Hobi Tanaman Hias? Ini Lho Daftar Tanaman Hias Termahal!

1
733
tanaman hias termahal

Tidak hanya membuat suasana rumah tampak lebih asri, mengoleksi tanaman hias juga bisa menjadi salah satu hobi yang menyenangkan. Bahkan, karena saking sukanya, tak jarang para kolektor rela merogoh kocek dalam untuk bisa mendapatkan jenis-jenis tanaman hias termahal. Untuk itu, berikut ini kami rangkum beberapa jenis tanaman hias yang dijual dengan harga selangit di Indonesia. 

  • Bonsai

Menjadi salah satu primadona di kelas tanaman hias termahal, nilai jual bonsai terbilang stabil dan tinggi. Harganya bahkan bisa mencapai miliaran rupiah. Di Festival Bonsai Surabaya pada tahun 2018 lalu, misalnya, harga sebuah bonsai Ficus Microcarpa yang sudah berusia 100 tahun berhasil menembus angka Rp1 miliar.

Lantas, mengapa harga bonsai bisa sangat mahal? Pertama, hal ini karena proses pembuatan tanaman bonsai butuh waktu yang lama—bahkan bisa sampai bertahun-tahun. Selain itu, merawat dan menata bonsai juga membutuhkan keahlian khusus agar tanaman tersebut bisa tumbuh dengan baik dan terlihat cantik.

  • Anggrek Hitam Papua

Selain bonsai, anggrek hitam Papua juga termasuk dalam daftar tanaman hias termahal di tanah air. Seperti namanya, daya tarik utama dari tanaman bunga ini terletak pada warnanya yang unik. Pun, jenis anggrek ini tergolong sangat langka dan hanya bisa ditemukan di daerah Papua ataupun Kalimantan. Namun, untuk jenis anggrek hitam dari Kalimantan, masyarakat lebih sering menyebutnya dengan nama anggrek hitam borneo.

Soal harga, satu tanaman anggrek hitam biasanya dibanderol dengan harga minimal Rp100 juta. Harganya akan menjadi lebih mahal apabila tanaman anggrek hitam memiliki sisi keunikan lainnya. Selain itu, rasio kesuksesan dalam membudidayakan anggrek jenis ini juga sangat rendah, hanya berkisar 20 hingga 30 persen saja. 

  • Anthurium

Anthurium selalu mampu memikat para pecinta tanaman hias dengan tampilannya yang estetis. Tanaman hias dari famili Araceae ini terkenal dengan corak daunnya yang khas. Karena keindahannya itu, konon anthurium juga menjadi salah satu tanaman yang sering dijumpai di kawasan istana kerajaan. 

Jenis tanaman ini juga cukup beragam. Untuk jenis yang termurah, yakni Anthurium Andraeanum, harganya berkisar antara Rp60.000 hingga ratusan ribu. Akan tetapi, untuk kelas eksklusif seperti Anthurium Jenmanii, harganya bisa menyentuh angka Rp1 miliar per satu tanaman. Selain Anthurium Jenmanii, Anthurium Superbum juga termasuk dalam daftar tanaman hias termahal saat ini. Hanya saja harganya tidak semahal Jenmanii, Anthurium Superbum rata-rata dibanderol di kisaran Rp2,5 juta.

  • Monstera

Memiliki tampilan daun yang unik, monstera sangat pas untuk dijadikan dekorasi rumah. Jenis monstera juga cukup beragam, yang umumnya dibedakan berdasarkan bentuk dan corak warna pada daunnya. Dalam hal ini, monstera deliciosa pun menjadi jenis monstera dengan ukuran daun terbesar di antara ragam lainnya. 

Keunikan lain dari monstera deliciosa juga terletak pada bentuk daunnya yang tampak seperti hati. Dengan segala keunikan tersebut, tidak heran bila harga monstera deliciosa bisa mencapai puluhan juta. 

Baca juga: Punya Hobi Koleksi Sepatu? Jadikan Hobimu Sebagai Investasi!

  • Caladium Hibrida

Caladium juga menjadi salah satu tanaman hias termahal yang banyak diburu oleh para kolektor. Masyarakat Indonesia pun kerap menyebut caladium sebagai tanaman keladi. Untuk jenis caladium dengan harga selangit, Caladium hybrid monstruosum kini menjadi yang termahal. Bahkan, tanaman dengan bentuk daun yang mengerucut ini bisa dijual seharga Rp4,3 juta per potnya.

Akan tetapi, jika tertarik membeli jenis caladium yang lebih terjangkau, ada caladium mery christmas yang dipatok di kisaran Rp200.000 sampai Rp250.000.

  • Red Aglaonema

Tersohor dengan corak daunnya yang eksotis, aglaonema merah menjadi jenis yang paling banyak diincar saat ini. Di Indonesia, aglaonema juga dikenal dengan sebutan tanaman sri rezeki. Nama itu dipilih karena tanaman ini dinilai dapat mendatangkan rezeki atau memberikan energi positif bagi rumah sang pemilik. 

Untuk harganya, jenis aglaonema harlequin umumnya dipatok dalam kisaran Rp300.000 sampai jutaan rupiah. Sementara itu, jenis yang lebih murah, seperti aglaonema suksom dan red peacock rata-rata dijual mulai dari Rp120.000 per tanaman. 

Itulah enam jenis tanaman hias termahal di Indonesia saat ini. Setiap tanaman tentunya memiliki ciri khas dan keunikannya sendiri. Maka dari itu, selain mempertimbangkan harganya, perhatikan pula apakah karakter tanaman tersebut cocok dengan gaya dekorasi rumah Anda.

Kembangkan Dana Sekaligus Berikan Kontribusi Untuk Ekonomi Nasional dengan Melakukan Pendanaan Untuk UKM Bersama Akseleran!

Bagi kamu yang ingin membantu mengembangkan usaha kecil dan menengah di Indonesia, P2P Lending dari Akseleran adalah tempatnya. Sebagai platform pengembangan dana yang optimal dengan bunga hingga 16% per tahun kamu dapat memulainya hanya dengan Rp100 ribu saja.

BLOG100

Yuk! Gunakan kode promo BLOG100 saat mendaftar untuk memulai pengembangan dana awalmu bersama Akseleran. Untuk syarat dan ketentuan dapat menghubungi (021) 5091-6006 atau email ke [email protected]

1 COMMENT

Comments are closed.