18 Daftar Perlengkapan Bayi yang Wajib Dipersiapkan Sebelum Lahir

0
688
Perlengkapan Bayi

Selain menyiapkan mental sebagai orang tua baru, Anda juga perlu membeli beberapa perlengkapan bayi sebelum si kecil lahir. Dari sekian banyak keperluan bayi, ini 18 daftar perlengkapan bayi yang perlu Anda beli.

Baju 

Beli baju lengan pendek dan lengan panjang berkancing depan supaya mudah dipakaikan pada bayi. Perbanyak baju berukuran 3-6 bulan mengingat tubuh bayi baru lahir cepat bertambah besar dalam waktu satu atau dua bulan saja.

Celana pendek dan panjang

Celana pendek ideal untuk pakaian sehari-hari bayi, sedangkan celana panjang bisa dijadikan pakaian tidur. Anda juga bisa membeli beberapa potong jumpsuit sebagai pilihan pakaian tidur atau bepergian yang praktis sekaligus menghangatkan tubuh si kecil.  

Popok tali

Sebetulnya popok tali hanya terpakai pada dua bulan pertama saja, tetapi terbilang praktis mengingat frekuensi buang air kecil dan buang air besar bayi baru lahir cukup tinggi.

Kain Bedong

Sama seperti popok tali, kain bedong juga dipakai pada bulan-bulan awal kehidupan bayi. Membedong bertujuan menghangatkan tubuh bayi sehingga tidak perlu membedongnya terlalu ketat.

Sarung Tangan dan Kaos Kaki

Penggunaan sarung tangan dan kaos kaki sebaiknya saat cuaca dingin saja, tetapi jangan kenakan sehari penuh. Biarkan tangan dan kakinya telanjang agar tetap terstimulasi dengan baik.

Topi Bayi

Kenakan topi saat bayi bepergian atau berada di tempat dingin untuk menghangatkan kepalanya yang masih lembut.  

Tadah Iler atau Bib

Tadah iler atau bib dengan perekat velcro lebih praktis. Gunakan tadah iler untuk melindungi pakaian bayi agar tidak basah terkena air liurnya. 

Popok Sekali Pakai

Pilih popok sekali pakai sesuai berat badan bayi. Popok ini praktis dikenakan saat bepergian atau tidur malam. Ganti setiap 4 jam sekali untuk mencegah kulit pantat bayi terkena iritasi.

Perlengkapan Memerah ASI

Termasuk pompa ASI, kantong ASI, dan cup feeder sebagai media pemberian ASI perah. Jika Anda ibu bekerja, bisa ditambahkan tas khusus peralatan pompa ASI yang dilengkapi tempat penyimpanan ASI perah beserta ice gel. 

Gendongan

Kebutuhan bayi untuk selalu dekat dengan orang tua bisa Anda penuhi melalui pemilihan alat gendong yang tepat dan nyaman. Pilihan gendongan kini beragam, mulai dari jarik batik, ring sling, stretchy wrap, woven wrap, instant wrap, hingga soft structured carrier.  

Selimut Bayi

Selimut bayi berguna menghangatkan tubuh bayi saat udara dingin. Pilih selimut berbahan lembut, tetapi tidak terlalu tebal. Tetap pantau bayi ketika mengenakan selimut ya.

Bak Mandi

Bak mandi plastik cukup untuk membantu Anda memandikan si kecil. Jangan lupa cek suhu air sebelum memandikan bayi, pastikan hangat suam-suam kuku alias tidak terlalu panas.

Baca juga: Mempersiapkan Dana Pendidikan Anak

Perlengkapan Mandi

Beli sabun dan sampo dengan formula khusus bayi yang aman untuk kulit serta tidak membuat mata pedih. 

Handuk

Cari handuk berukuran cukup besar dengan tekstur lembut dan menyerap air. Selalu bentangkan handuk sebelum ia mandi agar Anda bisa segera mengeringkan tubuhnya begitu selesai mandi.

Kain Lap

Kain lap akan Anda butuhkan untuk membasuh bagian tubuh bayi setiap ia buang air kecil atau buang air besar. Cari kain lap berbahan handuk supaya terasa lembut saat bersentuhan dengan kulit sensitif bayi.

Alas Ompol Kedap Air

Alas ompol kedap air atau perlak masuk sebagai satu dari sekian daftar perlengkapan bayi yang harus dibeli. Gunakan sebagai alas kasur saat mengeringkan tubuh bayi setelah mandi maupun alas tidurnya selagi ia tidak mengenakan popok sekali pakai.

Peralatan Kesehatan Bayi

Mempunyai bayi di rumah berarti Anda harus menyediakan berbagai jenis peralatan kesehatan bayi. Mulai dari termometer, kain kasa, plester, alkohol 70%, gunting kuku khusus bayi, alat sedot ingus, hingga obat-obatan standar seperti paracetamol dan vitamin. 

Produk Perawatan Tubuh Bayi

Gemas dengan wangi khas bayi? Anda bisa menyediakan beberapa produk perawatan tubuh bayi, seperti minyak telon, lotion anti nyamuk, hair lotion, petroleum jelly, baby oil, dan krim untuk mengatasi ruam popok. 

Daftar perlengkapan bayi di atas adalah perlengkapan bayi yang wajib tersedia sebelum bayi lahir. Seiring pertumbuhan si kecil dan ada bujet ekstra, Anda dapat menambahkan beberapa perlengkapan lagi. 

Misalnya, car seat, stroller, peralatan makan, kursi makan bayi atau high chair, bouncer, playmat, dan mainan bayi. Tetap sesuaikan dengan kebutuhan bayi ya agar semua perlengkapan tersebut benar-benar terpakai. 

Selamat berburu perlengkapan bayi!

Kembangkan Dana Sekaligus Berikan Kontribusi Untuk Ekonomi Nasional dengan Melakukan Pendanaan Untuk UKM Bersama Akseleran!

Bagi kamu yang igin membantu mengembangkan usaha kecil dan menengah di Indonesia, P2P Lending dari Akseleran adalah tempatnya. Akseleran menawarkan kesempatan pengembangan dana yang optimal dengan bunga rata-rata hingga 10,5% per tahun dan menggunakan proteksi asuransi 99% dari pokok pinjaman. Tentunya, semua itu dapat kamu mulai hanya dengan Rp100 ribu saja.

BLOG100

Yuk! Gunakan kode promo BLOG100 saat mendaftar untuk memulai pengembangan dana awalmu bersama Akseleran. Untuk pertanyaan lebih lanjut dapat menghubungi Customer Service Akseleran di (021) 5091-6006 atau email ke [email protected].