Selain Emas, Investasi Berlian Juga Bisa Menjadi Opsi Investasi Lain!

1
695
Investasi Berlian

Ada banyak pilihan investasi yang bisa dilakukan oleh pemula. Selain emas yang menjadi primadona, investasi berlian sebenarnya bisa jadi pilihan yang tepat. Sayangnya, masih banyak yang belum tahu hal ini atau merasa takut karena harga berlian memang tinggi ketimbang batu mulia lainnya.

Kalau Anda ingin mencoba ke investasi ini, simak kelebihan dan cara memilih berlian yang tepat untuk menghindari penipuan.

Mengapa Harus Investasi Berlian?

Ada beberapa alasan mengapa Anda wajib melakukan investasi berlian dibandingkan dengan emas atau produk lain:

1. Tidak Akan Mengalami Inflasi

Inflasi umumnya memengaruhi investasi yang menggunakan uang sebagai produk utamanya. Misal saham yang terdapat di bursa efek. Berlian tidak akan dipengaruhi oleh inflasi karena nilainya akan tetap sama meski kondisi ekonomi dalam negeri sedang ambruk.

Karena minim risiko dan tergolong barang yang mewah, investasi berlian akan lebih menguntungkan. Apalagi, Anda bisa memiliki berlian dalam jumlah banyak.

2. Harga Berasal dari Kualitas Produk

Harga dari berlian ditentukan sendiri oleh kualitas dari produk mulai dari berat, bentuk, warna, dan kualitas batuannya. Selama batuan ini memberikan skor yang tinggi, nilainya juga mengikuti. Berbeda dengan emas yang ditentukan oleh fluktuasi permintaan di pasar.

Berlian memiliki peminat yang besar. Sementara itu, produknya lebih sedikit sehingga harga tetap bisa dipertahankan. Karena kualitasnya tinggi, mau dibeli atau dijual kapan pun, nilainya tetap saja sama.

3. Terdapat Kenaikan Harga Jual

Kenaikan harga dari produk berlian terjadi karena kualitasnya disukai oleh banyak orang. Misal bentuknya yang unik, karena memiliki banyak peminat, harganya kian tidak bisa ditekan. Intinya, semakin langka produk yang dimiliki, nilai investasinya semakin tinggi.

4. Mudah Dirawat dan Disimpan

Berlian adalah batuan yang tidak akan mengalami pengeroposan atau bahkan pembusukan. Selama berada di tempat yang tepat, berlian tidak akan terkena debu sehingga bentuknya tetap saja sama.

Ukuran dari belian cukup kecil dibandingkan dengan perhiasan lainnya. Karena ukurannya kecil, Anda bisa menyimpannya di mana saja. Misal membeli brankas kecil untuk dipakai menyimpan berlian yang sudah dibeli sebelumnya.

Baca juga: 6 Tips Investasi Emas Ini Akan Membuat Keuntungan Optimal

5. Berfungsi Ganda

Berlian memiliki fungsi ganda. Pertama dipakai untuk produk investasi karena memiliki nilai tinggi dan bisa meningkat. Kedua, berlian yang berada di dalam perhiasan seperti kalung atau anting bisa dipakai untuk aksesori.

Cara Memilih Berlian yang Tepat

Sebelum memulai investasi berlian, Anda harus memilih produk yang benar-benar berkualitas. Berikut beberapa hal yang harus dilakukan sebelum membeli berlian:

1. Tes Goresan Benda Kasar

Coba goreskan berlian pada benda yang agak kasar. Berlian yang asli memiliki kekuatan yang baik dan tidak akan mengalami goresan sedikit pun. Apabila berlian yang Anda beli memiliki cacat setelah digosokkan ke benda kasar, bisa dipastikan itu palsu.

2. Tes Dibakar

Berlian asli aman dengan panas tinggi atau api. Meski dibakar, belian tidak akan meleleh atau terasa panas saat disentuh. Tes ini bisa dilakukan untuk melihat apakah produk berlian yang akan dibeli adalah asli atau imitasi.

3. Tes Berembun

Coba lakukan tes berembun pada berlian yang akan dibeli. Embuskan napas yang berembun ke berlian. Kalau berlian memiliki kualitas baik dan asli, embun akan hilang dengan sendirinya dalam waktu kurang dari 1 detik saja.

4. Tes Mengapung

Batu mulia jenis apa pun tidak akan mengapung jika dicelupkan ke dalam air. Apalagi berlian yang asli, begitu dicelup ke air langsung terjun ke bawah. Kalau berlian yang akan dibeli palsu, kemungkinan besar akan mengapung.

5. Tes Refleksi Cahaya

Berlian asli dan orisinal tidak akan memberikan refleksi cahaya selain abu-abu. Coba sorotkan cahaya seperti senter ke berlian untuk melihatnya secara langsung.

Investasi berlian adalah pilihan yang tepat kalau Anda ingin produk yang minim risiko dan memiliki peluang untung lebih besar. Berlian juga memiliki nilai estetik tinggi sehingga Anda bisa memakainya untuk perhiasan juga alih-alih cuma disimpan saja.

Sebelum melakukan investasi berlian, pilih supplier atau penyedia berlian yang memang kredibel. Jangan sampai salah beli dan Anda baru mengetahuinya beberapa tahun kemudian.

Kembangkan Dana Sekaligus Berikan Kontribusi Untuk Ekonomi Nasional dengan Melakukan Pendanaan Untuk UKM Bersama Akseleran!

Bagi kamu yang ingin membantu mengembangkan usaha kecil dan menengah di Indonesia, P2P Lending dari Akseleran adalah tempatnya. Sebagai platform pengembangan dana yang optimal dengan bunga hingga 18% per tahun kamu dapat memulainya hanya dengan Rp100 ribu saja.

Yuk! Gunakan kode promo BLOG100 saat mendaftar untuk memulai pengembangan dana awalmu bersama Akseleran. Untuk syarat dan ketentuan dapat menghubungi (021) 5091-6006 atau email ke [email protected]