Memahami Apa Itu Mnemonik Serta Tekniknya!

0
2851
Mnemonic Adalah

Teknik mnemonik sudah dikenal sejak zaman yunani dan romawi kuno dan tentunya penggunaannya masih digunakan hingga hari ini. Beberapa kalangan yang masih menggunakan teknik mnemonik contohnya seperti ahli pemasaran, pengacara perusahaan hingga yang paling mudah digunakan oleh para pelajar.

Jadi, Sebenarnya Apa Itu Mnemonik?

Mnemonik adalah teknik untuk mempermudah kita dalam mengingat sesuatu. Mudahnya, mnemonik itu rumusan atau ungkapan untuk membantu serta mengingat-ingat sesuatu.

Selain itu menurut Stine, Mnemonik adalah kemampuan otak untuk menghubungkan kata-kata, ide serta khayalan. Dari definisi tersebut dikatakan bahwa mnemonik adalah teknik untuk memudahkan mengingat sesuatu yang dilakukan dengan membuat rumusan atau ungkapan atau menghubungkan kata, ide dan khayalan.

Seperti yang kita ketahui bahwa manfaat penggunaan mnemonik ini adalah mempermudah ingatan, namun selain itu tentu akan mempermudah belajar sehingga hambatan dalam proses pembelajaran dapat berjalan lebih baik.

Dengan proses pembelajaran yang baik tentu motivasi siswa untuk belajar, sehingga akhirnya dapat mencapai hasil yang lebih optimal. Karenanya tujuan akhir dari penggunaan teknik mnemonik dalam pembelajaran adalah hasil belajar yang optimal dengan cara yang cepat dan mudah. Karenanya, teknik ini perlu diterapkan kepada para siswa.

Teknik-Teknik dalam Mnemonik

Mnemonik juga memiliki beberapa teknik salah satunya metode berkait. Metode berkait ini bekerja sesuai dengan asumsi bahwa pikiran tidak selalu berfokus pada satu hal.

Jika satu pemikiran muncul, tentu akan disusul pemikiran lain. Dengan mengaitkan pemikiran-pemikiran tersebut akses menjadi lebih mudah.

Untuk pembelajaran, cara penggunaan mnemonik ini terdapat 4 cara yaitu:

  • Siapkan fakta atau kata kunci dari materi pelajaran yang harus diingat
  • Kaitkan kata-kata tersebut antara satu dengan yang lain
  • Membuat visualisasi (khayalan) di dalam pikiran
  • Panggil ulang kata-kata tersebut

Contoh kaitan mnemonik : Rusia berperang melawan Amerika dan akhirnya mengubah Amerika menjadi seekor gajah. Gajah itu dinaiki seorang pelawak yang pergi ke Indonesia untuk menonton API (Akademi Pelawak TPI).

Pelawak tersebut kemudian mengajak peserta API ke India untuk menyaksikan Taj Mahal. Dari India, mereka melanjutkan perjalanannya ke Mesir untuk menyaksikan piramida. Di Mesir, mereka bertemu orang-orang yang berkulit hitam.

Baca juga: Struktur Teks Negosiasi dan Contohnya!

Mereka lalu heran dan bertanya kepada orang-orang berkulit hitam dan dijawab bahwa mereka terbakar matahari. Mendengar jawab tersebut mereka kaget dan jatuh ke laut.

Dari contoh kaitan mnemonik di atas sudah terlihat bahwa pikiran (ide) satu saling berkait dengan pikiran yang kedua dan seterusnya.

Satu pikiran diikat oleh pikiran berikutnya seperti rantai. Apabila, kita mengingat satu pikiran, maka pikiran lainnya akan mengikuti secara otomatis.

Dari kaitan yang tersusun menyerupai sebuah cerita itu semakin mempermudah siswa mengingat keseluruhan kata, karena kata-kata yang semula seperti tidak saling berkaitan kini semuanya tampak logis dan saling terkait.

Visualisasi dalam mnemonik dilakukan, misalnya dengan membuat gambaran mental tentang seekor gajah yang dinaiki lima orang pelawak. Di atas kepala mereka tampak matahari bersinar terang dan membakar tubuh orang-orang berkulit hitam.

Penggunaan teknik mnemonik ini mendukung program pembelajaran yang menarik sehingga perlu dipraktikan di kelas.

Nah itulah sedikit informasi mengenai apa itu mnemonic. Sekarang sudah memahami kan sedikit banyak mengenai mnemonic ini?

Kembangkan Dana Sekaligus Berikan Kontribusi Untuk Ekonomi Nasional dengan Melakukan Pendanaan Untuk UKM Bersama Akseleran!

Bagi kamu yang ingin membantu mengembangkan usaha kecil dan menengah di Indonesia, P2P Lending dari Akseleran adalah tempatnya. Sebagai platform pengembangan dana yang optimal dengan bunga hingga 16% per tahun kamu dapat memulainya hanya dengan Rp100 ribu saja.

BLOG100

Yuk! Gunakan kode promo BLOG100 saat mendaftar untuk memulai pengembangan dana awalmu bersama Akseleran. Untuk syarat dan ketentuan dapat menghubungi (021) 5091-6006 atau email ke [email protected]