliki kompetitor dalam bisnis merupakan hal yang wajar, bisa jadi ada puluhan sampai ribuan usaha memiliki produk yang sama dengan produk yang Anda pasarkan. Dalam menjalankan bisnis, Anda perlu mengetahui siapa saja kompetitor bisnis, serta kelebihan dan kekurangan kompetitor jika dibandingkan dengan bisnis Anda. Berkompetisi dalam bisnis merupakan hal yang biasa, maka dari itu Anda harus memiliki hal yang membedakan bisnis Anda dengan bisnis kompetitor, agar usaha Anda bisa terus berkembang.

Menggunakan Dana Pinjaman untuk Usaha

Menggunakan dana pinjaman merupakan strategi bisnis yang cukup rumit untuk dilakukan dalam bisnis. Jika Anda tidak berhati-hati dalam menggunakan dana pinjaman, kemungkinan bangkrut bisa saja terjadi. Namun, jika keterbatasan modal usaha merupakan hal yang membuat usaha Anda terhambat, hal ini bisa dipertimbangkan untuk dilakukan.

Landing Page Ebook

Untuk mendapatkan dana pinjaman, Anda bisa mengajukan pinjaman lewat bank, namun ada beberapa syarat-syarat yang cukup sulit untuk dipenuhi. Salah satu cara lain yaitu mengajukan pinjaman dari Peer-to-Peer (P2P) Lending. Di era sekarang ini banyak sekali cara yang bisa Anda gunakan untuk mendapatkan dana pinjaman. Gunakan dana tersebut untuk hal-hal prioritas seperti menambah alat produksi atau menambah cabang di lokasi baru. 

Rencanakan Keuangan dengan Baik

Banyak usaha yang terpaksa harus menutup usahanya karena kesalahan pengelolaan keuangan. Maka dari itu, Anda perlu membuat sistem pencatatan keuangan yang rapi, serta membuat laporan keuangan secara rutin demi menjaga keuangan usaha dengan baik. Buatlah rencana keuangan serta prioritas pengeluaran agar Anda tidak menghambur-hamburkan dana usaha. Saat ini banyak sekali software akuntansi yang dapat memudahkan Anda dalam mengurus keuangan.

Salah satu software akuntansi yang bisa Anda gunakan adalah Jurnal. Dengan sistem berbasis cloud, Anda bisa mengakses Jurnal dimana saja dan kapan saja. Selain itu, dengan berbagai macam fitur seperti pembuatan laporan keuangan, pembuatan faktur, hingga manajemen aset akan membantu Anda dalam menjalankan urusan keuangan pada bisnis Anda. Cari tahu berbagai fitur lainnya yang bisa Anda dapatkan di sini. 

Terapkan Strategi di Atas dengan Membangun Bisnis dengan Pinjaman dari Akseleran

BLOG100

Akseleran Apps

Yuk! Gunakan kode promo BLOG100 saat mendaftar untuk memulai pengembangan dana awalmu bersama Akseleran. Untuk syarat dan ketentuan dapat menghubungi (021) 5091-6006 atau email ke [email protected]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here