Cara Menghasilkan Uang dari Instagram Tanpa Modal

0
153

Jika Sobat Ingin mendapatkan penghasilan fantastis dengan cara praktis, hanya berbekal penggunaan platform media sosial saja? Instagram adalah jawabannya. Instagram yang berdiri sejak 6 Oktober 2010 mengalami perkembangan yang sangat pesat. Pengguna Instagram saat ini mencapai 1 miliar pengguna, dengan 500 juta pengguna aktif harian dan 80% pengguna yang minimal mengikuti satu akun bisnis, berjualan di Instagram tentu memiliki potensi luar biasa besar.

Instagram memiliki berbagai fitur yang mendukung bisnis, terutama bagi UMKM. Berbagai fitur yang memudahkan berjualan bisa Sobat gunakan dengan mudah. Pertanyaannya adalah, apakah memulai bisnis di Instagram selalu membutuhkan modal? Jawabannya tidak, sekalipun Sobat memiliki modal yang minimalis hingga tanpa modal sekalipun, tetap bisa mendulang rupiah melalui instagram. Berikut adalah cara menghasilkan uang dari Instagram tanpa modal:

  • Menjadi Product Reviewer

Dalam memutuskan membeli sesuatu seringkali mencari review atau ulasan produk dari orang lain terlebih dahulu dari orang-orang yang telah membeli produk tersebut. Melalui product reviewer kita akan mengetahui ulasan atau testimoni mengenai kualitas suatu produk barang atau jasa berdasarkan pengalaman faktual pengguna. Biasanya seseorang product reviewer akan menggunakan suatu produk, kemudian menuliskan pengalaman tersebut serta memberikan penilai berdasarkan tingkat kepuasaan yang ia rasakan. Di Instagram sendiri, ada banyak product reviewer yang sukses dengan berbagai jenis produk yang dibahas. Mulai dari makanan, pakaian, bahkan buku.

  • Jualan Konten Virtual

Jika Sobat mempunyai bakat di bidang fotografi, desain grafis, editing video, baik itu berupa foto, poster, lukisan, gambar, animasi, hingga video semuanya bisa dijual melalui Instagram. Berdasarkan demografi usia, pengguna Instagram terbesar adalah mereka yang berumur 18-29 tahun (59%). Para generasi muda produktif ini memiliki ketertarikan tinggi dengan konten visual. Bahkan menurut data yang ada, foto dengan wajah bisa memperoleh like sampai 38%. Fakta ini membuktikan kalau konten visual yang menarik memang jadi daya tarik utama Instagram.

  • Membuka Paid Promote

Selanjutnya, adalah paid promote sebagai cara mendapatkan uang dari instagram. Paid promote adalah strategi mempromosikan produk lewat pihak ketiga yang memiliki banyak followers, biasanya dalam bentuk Instagram Story ataupun Feed Instagram. Pertanyaannya, benarkah Sobat bisa membuka jasa paid promote tanpa mengeluarkan modal sepeserpun? Jawabannya adalah iya, karena seluruh materi promosi berasal dari perusahaan/brand yang bersangkutan. Sobat hanya memposting materi tersebut sesuai instruksi. Entah dalam bentuk foto ataupun video. Tentunya agar kamu bisa dipercaya sebagai paid promote, kamu juga harus membangun personal branding dari Instagram kamu sendiri. 

  • Menjual Barang Preloved

Kata preloved sendiri merupakan sebuah kosakata yang berasal dari Bahasa Inggris, yang berarti barang pribadi milik seseorang yang akan berpindah tangan kepada orang lain. Jadi, jika Sobat membeli barang-barang preloved, itu artinya kamu membeli barang koleksi pribadi milik orang lain yang masih layak dipakai Anda pernah membeli pakaian dan ternyata tidak pernah menggunakannya? Nah, daripada menyimpannya, Anda bisa menjual kembali barang tersebut melalui Instagram. Jual-beli barang preloved bisa menjadi cara memperoleh Rupiah dengan modal minim dari Instagram. Asalkan produk preloved yang Anda miliki masih berkualitas dan tentunya branded, harga jual kembalinya tentu sangat bersaing. 

