5 Mata Uang dengan Nilai Tukar yang Tinggi!

0
3663
Mata Uang Tertinggi

Saat membicarakan tentang mata uang paling populer di dunia, Anda mungkin akan langsung teringat pada dollar Amerika Serikat, Euro dan Poundsterling. Tapi, tahukah Anda tidak ada satupun dari ketiganya yang termasuk ke dalam kategori mata uang tertinggi di dunia?

Sebelumnya perlu diingat bahwa nilai dari mata uang tergantung pada berbagai faktor. Mata uang tertinggi yang akan kita bahas di sini adalah yang memiliki nilai paling mahal, bukan yang paling banyak digunakan. Apa saja mata uang tertinggi di dunia saat ini?

  • Dinar Kuwait

Per bulan Juni 2021, Dinar Kuwait memegang posisi sebagai mata uang tertinggi atau termahal di dunia. Mata uang dengan kode KWD tersebut konon memiliki nilai lebih dari 3,31 USD. Alasan kenapa Dinar Kuwait sangat mahal adalah karena kondisi ekonomi setempat yang kuat dan stabil berkat industri minyak yang besar di sana.

Kuwait sebenarnya adalah negara yang kecil. Meski begitu, mereka memiliki 9% persediaan minyak dunia. Semua ini membuat Kuwait berada di peringkat atas sebagai negara dengan GDP per kapita tertinggi.

  • Dinar Bahrain

Setelah Dinar Kuwait, Dinar Bahrain juga menempati posisi sebagai mata uang tertinggi di dunia saat ini dengan nilai 2,65 USD per dinar. Sama seperti Kuwait, Bahrain juga memiliki kekayaan minyak yang melimpah. Ekonomi masyarakat Bahrain sangat bergantung pada industri minyak dan ekspor produk petroleum. 

Selain Dinar, masyarakat Bahrain ternyata juga menggunakan Riyal Arab Saudi untuk melakukan transaksi. Nilai 1 Dinar Bahrain sama dengan 10 Riyal Arab Saudi.

  • Rial Oman

Rial Oman berada di posisi ketiga sebagai mata uang tertinggi di dunia. Nilainya hampir 2 kali lipat dari Poundsterling Inggris dan 2,60 kali dari Dolar Amerika Serikat. Sejak tahun 1973, nilai Rial Oman dipatok ke Dolar Amerika Serikat. Saking tingginya nilai mata uang ini, pemerintah Oman sampai harus mengeluarkan mata uang dengan pecahan setengah dan seperempat Rial Oman.

Berkat kekayaan minyak yang dimiliki oleh negara ini, Oman berkembang menjadi sebuah negara dengan standar hidup yang tinggi. Tapi beberapa tahun ke belakang, pemerintah setempat berusaha membagi sumber pemasukan dengan berinvestasi di bidang metalurgi, produksi gas dan pariwisata. Langkah ini dilakukan untuk menyiasati sumber daya minyak yang mulai berkurang di negara tersebut.

Baca juga: Sejarah Uang Menjadi Alat Transaksi

  • Dinar Yordania

Mata uang lainnya yang juga memiliki nilai paling tinggi di dunia saat ini adalah Dinar Jordan. Mata uang ini pertama kali diperkenalkan pada tahun 1949 untuk menggantikan Pound Palestina. Terlepas dari tingginya nilai mata uang mereka, sulit untuk dijelaskan kenapa negara ini tidak berkembang dari segi ekonomi. Tak hanya itu, Yordania juga memiliki utang yang sangat besar. Menurut pakar keuangan, alasan kenapa Dinar Yordania nilainya tinggi adalah karena pemerintah menetapkan nilai tukar tetap terhadap mata uang tersebut.

Baik Shekel Israel maupun Dinar Yordania adalah dua mata uang yang digunakan di West Bank, sebuah kawasan territorial di perbatasan Yordania, Israel dan Suriah. Yordania sendiri diklasifikasikan sebagai negara dengan kategori ekonomi pasar berkembang.

  • Poundsterling Inggris

Banyak orang yang menduga mata uang Inggris akan menduduki posisi pertama sebagai negara dengan mata uang paling tinggi di dunia. Namun pada tahun 2021 ini, Poundsterling ternyata hanya berada di posisi kelima dengan nilai setara dengan 1,38 USD. Selain itu, Poundsterling juga menjadi mata uang nomor empat yang paling banyak dipertukarkan di dunia. Hanya kalah dari Dolar Amerika Serikat, Euro dan Yen Jepang.

Memiliki mata uang tertinggi di dunia ternyata tidak selalu membawa dampak yang baik bagi sebuah negara. Semua tergantung pada tipe ekonomi seperti apa yang dimiliki oleh negara tersebut. Negara yang nilai mata uangnya rendah, bisa membantu negara meningkatkan ekspor karena produk mereka lebih murah dibanding negara yang mata uangnya lebih kuat. Di sisi lain, negara yang punya mata uang dengan nilai yang tinggi, akan memiliki daya beli yang lebih besar.

Kembangkan Dana Sekaligus Berikan Kontribusi Untuk Ekonomi Nasional dengan Melakukan Pendanaan Untuk UKM Bersama Akseleran!

Bagi kamu yang ingin membantu mengembangkan usaha kecil dan menengah di Indonesia, P2P Lending dari Akseleran adalah tempatnya. Sebagai platform pengembangan dana yang optimal dengan bunga hingga 16% per tahun kamu dapat memulainya hanya dengan Rp100 ribu saja.

BLOG100

Yuk! Gunakan kode promo BLOG100 saat mendaftar untuk memulai pengembangan dana awalmu bersama Akseleran. Untuk syarat dan ketentuan dapat menghubungi (021) 5091-6006 atau email ke [email protected]