Linktree: Cara Praktis Membuat Halaman Khusus untuk Memperkenalkan Brand dan Produk

0
490
Linktree

Apakah Anda mencari cara efektif untuk mengoptimalkan pemasaran digital Anda? Mengenal Linktree sebagai platform yang inovatif dapat menjadi solusi bisnis Anda di masa kini.

Dalam artikel ini, kami akan memperkenalkan Anda pada Linktree dan memberikan panduan langkah demi langkah mulai dari pendaftaran hingga penggunaan fitur-fitur pentingnya. Anda juga akan belajar bagaimana mengintegrasikan Linktree dengan platform media sosial, seperti Instagram, Twitter, dan Facebook.

Tidak perlu lagi bingung, mari kita mulai menjelajahi dunia Linktree yang penuh potensi ini!

Mengenal Linktree sebagai Platform Pemasaran Digital

Linktree adalah sebuah layanan yang memudahkan dan menyederhanakan kegiatan berbagi tautan pada halaman website atau landing page. Dengan kata lain, pengunjung dapat mengakses seluruh konten hanya dengan menggunakan satu tautan utama saja.

Linktree adalah cara efektif mengoptimalkan pemasaran digital hanya dengan satu tautan.

Dalam era digital yang semakin berkembang, Linktree telah menjadi pilihan yang populer bagi banyak individu dan perusahaan. 

Pengguna aktif Linktree per Maret 2021 bahkan sudah mencapai lebih dari 16 juta. Angka ini menunjukkan popularitasnya yang terus meningkat di kalangan pengguna media sosial dan pelaku bisnis online

Tidak hanya itu, Linktree juga telah menjadi pilihan yang populer di kalangan perusahaan besar. Contohnya, perusahaan makanan cepat saji terkemuka secara global, telah memanfaatkan Linktree untuk menghubungkan pelanggan dengan berbagai penawaran, lokasi gerai, dan program promosi. 

Hal ini membuktikan bahwa Linktree bisa untuk berbagai jenis bisnis, dari skala kecil hingga korporat, untuk mencapai tujuan pemasaran dan meningkatkan interaksi dengan pelanggan.

Dengan segala kepraktisannya dan dukungan data yang relevan, maka tidak mengherankan jika Linktree semakin diterima dan menjadi kebutuhan tersendiri bagi para pelaku bisnis yang ingin memaksimalkan potensi bisnis online mereka. Jika Anda merupakan pemilik bisnis dan ingin bersaing di era digital ini, belajar langkah-langkah membuat Linktree adalah hal yang penting Anda ketahui!

Apakah Linktree Itu Berbayar?

Perlu diketahui bahwa Linktree menyediakan opsi berbayar yang memungkinkan pengguna untuk mendapatkan akses ke fitur-fitur yang lebih lengkap. Meskipun versi gratis tetap tersedia, versi berbayar menawarkan manfaat tambahan yang dapat meningkatkan efektivitas pemasaran digital Anda.

Berikut ini adalah rincian biaya berlangganan Linktree per bulan:

  • Linktree Free: Gratis
  • Linktree Starter: Biaya Rp39.000 per bulan 
  • Linktree Pro: Biaya Rp75.000 per bulan. 
  • Linktree Premium: Biaya Rp220.000 per bulan.

Secara lengkap, berikut adalah fitur-fitur yang bisa Anda peroleh di masing-masing kategori.

Tentu saja setiap opsi berlangganan menawarkan keuntungan tambahan dan fleksibilitas yang berbeda. Penting untuk mengevaluasi fitur-fitur yang ditawarkan dalam setiap paket. Dengan demikian, Anda dapat memilih opsi yang paling sesuai dengan tujuan pemasaran dan anggaran Anda.

Perlu diingat bahwa harga dan fitur yang disebutkan di atas dapat berubah dari waktu ke waktu. Oleh karena itu, disarankan untuk mengunjungi situs web resmi Linktree atau menghubungi tim dukungan mereka untuk informasi terbaru tentang biaya dan fitur berlangganan yang tersedia.

Cara Mendaftar dan Membuat Profil Linktree

Pembuatan dan penggunaan Linktree cukup sederhana dan praktis. Pengguna Linktree hanya perlu menempatkan tautan tersebut di bagian bio akun media sosial mereka, seperti Facebook, TikTok, Instagram, dan sejenisnya. Dengan demikian, orang lain dapat dengan mudah menemukannya.

Daftar Linktree hanya membutuhkan waktu 5 menit. Anda juga bisa membuat Linktree secara gratis. Berikut adalah langkah-langkahnya.

  1. Masuk ke website Linktree
  2. Klik “Get Started For Free” di halaman beranda untuk mulai membuat akun.
  1. Isi detail login dengan username, email. Agar mudah diingat, Anda bisa gunakan username dengan nama toko Anda.
  2. Selanjutnya, klik “Create Account”.
  1. Masukkan password yang terdiri atas 8 karakter, lalu “Continue”.
  1. Beri informasi tentang toko Anda pada kolom Tells ur Name, lalu klik Continue
  1. Pilih kategori toko Anda, lalu klik “Continue”
  2. Selanjutnya, pilih plan Linktree gratis, lalu klik “Join for Free”.
  1. Tunggu pemberitahuan bahwa pendaftaran akun Linktree Anda berhasil, lalu verifikasi email Anda.

