Makna Puasa Ramadan: Mengapa Kita Berpuasa?

1
385
Makna Puasa Ramadan: Mengapa Kita Berpuasa?

Bulan Ramadan adalah bulan yang penuh berkah bagi umat Islam. Bulan ini merupakan waktu yang paling dinanti-nanti oleh umat Islam karena di dalamnya terdapat keutamaan yang luar biasa, yaitu ibadah puasa. Puasa adalah salah satu rukun Islam yang wajib dilaksanakan oleh umat Islam selama bulan Ramadan. Lalu mengapa umat islam berpuasa?

Ada banyak makna dan keutamaan yang terkandung dalam ibadah puasa Ramadan. Pertama-tama, puasa Ramadan adalah bentuk ketaqwaan kepada Allah. Dalam Al-Quran, Allah berfirman, “Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu, agar kamu bertakwa.” (QS. Al-Baqarah: 183)

Puasa di sini berarti menahan diri dari makan, minum, dan hubungan suami istri dari terbit fajar sampai terbenam matahari. Dalam waktu tersebut, umat Islam diharapkan untuk memperbanyak amalan ibadah, seperti membaca Al-Quran, shalat tarawih, dan bersedekah.

Selain itu, puasa juga merupakan bentuk pengorbanan. Dengan berpuasa, umat Islam menahan nafsu makan dan minum, meskipun mereka merasa lapar dan haus. Hal ini mengajarkan kepada kita untuk bersabar dalam menghadapi cobaan dan kesulitan dalam kehidupan sehari-hari.

Selain itu, puasa Ramadan juga mengajarkan kepada kita untuk memperhatikan dan membantu sesama. Dalam hadis riwayat Bukhari, Rasulullah SAW bersabda, “Barang siapa memberi makan orang yang berpuasa, maka baginya pahala seperti orang yang berpuasa tanpa mengurangi pahala orang yang berpuasa itu sedikitpun.”

Dalam pelaksanaan puasa Ramadan, kita juga diajarkan untuk meningkatkan rasa syukur dan introspeksi diri. Dengan menahan nafsu makan dan minum, kita menjadi lebih menyadari betapa pentingnya nikmat makanan dan minuman yang seringkali kita anggap sepele. Selain itu, kita juga diajarkan untuk melakukan introspeksi diri, mengambil hikmah dari kegiatan puasa, dan memperbaiki diri agar lebih baik lagi di masa yang akan datang.

Puasa di bulan Ramadan memiliki banyak makna dan keutamaan. Selain sebagai bentuk ketaqwaan kepada Allah, puasa juga merupakan bentuk pengorbanan, memperhatikan dan membantu sesama, meningkatkan rasa syukur, dan melakukan introspeksi diri. 

Ayo dukung pertumbuhan ekonomi dengan memberikan pendanaan UMKM secara aman di Akseleran! Daftar sekarang dan dapatkan imbal hasil hingga 10,5% per tahun di Akseleran.

Akseleran memberikan saldo awal senilai Rp100 ribu untuk pendaftar baru dengan menggunakan kode CORCOMMBLOG. Melakukan pendanaan di P2P Lending Akseleran juga sangat aman karena lebih dari 98% nilai portofolio pinjamannya memiliki agunan. Sehingga dapat menekan tingkat risiko yang ada. Akseleran juga sudah terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dengan nomor surat KEP-122/D.05/2019 sehingga proses transaksi yang kamu lakukan jadi lebih aman dan terjamin.

Untuk kamu yang tertarik mengenai pendanaan atau pinjaman langsung bisa juga menghubungi (021) 5091-6006 atau via email [email protected]

Penulis: Ayu Diah Callista | Editor: Rimba Laut

1 COMMENT

Comments are closed.