Manfaat Puasa Bagi Kesehatan Fisik dan Mental Diri Anda

0
267
Manfaat Puasa Bagi Kesehatan Fisik dan Mental Diri Anda

Manfaat puasa bagi kesehatan fisik dan mental sangat signifikan. Puasa kini tidak sebatas pada kesan spiritualitas semata, tapi juga melingkupi manfaat yang konkret dalam ranah kesehatan.

Puasa menyebabkan tubuh manusia menguras simpanan glukosanya yang digunakan untuk energi. Tanpa glukosa yang tersedia, tubuh mengubah lemak yang disimpan menjadi keton.

Manfaat Puasa Bagi Kesehatan Mental

Manfaat puasa bagi kesehatan mental dapat menjadi bahan bakar segar untuk meningkatkan proses otak. Oleh karena itu, setelah Anda mulai terbiasa dengan pola puasa, pikiran menjadi lebih jernih dan kemampuan Anda untuk fokus lebih tajam.

Pembatasan kalori jangka pendek dari puasa dapat meningkatkan bahan kimia antidepresan di otak. Saat otak menggunakan bahan bakar keton, puasa dapat membantu mengatasi gejala penyakit Parkinson, penyakit Alzheimer, dan gangguan neurodegeneratif lainnya.

Neuron di otak menggunakan bahan bakar baru untuk memasuki fase pertumbuhan dan membuat sinapsis baru. Sinapsis ini membantu meningkatkan daya ingat dan fungsi otak.

Beberapa orang mengalami iritabilitas atau kemurungan saat pertama kali memulai puasa hingga tubuh mereka menyesuaikan diri dengan penundaan makan. Hal ini sebenarnya bisa dimaklumi sebagai bagian dari proses adaptasi tubuh.

Oleh karena itu, penting untuk memulai secara perlahan. Pada akhirnya, puasa akan membantu meningkatkan pengendalian diri, mempermudah mengatasi kemarahan dan stres, serta meredakan depresi.

Manfaat Puasa Bagi Kesehatan Fisik

Anda mungkin juga akan menemukan peningkatan level energi, terutama menjelang akhir puasa. Ini karena tubuh Anda beralih dari membakar glukosa menjadi membakar keton (lemak yang dikeluarkan oleh sel-sel lemak Anda dan diubah di hati).

Banyak orang memilih berolahraga sebelum mengakhiri puasa untuk memanfaatkan energi dan potensi pembakaran lemak. Hal ini menunjukkan bahwa puasa mungkin lebih baik daripada diet, yang terkesan “nanggung”.

Alasan banyak orang memilih berpuasa adalah untuk manfaat penurunan berat badan. Pembatasan kalori selama jangka waktu tertentu, ditambah potensi pembakaran lemak dari keton, tubuh mungkin mulai menurunkan berat badan.

Kadar cairan dalam tubuh menyusut terlebih dahulu baru kemudian lemak. Anda mungkin bisa sedikit tersenyum mendapati diri Anda bisa mengenakan baju-baju lama kesayangan yang lama menggantung di almari.

Mengistirahatkan sistem pencernaan dari asupan makanan yang konstan itu sehat untuk tubuh. Ini dapat membantu orang-orang dengan masalah pencernaan seperti gas, diare, refluks, dan mulas sedikit merasakan lega.

Puasa dapat mengurangi risiko obesitas dengan membiarkan sistem Anda beristirahat dan memperbaiki diri. Dengan praktik yang lebih tegas ketimbang aturan diet, namun cukup simpel, perlahan puasa menjadi opsi alternatif menurunkan berat badan.

Selain itu, puasa dapat meningkatkan umur panjang juga. Menjadi momentum bagi organ pencernaan tubuh untuk menyetel ulang organisasinya setelah sekian waktu bekerja ekstra tiap hari.

Bergantung pada lamanya puasa, Anda mungkin melihat peningkatan peradangan kronis. Peradangan kronis meningkatkan risiko berkembangnya penyakit, penyakit, kondisi peradangan seperti rheumatoid arthritis, kanker tertentu, dan karenanya memperpendek umur Anda.

Beberapa peradangan adalah respons terhadap luka atau infeksi akut dan alami serta bermanfaat. Namun, peradangan kronis akibat terlalu banyak gula dan makanan inflamasi lainnya dapat merusak kesehatan Anda.

Jenis peradangan ini dapat menyebabkan masalah di seluruh tubuh termasuk sistem kardiovaskular, sehingga meningkatkan peluang Anda terkena penyakit jantung. Peradangan kronis mempengaruhi kesehatan mental dan kesejahteraan fisik, serta dapat meningkatkan risiko depresi dan kecemasan.

Baca juga: Makna Puasa Ramadan: Mengapa Kita Berpuasa?

Mengenal Puasa Intermiten

Laku puasa memiliki nilai-nilai spiritualitas dalam beberapa ajaran agama. Namun, praktik puasa tidak melulu harus terikat dalam kepentingan peribadatan. Banyak praktik puasa yang fleksibel dalam kacamata kesehatan.

