Fungsi Kasbon dan Prosedur Mendapatkannya

0
2281
Kasbon Adalah

Kasbon adalah istilah yang akrab di telinga para karyawan. Hal ini karena kasbon atau pinjaman telah menjadi salah satu fasilitas yang diberikan perusahaan untuk karyawan. Dalam proses pemberian kasbon sendiri, perusahaan umumnya membuka koperasi yang nantinya dapat menjadi tempat karyawan memutar dana pinjaman.

Nah, bagi Anda yang ingin tahu lebih jauh tentang fungsi kasbon dan prosedur mendapatkannya, simak ulasan berikut!

Definisi Kasbon

Kasbon adalah jenis dana pinjaman yang dikeluarkan oleh perusahaan dengan jumlah nominal yang belum diketahui sebelumnya. Itu definisi kasbon secara luas. Namun, kini makna dari kasbon sendiri telah menyempit. Makna yang lebih spesifik dari kasbon adalah dana pinjaman yang diberikan oleh suatu perusahaan atau instansi sebagai fasilitas yang diperuntukkan khusus bagi karyawan.

Dalam penerapannya, perusahaan umumnya akan mengambil kasbon dari alokasi gaji karyawan. Jadi, setiap bulannya, perusahaan akan memotong gaji karyawan sesuai jumlah potongan pinjaman yang telah disepakati di awal. Lalu, apa bedanya dengan jenis pinjaman yang bisa kita dapat dari bank? 

Pada dasarnya, kasbon adalah fasilitas yang diberikan perusahaan untuk menyejahterakan atau sebagai bentuk kepedulian perusahaan terhadap karyawannya. Karena itu, kasbon berbeda dengan dana pinjaman dari bank. Kalau Anda meminjam di bank, ada bunga yang disertakan pada pinjaman tersebut. Sementara itu, kasbon dari perusahaan umumnya tidak berbunga dan kalaupun ada, angkanya sangat kecil dan biasanya akan dikembalikan lagi kepada karyawan dalam bentuk Sisa Hasil Usaha (SHU). 

Fungsi Kasbon 

Memiliki banyak manfaat dalam pengembangan SDM di suatu perusahaan, berikut ini beberapa fungsi dari pemberian kasbon kepada karyawan. 

  • Meningkatkan Produktivitas Karyawan

Gaji dan tunjangan terkadang belum mampu menutupi beragam kebutuhan yang dimiliki oleh karyawan. Penyebabnya bisa karena karyawan tiba-tiba membutuhkan dana mendesak atau ada kejadian tidak terduga lainnya. Tentunya, jika dalam momen krusial seperti itu, perusahaan dapat hadir dan memberi dukungan kepada karyawan, itu akan berdampak sangat besar pada tingkat loyalitas pekerja. Karyawan akan merasakan hutang budi yang justru akan membuat mereka bekerja lebih produktif untuk perusahaan. 

  • Meningkatkan Loyalitas Karyawan

Fungsi lain dari kasbon adalah itu bisa membantu perusahaan untuk meningkatkan loyalitas karyawannya. Dengan adanya fasilitas kasbon, nilai perusahaan di mata karyawan juga ikut meningkat. Karyawan akan merasa lebih terikat dan ingin memberikan yang terbaik untuk tempat mereka bekerja. Di sisi lain, pemberian dana pinjaman seperti kasbon dapat membantu perusahaan untuk mengikat karyawan dalam periode waktu tertentu, yang disesuaikan dengan jangka waktu pinjaman yang diajukan oleh karyawan. 

Baca juga: Cara Agar Syarat Pinjaman Karyawan Kamu Disetujui!

  • Mengurangi Biaya Rekrutmen Karyawan Baru

Kasbon adalah salah satu cara untuk memastikan karyawan tidak mudah berpaling ke perusahaan lain. Dengan demikian, beban yang harus dikeluarkan perusahaan untuk rekrutmen karyawan baru dapat ikut ditekan. Selain itu, jika perusahaan dapat membuat karyawan bertahan untuk waktu yang lama, pihak manajemen akan lebih menyusun berbagai strategi pengembangan SDM. 

Prosedur Mendapatkan Kasbon dari Perusahaan

Untuk mendapatkan kasbon, tentunya ada prosedur atau SOP yang diterapkan oleh perusahaan, yang penerapannya bisa berbeda di setiap tempat kerja. Namun, pada dasarnya, perusahaan biasanya menggunakan prosedur ini dalam mengeluarkan kasbon.

  • Mengisi formulir kasbon

Perusahaan biasanya telah menyediakan formulir kasbon yang bisa langsung diisi oleh karyawan saat mengajukan dana pinjaman. Format umum dari formulir tersebut biasanya meletakkan nama perusahaan di bagian header, lalu ada nomor dokumen, nama pemohon, dan nominal yang hendak diajukan. Terakhir di bagian bawah, ada kolom untuk tanda tangan pemohon, kasir, dan pihak HRD. 

  • Mencari persetujuan

Setelah mengisi formulir kasbon, kumpulkan lembaran itu ke bagian keuangan yang menangani soal dana pinjaman. Setiap perusahaan tentu memiliki kebijakan yang berbeda-beda dalam pemberian persetujuan kasbon. Ada yang hanya perlu persetujuan manajer keuangan. Ada juga yang harus melewati kepala cabang atau posisi yang lebih tinggi.  

  • Mencairkan dana pinjaman

Apabila pengajuan kasbon telah disetujui, karyawan dapat segera mencairkan dana pinjaman di kasir atau bagian keuangan. Beberapa perusahaan umumnya mencatat kasbon tersebut dalam buku atau jurnal pengeluaran kasbon. Jadi, karyawan tinggal membubuhkan tanda tangan dan nama terangnya di jurnal tersebut sebagai bukti pengeluaran kasbon. 

Tentunya, ada banyak manfaat yang bisa diperoleh dari pemberian kasbon, baik itu bagi karyawan atau perusahaan. Meski begitu, perusahaan tetap perlu melakukan evaluasi berkala terhadap SOP pengeluaran kasbon yang mereka lakukan, untuk memperbaiki sistem serta menghindari kerugian yang bisa berdampak pada kondisi finansial perusahaan. 

Agar Tidak Kasbon Lagi Pastikan Untuk Menyiapkan Dana di Masa Depan dengan Pengembangan Dana di Akseleran!

Bagi kamu yang ingin membantu mengembangkan usaha kecil dan menengah di Indonesia sekaligus mendapatkan keuntungan, maka P2P Lending dari Akseleran adalah tempatnya. Sebagai platform pengembangan dana yang optimal dengan bunga hingga 16% per tahun kamu dapat memulainya hanya dengan Rp100 ribu saja.

BLOG100

Yuk! Gunakan kode promo BLOG100 saat mendaftar untuk memulai pengembangan dana awalmu bersama Akseleran. Untuk syarat dan ketentuan dapat menghubungi (021) 5091-6006 atau email ke [email protected]