Cara Mengintegrasikan Linktree dengan Platform Media Sosial

Untuk mengintegrasikan akun Linktree dengan berbagai platform media sosial, seperti Instagram, Facebook, dan Twitter, Anda bisa ikuti langkah berikut.

  1. Masuk ke akun Linktree dengan cara masukkan password dan username Anda, lalu klik “Sign In”.
  2. Klik “Add New Link” untuk menambah link baru.
  3. Selanjutnya, akan muncul jendela baru dengan kolom URL untuk memasukkan URL dan kolon Title untuk memasukkan nama judul.
  4. Biarkan toggle aktif dengan menekan tombol ON agar Anda bisa melihat preview Linktree Anda.
  5. Anda bisa melihat URL Linktree pada dashboard Linktree bagian pojok kanan atas.

Jika Anda ingin menghubungkan toko online Anda melalui Linktree, terdapat empat opsi yang dapat Anda pilih, antara lain:

  • Tambahkan Linktree ke profil media sosial Anda, seperti Facebook, Instagram, TikTok, dan lainnya dengan klik “Add Linktree to Your Social Media”.
  • Bagikan Linktree kepada semua koneksi Anda di platform seperti LinkedIn, Email, WhatsApp, dan Facebook dengan cara klik “Share my Linktree to All Connections”.
  • Gunakan QR code Linktree yang menuju ke URL Linktree dengan memanfaatkan fitur “My Linktree QR Code”.
  • Salin Linktree dan bagikan secara manual dengan pilihan “Copy Linktree”.

Dengan adanya Linktree di profil media sosial Anda, pelanggan Anda dapat terhubung dengan WhatsApp bisnis, Shopee, dan Tokopedia Anda dengan lebih mudah dan cepat.

Baca juga: Dampak Negatif Oversharing di Media Sosial

Fitur dan Fungsi Penting dari Linktree 

Linktree tidak hanya berfungsi sebagai pengumpulan tautan, tetapi juga menawarkan berbagai fitur penting yang dapat memberikan manfaat besar dalam upaya pemasaran digital, seperti misalnya:

1. Mengarahkan Lalu Lintas ke Situs Web atau Produk

Seorang penjual online dapat menggunakan Linktree untuk mengarahkan lalu lintas ke toko online mereka atau halaman produk tertentu. Hal ini membantu meningkatkan konversi dan mendukung pertumbuhan bisnis.

2. Meningkatkan Tampilan dan Interaksi Pengguna

Pengguna dapat menyesuaikan tampilan halaman Linktree dengan menggunakan gambar header yang mencerminkan merek mereka. Selain itu, Anda juga dapat menambahkan ikon media sosial, tombol tindakan, dan deskripsi singkat untuk setiap tautan. 

Dengan demikian, pengguna dapat menciptakan pengalaman yang menarik dan intuitif bagi pengunjung untuk menjelajahi lebih banyak konten dan melakukan tindakan yang diinginkan.

3. Meningkatkan Keterlibatan Sosial Media

Integrasi Linktree dengan platform media sosial seperti Instagram, Twitter, dan Facebook dalam bio atau profil media sosial dapat mempermudah pengguna untuk menautkan Linktree mereka. Ini memungkinkan pengunjung untuk mengakses seluruh konten dan platform mereka hanya melalui satu tautan. 

Hal ini juga membantu meningkatkan keterlibatan dan interaksi dengan audiens Anda, sekaligus memperluas jangkauan pemasaran Anda.

Alternatif Lain Selain Linktree

Beberapa platform sejenis dengan konsep sama dan bisa Anda coba selain Linktree di antaranya, yaitu:

  • Shorby
  • LinkQ
  • Milkshake
  • Pally
  • Campsite
  • Tap.Bio
  • Link.Bio

Kesimpulan

Linktree telah terbukti menjadi alat yang efektif dalam pemasaran digital dengan fitur-fitur penting yang dapat memperluas jangkauan bisnis dan meningkatkan interaksi pengguna.  Salah satu kekuatan utama Linktree adalah kemampuannya untuk mengarahkan pengunjung ke situs web atau produk yang relevan. Jadi, jangan ragu untuk menjelajahi potensi Linktree dan mulailah mengintegrasikannya ke dalam upaya pemasaran digital Anda untuk mencapai hasil yang luar biasa.

Kembangkan Dana Sekaligus Berikan Kontribusi Untuk Ekonomi Nasional dengan Melakukan Pendanaan Untuk UKM Bersama Akseleran!

Bagi kamu yang igin membantu mengembangkan usaha kecil dan menengah di Indonesia, P2P Lending dari Akseleran adalah tempatnya. Akseleran menawarkan kesempatan pengembangan dana yang optimal dengan bunga rata-rata hingga 10,5% per tahun dan menggunakan proteksi asuransi 99% dari pokok pinjaman. Tentunya, semua itu dapat kamu mulai hanya dengan Rp100 ribu saja.

BLOG100

Yuk! Gunakan kode promo BLOG100 saat mendaftar untuk memulai pengembangan dana awalmu bersama Akseleran. Untuk pertanyaan lebih lanjut dapat menghubungi Customer Service Akseleran di (021) 5091-6006 atau email ke [email protected].