Misalnya, puasa intermiten. Puasa intermiten adalah praktik menunda makan pertama di hari itu selama mungkin. Jadi, selama Anda tidak mengecap makanan masuk ke mulut, selama itu pula lah Anda sedang menjalankan puasa intermiten.

Sadar atau tidak, Anda melakukan puasa intermiten setiap malam saat Anda tidur. Misalnya, Anda makan malam pada jam 7 malam dan kemudian tertidur sekitar jam 10 malam.

Jika Anda menunggu sampai pagi untuk makan lagi, Anda akan berbuka puasa dengan sarapan mungkin antara jam 7 pagi dan 9 pagi. Ini memberi tubuh Anda 12 hingga 14 jam puasa dan istirahat yang sangat dibutuhkan dari proses pencernaan.

Itu juga bagian dari merawat metabolisme pencernaan agar lebih lancar. Apa yang Anda konsumsi selama puasa terserah Anda, tetapi Anda ingin memastikan bahwa Anda tetap terhidrasi.

Tergantung pada jenis puasa yang Anda pilih dan riwayat kesehatan pribadi. Anda dapat mengonsumsi kopi, teh, atau kaldu tanpa berbuka. Tujuannya, menghindari makan berat terlalu sering.

Kopi yang dikenal sebagai kopi “anti peluru” menjadi populer dalam beberapa tahun terakhir. Dengan tambahan ramuan minyak kelapa atau minyak MCT dan mentega yang diberi makan rumput ke kopi hitamnya dalam blender. Setelah tercampur rata, minuman menjadi lembut dan berbusa.

Banyak orang melaporkan nafsu makan berkurang lebih sedikit setelah minum satu cangkir. Lemak sehat tanpa karbohidrat akan mengalami metabolisme secara berbeda oleh tubuh manusia selama ia tidak mengonsumsi makanan berat.

Puasa dengan Pembagian Interval Makan

Ada beberapa jenis puasa yang cukup populer belakangan ini. Macam-macam puasa yang populer adalah 16:8, 18:6, dan 20:4. Dengan tipe pertama, Anda berpuasa selama 16 jam dan kemudian makan dua sampai tiga kali dalam waktu delapan jam.

Ini bisa berarti Anda melewatkan sarapan dan waktu berbuka puasa sekitar tengah hari, tetapi kemudian menyelesaikan makan terakhir Anda pada jam 8 malam. Sekilas tidak beda seperti hari-hari normal, tapi interval makannya jadi lebih terjaga.

Dengan metode 18:6 dan 20:4, Anda akan menunda waktu berbuka hingga lebih lama lagi, sehingga memperpendek interval makan. Banyak orang yang mengadopsi gaya hidup 20:4 akan makan kecil sekitar jam 4 sore dan kemudian makan malam yang lebih besar.

Beberapa orang hanya akan makan satu kali selama interval yang lebih pendek. Mereka akan menghabiskan makanan mereka dalam interval makan empat jam itu.

Metode One-Meal-a-Day (OMAD) juga bisa menjadi opsi lain. Dengan cara ini, Anda berpuasa hampir sepanjang hari dan hanya makan satu kali dalam periode dua jam.

Satu kali makan harus seimbang dengan protein, karbohidrat kompleks seperti sayuran non-tepung, dan lemak sehat seperti minyak zaitun atau minyak kelapa. Kombinasi ini dapat menghemat porsi makan dan efektif menjaga berat badan.

Metode populer lainnya adalah 5:2, yang sebenarnya sudah umat Islam praktikkan dalam puasa sunnah. Anda harus memilih dua hari dalam seminggu untuk berpuasa (misalnya, Senin dan Kamis) dan hanya makan sedikit di siang hari.

Beberapa orang memilih untuk hanya minum air pada hari-hari tersebut, sementara yang lain akan makan sekitar 500 hingga 600 kalori yang tersebar sepanjang hari. Intinya, memaksimalkan dua hari tersebut sebagai jeda kerja organ pencernaan dalam sepekan.Ada begitu banyak dampak positif dari puasa. Beragam jenis puasa juga bisa jadi opsi yang dapat Anda pilih. Terapkan dan rasakan manfaat puasa bagi kesehatan fisik dan mental bagi diri Anda.

Kembangkan Dana Sekaligus Berikan Kontribusi Untuk Ekonomi Nasional dengan Melakukan Pendanaan Untuk UKM Bersama Akseleran!

Bagi kamu yang igin membantu mengembangkan usaha kecil dan menengah di Indonesia, P2P Lending dari Akseleran adalah tempatnya. Akseleran menawarkan kesempatan pengembangan dana yang optimal dengan bunga rata-rata hingga 10,5% per tahun dan menggunakan proteksi asuransi 99% dari pokok pinjaman. Tentunya, semua itu dapat kamu mulai hanya dengan Rp100 ribu saja.

BLOG100

Yuk! Gunakan kode promo BLOG100 saat mendaftar untuk memulai pengembangan dana awalmu bersama Akseleran. Untuk pertanyaan lebih lanjut dapat menghubungi Customer Service Akseleran di (021) 5091-6006 atau email ke [email protected].