Tanda-tanda Insecure Pada Diri Sendiri, Apa Saja?

0
437
Tanda-tanda Insecure Pada Diri Sendiri, Apa Saja?

Mungkin semua orang pernah merasa tidak percaya diri, cemas, ataupun ketakutan. Sebetulnya itu semua merupakan perasaan yang sangat wajar terjadi. Namun, apakah kamu pernah mengalami perasaan tersebut secara terus-menerus? Jika iya, kamu harus memberi perhatian khusus. Perasaan ini dapat menandakan bahwa kamu sedang mengalami insecure.

Insecure atau rasa tidak aman pada diri sendiri merupakan perasaan yang dapat mengganggu kesehatan mental seseorang. Insecure dapat terjadi pada siapa saja, tidak peduli apapun latar belakang mereka. 

Lalu apa saja tanda-tandanya?

1. Tidak pernah puas pada diri sendiri

Orang yang insecure cenderung memiliki harapan yang sangat tinggi terhadap dirinya sendiri. Hal ini berujung pada tuntutan perfeksionis yang dapat membuat mereka merasa tidak pernah cukup baik dan selalu mengalami kegagalan.

2. Cemas dan takut

Rasa takut dan cemas jika gagal atau ditolak seringkali menghantui seseorang dengan rasa insecure. Mereka merasa tidak memiliki kemampuan untuk mengatasi masalah atau memperbaiki situasi yang kurang baik.

3. Tidak senang melihat kebahagiaan dan keberhasilan orang lain

Rasa iri atau cemburu bisa muncul pada diri orang yang insecure saat melihat orang lain sukses atau bahagia. Mereka cenderung merasa bahwa orang lain lebih beruntung atau memiliki kemampuan yang lebih baik daripada dirinya sendiri.

4. Merasa diri tidak berharga

Orang yang insecure merasa bahwa mereka tidak berharga atau kurang penting dalam kehidupan. Mereka merasa tidak mampu atau tidak memiliki kontribusi yang berarti bagi orang lain.

Perasaan insecure ini bisa memberi dampak negatif pada diri. Orang yang insecure cenderung kurang bisa menerima diri sendiri serta bergantung pada penilaian orang lain. Mereka juga tidak mampu melihat keadaan secara objektif sehingga seringkali melakukan perilaku sabotase diri, seperti menjadi perfeksionis atau justru menunda pekerjaan. Akibatnya, mereka mudah tenggelam dalam perasaan negatif yang akan berujung pada perasaan negatif lainnya seperti depresi dan kecemasan.

Namun, ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mengatasi perasaan insecure tersebut. Pertama, akui dan terima perasaan insecure yang dirasakan. Jangan menekan atau menyembunyikan perasaan tersebut. Kedua, berbicaralah dengan orang terpercaya tentang perasaan insecure yang sedang dirasakan. Orang yang kita percayai dapat membantu memberikan sudut pandang yang berbeda dan dapat menjadi penyemangat bagi kita. Ketiga, fokus pada hal-hal yang dapat dikuasai dan hindari perbandingan diri dengan orang lain. Terakhir, cobalah untuk membangun rasa percaya diri dengan memperkuat kemampuan dan keterampilan yang dimiliki. Hal ini dapat membantu mengurangi perasaan insecure dan merasa lebih percaya diri dalam menghadapi situasi yang sulit.

Jadi, jika kamu merasa mengalami insecure, jangan takut untuk mencari bantuan. Mengatasi insecure pada diri sendiri merupakan salah satu langkah penting dalam membangun kesehatan mental yang kuat dan memperbaiki kualitas hidup.

Ayo dukung pertumbuhan ekonomi dengan memberikan pendanaan UMKM secara aman di Akseleran! Daftar sekarang dan dapatkan imbal hasil hingga 10,5% per tahun di Akseleran.

Akseleran memberikan saldo awal senilai Rp100 ribu untuk pendaftar baru dengan menggunakan kode CORCOMMBLOG. Melakukan pendanaan di P2P Lending Akseleran juga sangat aman karena lebih dari 98% nilai portofolio pinjamannya memiliki agunan. Sehingga dapat menekan tingkat risiko yang ada. Akseleran juga sudah terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dengan nomor surat KEP-122/D.05/2019 sehingga proses transaksi yang kamu lakukan jadi lebih aman dan terjamin.

Untuk kamu yang tertarik mengenai pendanaan atau pinjaman langsung bisa juga menghubungi (021) 5091-6006 atau via email [email protected]

Penulis: Ayu Diah Callista | Editor: Rimba Laut