5 Cara Menabung dengan Efektif untuk Menyambut Kurban Idul Adha

0
231
Kurban Idul Adha

Idul Adha adalah satu momen atau perayaan besar umat Muslim di seluruh dunia yang selalu ditunggu setiap tahunnya. Pada momen yang penuh berkah ini, banyak orang yang memiliki keinginan untuk menyembelih hewan kurban sebagai bentuk ibadah dan kepedulian terhadap sesama. 

Namun, untuk dapat melaksanakan kurban dengan lancar, persiapan yang matang sangat penting untuk dilakukan termasuk dalam hal keuangan. 

Di sini kita akan membagikan beberapa tips tentang cara menabung dengan efektif untuk menyambut kurban Idul Adha.

Tips Efektif untuk Menabung dengan Hasil yang Optimal

1. Tentukan Tujuan Keuangan kamu

Langkah pertama yang perlu kamu lakukan adalah menentukan tujuan keuangan yang ingin kamu capai dalam rangka kurban Idul Adha. Hitung berapa banyak dana yang diperlukan untuk membeli hewan kurban sesuai dengan ukuran dan jenis yang diinginkan. 

Dengan menentukan tujuan yang spesifik, kamu akan lebih termotivasi untuk menabung dengan konsisten.

2. Buat Anggaran dan Rencanakan Pengeluaran

Setelah mengetahui jumlah dana yang diperlukan, buatlah anggaran yang rinci untuk pengeluaran kamu selama periode menabung. Tinjau kembali kebiasaan pengeluaran kamu dan cari area di mana kamu dapat mengurangi pengeluaran yang tidak perlu. 

Misalnya, makan di luar, belanja impulsif, atau langganan yang tidak terpakai. Dengan merencanakan pengeluaran dengan bijak, kamu dapat mengalokasikan lebih banyak dana untuk menabung.

3. Buatlah Rencana Menabung

Tentukan jumlah yang akan kamu tabung setiap bulan atau setiap periode tertentu sesuai dengan kemampuan keuangan kamu. Jika memungkinkan, buatlah otomatisasi transfer ke rekening tabungan khusus untuk kurban. Hal ini akan membantu kamu menjaga konsistensi dalam menabung dan menghindari godaan untuk menggunakan dana tersebut untuk keperluan lain.

4. Cari Sumber Pendapatan Tambahan

Jika kamu merasa bahwa penghasilan kamu tidak cukup untuk mencapai target menabung kamu, pertimbangkan untuk mencari sumber pendapatan tambahan. kamu dapat mencoba menjual barang-barang yang tidak terpakai, melakukan pekerjaan sampingan, atau berbisnis kecil-kecilan. Pendapatan tambahan ini dapat membantu kamu mencapai tujuan menabung dengan lebih cepat.

5. Gunakan Teknologi untuk Membantu Menabung

Manfaatkan teknologi keuangan seperti aplikasi perencanaan keuangan atau aplikasi perbankan yang menyediakan fitur pelacakan pengeluaran. Dengan menggunakan aplikasi tersebut, kamu dapat memantau pengeluaran kamu, mengelola anggaran, dan melihat perkembangan tabungan kamu. 

Baca juga: 6 Aplikasi P2P Lending yang Sudah Terdaftar di OJK

Alasan Mengapa Akseleran Bisa Jadi Solusi untuk Kamu yang Ingin Berkurban

Salah satu solusi yang bisa dipertimbangkan adalah dengan menabung atau melakukan pendanaan melalui platform P2P Lending Akseleran. Beberapa alasan mengapa melakukan pendanaan di Akseleran bisa menjadi solusi yang tepat untuk kamu:

1. Aksesibilitas dan Kemudahan

Akseleran adalah platform fintech Peer-to-Peer (P2P lending) yang menyediakan layanan dalam membantu pengembangan dana maupun pinjaman untuk bisnis dan umkm. Dengan Akseleran, kamu dapat menjadi pemberi pinjaman dengan mudah dengan modal yang minim dimulai dari Rp100 ribu. Proses pendaftaran dan pengelolaan dana ini pun relatif sederhana dan dapat dilakukan secara online.

2. Imbal Hasil yang Optimal

Dengan melakukan pendanaan di Akseleran, kamu memiliki kesempatan untuk mendapatkan imbal hasil hingga 10,5% per tahun. Platform P2P lending Akseleran menyediakan jangka waktu tertentu dan beragam sesuai dengan preferensi. Dengan jangka waktu tersebut dan bunga yang optimal tersebut tentunya akan membantu kamu mencapai target dana kurban dengan lebih cepat.

3. Diversifikasi Investasi

Akseleran menyediakan berbagai pilihan bisnis dan UMKM yang bisa didanai. kamu dapat memilih proyek-proyek yang sesuai dengan preferensi dan tingkat risiko yang diinginkan. Diversifikasi investasi di beberapa proyek akan membantu mengurangi risiko karena jika satu proyek mengalami kendala, kamu masih memiliki pendanaan di proyek lain yang mungkin memberikan hasil yang lebih baik.

4. Fleksibilitas Pencairan Dana

Salah satu keunggulan dari melakukan pengembangan dana di Akseleran adalah fleksibilitas pencairan dana. kamu dapat menentukan jangka waktu pendanaan yang sesuai dengan kebutuhan kamu. Jika kamu ingin menabung untuk kurban dalam waktu yang relatif pendek, kamu dapat memilih proyek dengan jangka waktu pendek sehingga kamu dapat dengan cepat mengakses dana kamu ketika waktu kurban tiba.

5. Memiliki Proteksi Asuransi

Akseleran juga memberikan rasa nyaman bagi para pemberi pinjaman saat melakukan pendanaan. Karena seluruh pinjaman yang ada menggunakan proteksi asuransi hingga 99% dari pokok pinjaman tertunggak dan memiliki agunan di lebih dari 98% nilai portofolio pinjamannya.

6. Berkontribusi pada Pengembangan UMKM

Melalui Akseleran, kamu juga berperan dalam memajukan sektor UMKM di Indonesia. Akseleran memberikan kesempatan bagi para pelaku UMKM yang membutuhkan pendanaan untuk mengembangkan usaha mereka. Dengan menjadi pemberi pinjaman di Akseleran, kamu membantu meningkatkan perekonomian dan kesejahteraan para pelaku UMKM.

Penting untuk diingat bahwa setiap proses investasi akan selalu melibatkan risiko. Sebelum melakukan pendanaan di Akseleran atau platform lainnya, pastikan kamu memahami risiko yang terkait dan mempertimbangkan kondisi keuangan serta tujuan kamu secara matang.

Kembangkan Dana Sekaligus Berikan Kontribusi Untuk Ekonomi Nasional dengan Melakukan Pendanaan Untuk UKM Bersama Akseleran!

Bagi kamu yang ingin membantu mengembangkan usaha kecil dan menengah di Indonesia, P2P Lending dari Akseleran adalah tempatnya. Akseleran menawarkan kesempatan pengembangan dana yang optimal dengan bunga rata-rata hingga 10,5% per tahun dan menggunakan proteksi asuransi 99% dari pokok pinjaman. Tentunya, semua itu dapat kamu mulai hanya dengan Rp100 ribu saja.

BLOG100

Yuk! Gunakan kode promo BLOG100 saat mendaftar untuk memulai pengembangan dana awalmu bersama Akseleran. Untuk pertanyaan lebih lanjut dapat menghubungi Customer Service Akseleran di (021) 5091-6006 atau email ke [email protected].