Mempersiapkan Dana Pendidikan Anak

2
369

Meskipun kita belum mendapat kepastian kapan sekolah tatap muka akan kembali digelar, namun dana pendidikan anak adalah sesuatu yang sudah pasti harus dipersiapkan. Supaya Sobat lebih tenang menyiapkan dana pendidikan anak, berikut beberapa tipsnya.  

Diskusi dengan Pasangan

Komunikasikan dan diskusikan dengan baik bersama pasangan perihal rencana memiliki anak serta fasilitas pendidikan yang akan diberikan untuk anak. Misalnya, apakah nantinya anak akan disekolahkan secara formal atau homeschooling. Selain mempertimbangkan kualitas sekolah dan kebutuhan anak, jangan lupa pertimbangkan jarak tempuh antara sekolah dan rumah. Pasalnya, jika nanti sekolah sudah kembali berlangsung sepenuhnya offline, tentu biaya transportasi dan lama waktu di perjalanan tak bisa dikesampingkan.

Memperhitungkan Biaya

Komponen perhitungan biaya pendidikan anak ini secara dasar ada tiga, yaitu jangka waktu hingga anak masuk ke jenjang pendidikan yang dituju, biaya sekolah saat ini (termasuk biaya pendaftaran, uang pangkal, uang pembangunan dan iuran sekolah selama setahun) serta angka asumsi inflasi per tahun.

Misalkan Sobat sedang merencanakan biaya anak masuk TK pada tahun 2024 atau tiga tahun lagi. Setelah melakukan riset, Sobat mendapati bahwa biaya masuk TK beserta iuran sekolah tahun ini mencapai Rp15 juta. Inflasi kita asumsikan 10% per tahun atau ada penambahan biaya Rp1,5 juta  per tahun.  

Jika tahun ini biayanya Rp15 juta, maka tahun 2022 angkanya menjadi Rp16,5 juta, tahun berikutnya Rp18 juta dan pada 2024 mencapai Rp19,5 juta. Artinya, dana pendidikan anak masuk TK yang perlu dipersiapkan adalah sebesar Rp19,5 juta.

Menyiapkan Dana Pendidikan

Selain menabung, Sobat bisa melakukan investasi maupun pengembangan untuk mempersiapkan dana pendidikan anak. Saat ini ada beragam pilihan instrumen investasi maupun pengembangan dana. 

Mulai dari deposito, tabungan pendidikan, asuransi pendidikan, reksa dana, saham, emas, hingga P2P Lending. Sebelum memilih, pastikan Sobat memahami risiko dan ketentuan masing-masing produk dan sesuaikan dengan kemampuan finasial Sobat.

Ayo dukung pertumbuhan ekonomi dengan memberikan pendanaan UMKM secara aman di Akseleran! Daftar sekarang dan dapatkan imbal hasil hingga 21% per tahun di Akseleran.

Akseleran memberikan saldo awal senilai Rp100 ribu untuk pendaftar baru dengan menggunakan kode CORCOMMBLOG. Melakukan pendanaan di P2P Lending Akseleran juga sangat aman karena lebih dari 98% nilai portofolio pinjamannya memiliki agunan. Sehingga dapat menekan tingkat risiko yang ada. Akseleran juga sudah terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dengan nomor surat KEP-122/D.05/2019 sehingga proses transaksi yang kamu lakukan jadi lebih aman dan terjamin.

Untuk kamu yang tertarik mengenai pendanaan atau pinjaman langsung bisa juga menghubungi (021) 5091-6006 atau via email [email protected]

2 COMMENTS

Comments are closed.