15 Tips Mudah Mengatur Keuangan Pribadi dengan Gaji Kecil

0
2019
mengatur keuangan pribadi dengan gaji kecil

Penghasilan kecil memang menjadi tantangan bagi Anda yang ingin mengatur keuangan. Namun, jangan biarkan hal ini menghalangi tujuan untuk menabung dan memanfaatkan bujet sebaik-baiknya!

Mari abaikan soal berutang atau menggesek kartu kredit. Ternyata, ada banyak solusi kreatif yang bisa sangat membantu tujuan Anda. Penasaran apa saja? Yuk, ikuti 15 cara mengatur keuangan pribadi dengan gaji kecil berikut!

1. Bebaskan diri Anda dari utang

Utang dapat menjadi penghambat dalam mencapai tujuan finansial. Cicilan utang rutin bahkan bisa membuat Anda tidak punya uang untuk ditabung sampai akhir bulan. Sebaiknya, prioritaskan kewajiban membayar utang—dengan tetap memperhatikan kebutuhan pokok Anda.

2. Kurangi biaya tempat tinggal

Bisa dikatakan, biaya tempat tinggal adalah salah satu pengeluaran rutin terbesar yang harus disiapkan seseorang. Namun, ada trik untuk menyiasatinya. Pertama, pindah lokasi ke wilayah yang jauh dari pusat kota. Kedua, Anda bisa pindah ke rumah atau apartemen yang lebih kecil dengan harga yang lebih murah. Ketiga, jika memiliki ruang ekstra di rumah, tidak ada salahnya untuk menyewakannya kepada orang lain.

3. Kurangi pengeluaran dengan kupon, vocer, cashback, atau kode diskon

Setiap hendak berbelanja, baik online maupun offline, cari tahu promo-promo yang ada di tempat Anda berbelanja. Bila berbelanja online, cobalah kunjungi situs khusus promo atau cari tab promo yang ada di toko maupun marketplace yang dituju. Sementara itu, jika belanja secara offline, selalu cek keterangan promo yang biasanya ada di dekat label harga di rak produk.

Baca juga: Tips Berburu Belanja Diskon di Tengah Pandemi Covid-19

4. Jual barang-barang yang tidak terpakai

Ketika senggang, cobalah untuk mengubek-ubek seisi rumah. Siapa tahu ada barang-barang yang bisa didonasikan atau bahkan dapat dijual—selagi kondisinya masih cukup baik. Setidaknya, uang dari satu atau dua barang yang terjual bisa masuk celengan!

5. Beli barang bekas

Beli barang tidak harus selalu gres. Terlebih, hampir semua produk bisa dibeli dalam kondisi bekas, mulai dari sepeda, mainan, pakaian, hingga peralatan dapur. Beli barang bekas tidak hanya menjadi salah satu cara mengatur keuangan pribadi dengan gaji kecil, tetapi juga menyelamatkan Anda saat keadaan darurat datang.

6. Lebih banyak berjalan kaki

Untuk mengatur keuangan personal, mengurangi bujet untuk transportasi bisa sangat menguntungkan. Pergi ke pasar atau swalayan yang dekat dengan rumah hanya untuk membeli beberapa produk? Tinggal jalan kaki saja. Tak perlu harus mengeluarkan motor atau mobil, apalagi kalau tujuannya hanya untuk melihat-lihat alias tidak membeli apa-apa.

7. Downgrade teknologi Anda

Punya PC atau laptop super cepat, tetapi cuma untuk mengerjakan tugas-tugas dasar? Selalu berganti-ganti ponsel pintar ke versi paling baru, tetapi banyak fitur yang tidak terpakai? Mari belajar untuk memahami hal yang sebenarnya Anda butuhkan. Kalau bisa di-downgrade, kenapa tidak?

Baca juga: Ini Dampak Perkembangan Teknologi yang Dapat Dirasakan

8. Pergi ke perpustakaan

Perpustakaan adalah sumber hiburan yang bagus. Apabila bujet pas-pasan untuk membeli buku, tak ada salahnya membaca sambil mencari ketenangan di perpustakaan.

9. Jaga kesehatan

Sakit bisa membuat pengeluaran bertambah. Maka dari itu, jagalah kesehatan dengan rutin berolahraga, mengonsumsi makanan sehat, serta istirahat yang cukup mulai sekarang.

10. Pindah bank

Cara mengatur keuangan pribadi dengan gaji kecil adalah dengan pindah bank. Maksudnya? Cari bank yang memotong biaya administrasi paling sedikit, atau bahkan bebas biaya.

11. Cari hiburan terjangkau atau gratis

Siapa bilang hiburan itu mahal? Anda dapat menghemat pengeluaran dengan belajar memasak bersama pasangan, masuk ke museum tanpa tiket, atau pergi mendaki bukit.

12. Pilih cara pembayaran terbaik

Terkadang, toko yang Anda kunjungi, baik online maupun offline, mengadakan promo untuk jenis pembayaran tertentu. Misalnya, cashback dengan bayar via dompet digital atau diskon untuk pembayaran kartu debit tertentu.

13. Hentikan keanggotaan

Daftar keanggotaan untuk pusat kebugaran atau streaming video dan film, tetapi jarang dipakai? Sebaiknya berhenti saja. Bayar sekali saat benar-benar butuh ternyata lebih hemat, lo!

14. Beli bahan-bahan makanan secara online

Kalau ada toko terdekat yang menyediakan pemesanan online dan gratis ongkir, coba pertimbangkan. Anda bisa menghemat tanpa perlu berbelanja keluar rumah!

15. Hindari pemborosan saat keluar rumah

Keluar rumah sampai menghambur-hamburkan uang? Jangan sampai, ya. Misalnya, sebisa mungkin, usahakan makan malam di rumah ketimbang ke restoran.

Siapa sangka kalau cara mengatur keuangan pribadi dengan gaji kecil bisa sebanyak ini? Ternyata, penghasilan pas-pasan bukanlah penghalang untuk memenuhi kebutuhan sekaligus menabung. Memang, mengawalinya tidaklah yang mudah. Namun, tetap saja bukan hal yang mustahil untuk diterapkan.

Jadi, Sudah Siap Mengatur Keuangan dengan Lebih Baik? Gunakan Akseleran Untuk Membantu Kamu Mengatur Keuangan dengan Optimal!

Bagi kamu yang ingin mengatur keuangan dengan lebih optimal jangan lupa untuk menyisihkan dana untuk dikembangkan di Akseleran hanya mulai dari Rp100 ribu saja kamu sudah dapat menikmati bunga hingga 16% per tahun.

BLOG100

Yuk! Gunakan kode promo BLOG100 saat mendaftar untuk memulai pengembangan dana awalmu bersama Akseleran. Untuk syarat dan ketentuan dapat menghubungi (021) 5091-6006 atau email ke [email protected].