  • Menjadi Buzzer

Dalam bermain sosial media, seringkali mendengar istilah buzzer. Buzzer adalah orang yang memiliki pengaruh tertentu untuk menyatakan suatu kepentingan. Buzzer dapat bergerak dengan sendirinya untuk menyuarakan sesuatu, atau bisa jadi ada sebuah agenda yang disetting. Buzzer biasanya dibutuhkan oleh para pemilik bisnis dengan pengikut sedikit, agar produk barang atau jasa mereka makin dikenal. Buzzer biasanya melakukan promosi melalui komentar di postingan orang lain. Di masa kampanye politik, buzzer termasuk salah satu kelompok yang paling banyak dibutuhkan agar si politisi makin dikenal dan memiliki kelompok pendukung.

  • Menjadi Endorsement

Inilah cara meraup penghasilan di Instagram yang jadi favorit para selebgram. Endorse atau endorsement adalah pekerjaan yang terlihat ringan tetapi mampu menghasilkan banyak uang. Setidaknya itulah yang ada di pikiran banyak orang. Berbeda dengan afiliasi atau buzzer, endorser mewajibkan Sobat memiliki pengikut dalam jumlah besar bahkan sangat besar. Di mana pengiklan akan meminta Sobat untuk memposting unggahan di Instagram dengan produk yang mereka miliki, sehingga Sobat wajib untuk mengenalkan produk tersebut kepada para follower. Semakin besar follower yang Sobat punya, tentu tarif endorser juga makin tinggi. 

  • Melayani Jasa Admin Instagram

Akun instagram untuk bisnis tentu perlu dikelola dengan serius. Kendalanya, tak banyak yang mampu melakukannya dengan baik, karena harus mengelola iklan dan traffic dengan baik harus melalui pengalaman yang panjang dan pastinya ini tidak dimiliki semua orang. Tentu saja ini adalah peluang bagi Sobat untuk menjadi admin Instagram.  Dengan keahlian tersebut, Sobat bisa menawarkan diri untuk menjadi admin Instagram untuk pebisnis yang membutuhkannya. 

  • Ikut Kuis

Cara terakhir untuk memperoleh uang dari Instagram dengan modal minimalis bahkan tanpa modal, adalah dengan sering ikut kuis. Banyak sekali kuis-kuis yang ada di Instagram di Instagram yang menawarkan berbagai hadiah menarik. Mulai uang ratusan ribu hingga jutaan Rupiah, emas batangan, voucher belanja, produk dan lain-lain. Namun jika dibandingkan cara lainnya, penghasilan dari ikut kuis di Instagram memang tidak terlalu besar dan stabil. Hanya saja jika Sobat seseorang yang kreatif dan selalu rajin menuliskan komentar, bukan tak mungkin bisa meraup puluhan juta rupiah cuma dari kuis di Instagram sekalipun.

Ayo dukung pertumbuhan ekonomi dengan memberikan pendanaan UMKM secara aman di Akseleran! Daftar sekarang dan dapatkan imbal hasil hingga 21% per tahun di Akseleran.

Akseleran memberikan saldo awal senilai Rp100 ribu untuk pendaftar baru dengan menggunakan kode CORCOMMBLOG. Melakukan pendanaan di P2P Lending Akseleran juga sangat aman karena lebih dari 98% nilai portofolio pinjamannya memiliki agunan. Sehingga dapat menekan tingkat risiko yang ada. Akseleran juga sudah terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dengan nomor surat KEP-122/D.05/2019 sehingga proses transaksi yang kamu lakukan jadi lebih aman dan terjamin. 

Untuk kamu yang tertarik mengenai pendanaan atau pinjaman langsung bisa juga menghubungi (021) 5091-6006 atau via email [email protected]

Penulis: Raymas Putro I Editor: Rimba Laut