Mengamati Kondisi Rupiah Sepekan

0
396
Ilustrasi Teller Memperlihatkan Uang Rupiah - Sumber Bisnis

Mengacu Kurs Referensi Jakarta Interbank Spot Dollar Rate (JISDOR), nilai tukar rupiah berada di harga Rp14.182 per dolar Amerika Serikat (AS) pada penutupan perdagangan Jumat (04/12). Dengan demikian, di akhir pekan ini, rupiah melemah tipis 5 poin dibandingkan penutupan perdagangan pada Kamis (03/12) yang berada di harga Rp14.177 per dolar AS.

Piter Abdullah Redjalam, Pengamat Pasar Uang mengatakan, sepekan terakhir mata uang garuda bergerak fluktuasi dengan kecenderungan menguat. “Isu global terkait vaksin dan rencana kebijakan pemulihan ekonomi AS mendorong melemahnya dolar AS termasuk terhadap rupiah,” ujar Piter kepada Akseleran, Jumat (04/12).

Menurut Piter, meski rupiah mengalami penguatan terhadap nilai mata uang negeri Paman Sam, nyatanya penguatan rupiah bisa dikatakan hanya tertahan, karena belum bisa menembus batas resistance nya.

Untuk pekan depan, Piter memproyeksikan rupiah masih akan melanjutkan penguatannya. Hal ini didorong atas berita terkait vaksin yang masih mendominasi menjadi penggerak aliran modal asing dan juga rupiah.

Piter memprediksi, rupiah akan bergerak di kisaran Rp14.050 – Rp14.150 per dolar AS.

Baca Juga:
Menanti Vaksin, Mampukah Rupiah Menguat?
Pendanaan Anak Muda ini Miliaran Rupiah, Ungkap Rahasianya Yuk!

Sementara, Ibrahim Assuaibi selaku Direktur PT.TRFX Garuda Berjangka mengatakan, dalam perdagangan akhir pekan ini melemah tipis dibandingkan perdagangan kemarin. Tetapi jika diakumulasi sejak perdagangan Senin (30/11), rupiah melemah 54 poin yakni di level Rp14.128.

Menurut Ibrahim, pelemahan rupiah karena kasus positif Covid-19 dalam beberapa hari terakhir semakin ‘menggila’. Jumlah kasus yang terkonfirmasi sempat mencapai 8.369 kasus dalam sehari pada Kamis (3/12), sekaligus menjadi rekor tertinggi selama pandemi Covid-19 terjadi di Indonesia.

“Hal ini membuat investor semakin khawatir,” ujar Ibrahim kepada Akseleran, Jumat (4/12).

Untuk pekan depan, Ibrahim memprediksi mata uang rupiah berada di kisaran Rp14.070 – Rp14.120.

Daftar sekarang dan dapatkan imbal hasil hingga 21% per tahun di Akseleran

Akseleran memberikan saldo awal senilai Rp 100 ribu untuk pendaftar baru dengan menggunakan kode CORCOMMBLOG. Melakukan pendanaan di P2P Lending Akseleran juga sangat aman karena lebih dari 98% nilai portofolio pinjamannya memiliki agunan. Sehingga dapat menekan tingkat risiko yang ada. Akseleran juga sudah berizin dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dengan nomor surat KEP-122/D.05/2019 sehingga proses transaksi yang kamu lakukan jadi lebih aman dan terjamin.

Untuk kamu yang tertarik mengenai pendanaan atau pinjaman langsung bisa juga menghubungi (021) 5091-6006 atau bisa via email [email protected]